Giri Mulya, Bengkulu Utara

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Giri Mulya
Kecamatan
Giri Mulya.jpg
Peta lokasi Kecamatan Giri Mulya
Negara Indonesia
ProvinsiBengkulu
KabupatenBengkulu Utara
Pemerintahan
 • Camat-
Luas89,05 km²
Kepadatan- jiwa/km²
Desa/kelurahan6

Giri Mulya adalah sebuah kecamatan di Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, Indonesia. Kecamatan Giri Mulya dengan Ibu Kota Kecamatan di Giri Mulya merupakan salah satu kecamatan dari 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkulu Utara. Kecamatan Giri Mulya terletak berbatasan langsung dengan Kabupaten Lebong dan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), dan juga berbatasan dengan kecamatan lain yaitu:

Kecamatan Giri Mulya memiliki luas wilayah 89,05 KM2 yang terdiri dari 6 (enam) desa. Jarak dengan pusat kota Arga Makmur 27 Km, sedangkan dengan Pusat Kota Provinsi 105 Km, dengan ketinggian 200 – 500 M Dpl.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Kecamatan Giri Mulya adalah sebuah kecamatan yang terbentuk dari desa-desa Eks. Tramigrasi, sehingga nama-nama desapun nama jawa dan hanya satu desa yang nama sunda karena manyoritas penduduknya dari suku sunda, maka sudah wajar nama kecamatanpun berbau jawa, yaitu Giri Mulya.
Mata pencaharian penduduknya, sebagian besar adalah petani, yaitu petani Kelapa Sawit (80%) dan sebagian kecil petani karet dan tanaman holtikultura. Tingkat kesejahteraan masyarakat didaerah ini adalah sangat tinggi dibandingkan daerah lain di Kabupaten Bengkulu Utara, terutama setelah Tahun 2005 karena tanaman Kelapa sawitnya telah menghasilkan.
Untuk menampung produksi kelapa sawit yang sangat melipah dari perkebunanan masyarakat daerah ini dan daerah tetangga, maka di Giri Mulya telah berdiri pabrik pengolahan kelapa sawit yaitu PT. SANDABI.