Naga laut berdaun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
naga laut berdaun di pulau kangaroo

Naga laut berdaun (Phycodurus eques) merupakan ikan laut yang termasuk dalam keluarga Syngnathidae, yang meliputi naga laut, tangkur, dan kuda laut. naga laut berdaun banyak ditemukan di sepanjang pantai selatan dan barat Australia. Nama ini berasal dari penampilan, dengan tonjolan seperti daun panjang pada seluruh tubuh. tonjolan ini hanya sebagai kamuflase untuk menyamarkan keberadaannya. nama naga laut diberikan karena penampilan nya seperti monster naga dalam cerita mitologi eropa.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

jika dilihat anatomi naga laut berdaun seperti kuda laut. kepala nya berbaentuk seperti kuda dengan moncong panjang seperti sedotan dibagian depan[1], permukaan tubuhnya dipenuhi garis-garis keras & berwarna gelap. sementara ekornya panjang seperti cambuk & tidak bersirip. siripnya berwujud transparan di bagian leher serta punggung. naga laut berdaun memiliki penampilan benar-benar mirp dengan tumbuhan. tubuhnya berwarna hijau terang & dipenuhi tonjolan-tonjolan seperti dedaunan. bukan tanpa alasan naga laut berdaun memilki penampilan aneh seperti itu. dengan memilki penampilan yang mirip dengan tumbuhan laut, para pemangsa tidak akan menyerang naga laut berdaun karena mengira kalau itu naga laut berdaun adalah "tumbuhan laut" yang terombang - ambing oleh arus laut. untuk membuat kamuflasenya semakin sempurna, naga laut berdaun hanya berenang secara lambat dengan gaya renang kurang lebih mirip seperti kuda laut. naga laut berdaun hanya memakan plankton dan krustasea kecil[1][2].

Penyebaran dan habitat[sunting | sunting sumber]

naga laut berdaun di selatan australia

naga laut berdaun hanya ditemukan dipantai selatan australia dari victoria hingga ke perth. dengan kedalaman maksimal 30 m[3]. habitat yang disukainya adalah perairan berarus tenang & dipenuhi tumbuhan atau ganggang laut.

Reproduksi[sunting | sunting sumber]

musim kawin naga laut terjadi pada bulan oktober hingga maret[3]. ketika melakukan perkawinan, naga laut betina akan menaruh telur-telurnya dikantung kecil yang terdapat dibawah ekor pejantan. jumlah telur yang dikeluarkan bisa berjumlah 300 butir telur. sesudah itu pejantan akan mebuahi telur-telur tersebut dengan spermanya & kemudian menyimpan telur-telur itu di ekor nya, waktu yang diperlukan telur-telur itu menetas sekitar 4 minggu[4]. bayi naga laut yang baru menetas sudah harus hidup mandiri & tidak memerlukan makanan di hari pertama nya karena memiliki cadangan kuning telur. tidak seperti naga laut dewasa yang menyerupai tumbuhan hijau, bayi naga laut berdaun memiliki garis hitam mencolok ditubuhnya. bayi naga laut yang baru keluar dari tubuh pejantan hanya berukuran 20 mm, namun dalam satu tahun bayi naga laut berdaun sudah bisa mencapai 20 cm. ukuran maksimal naga laut berdaun adalah 35 cm[5], dan usianya hingga 10 tahun.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b A-Z-Animals.com. "Sea Dragon" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-11-29. 
  2. ^ Pacific, Aquarium of the. "Aquarium of the Pacific | Online Learning Center | Leafy Seadragon". www.aquariumofpacific.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-11-29.  horizontal tab character di |title= pada posisi 53 (bantuan)
  3. ^ a b "Leafy seadragon videos, photos and facts - Phycodurus eques". Arkive (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-11-29. 
  4. ^ http://www.mindcomet.com, MindComet, Inc. -. "Leafy Sea Dragon". seaworld.org (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2017-11-29. 
  5. ^ "Leafy Sea Dragons, Phycodurus eques". MarineBio.org. Diakses tanggal 2017-11-29.