My Tomorrow, Your Yesterday

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
My Tomorrow, Your Yesterday
Poster
SutradaraTakahiro Miki
Ditulis olehTomoko Yoshida
Berdasarkan
My Tomorrow, Your Yesterday
oleh Takafumi Nanatsuki
Pemeran
Penata musikSuguru Matsutani
SinematograferKousuke Yamada
PenyuntingNaoya Bandō
Perusahaan
produksi
DistributorToho
Tanggal rilis
  • 17 Desember 2016 (2016-12-17)
Durasi111 menit
Negara Jepang
BahasaJepang
Pendapatan
kotor
US$1,7 million[1]

My Tomorrow, Your Yesterday (ぼくは明日、昨日のきみとデートする, Boku wa Asu, Kinō no Kimi to Dēto Suru) adalah film drama romantis, Jepang 2016 yang disutradarai oleh Takahiro Miki berdasarkan novel dengan nama yang sama.[1] Film ini dibintangi Sota Fukushi dan Nana Komatsu. Film ini dirilis di Jepang oleh Toho pada tanggal 17 Desember 2016.[2]

Plot[sunting | sunting sumber]

Pada 15 Februari, Takatoshi Minamiyama, 20 tahun, seorang sarjana seni visual dan satiris di Kyoto, jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Emi Fukuju ketika naik kereta api untuk pergi kuliah. Setelah saling memperkenalkan diri dengan canggung, keduanya berjanji untuk bertemu lagi pada hari-hari berikutnya. Dengan bantuan temannya, Shoichi Ueyama, Takatoshi meminta Emi untuk keluar bersamanya, di mana ia kemudian menyatakan perasaannya pada Emi.

Takatoshi merasa ada yang aneh dari Emi. Emi bisa memprediksi hal-hal yang akan terjadi padanya dan selalu menangis setiap kali Takatoshi berbuat baik kepadanya. Emi juga selalu menolak untuk menghabiskan waktu bersamanya setelah tengah malam. Setelah keduanya menyempurnakan hubungan mereka pada tanggal 1 Maret, Takatoshi menemukan jurnal Emi yang sengaja ia tinggalkan di atas meja. Namun isi jurnal tersebut sangat aneh, karena Emi menulis seolah-olah waktunya berjalan mundur: halaman pertama bertanggal 16 Maret dan halaman terakhir bertanggal 15 Februari.

Keesokan harinya, Emi mengungkapkan bahwa ia adalah makhluk dari dunia di mana waktu berjalan mundur; apa yang manusia anggap sebagai masa depan adalah sesuatu yang sudah ia alami sebagai masa lalu, dan sebaliknya. Emi telah mengawasi Takatoshi dari jauh sejak Takatoshi masih muda; dia adalah wanita dewasa yang menyelamatkan Takatoshi saat dirinya tenggelam pada usia 5 tahun. Karena ingatannya tentang Takatoshi terus memudar seiring berjalannya waktu (dan waktunya berjalan mundur), Emi membuat sebuah jurnal untuk mengingatkannya tentang Takatoshi. Ia juga mengatakan kepada Takatoshi bahwa mereka hanya bisa bersama selama sebulan setiap lima tahun, dan karena 20 adalah satu-satunya waktu di saat usia mereka cocok, bulan ini adalah waktu terakhir mereka untuk dapat menjalin hubungan.

Takatoshi awalnya merasa ragu karena merasa hubungannya dan Emi seperti palsu. Namun, ia didorong oleh Ueyama untuk tetap mengejar Emi. Pada tanggal 16 Maret, hari terakhir dimana mereka dapat bersama, Takatoshi menggambar sketsa Emi, lalu keduanya menunggu hari berakhir di stasiun kereta api tempat mereka pertama kali bertemu, setelah itu Emi menghilang.

Lima tahun kemudian, Takatoshi bertemu dengan Emi yang berusia 15 tahun dan memberinya sketsa dirinya yang pernah ia gambar. Sepuluh tahun kemudian, Takatoshi menyelamatkan Emi yang berusia 5 tahun dari kebakaran di sebuah festival. Film ini kemudian dipotong menjadi montase film yang disajikan dari perspektif Emi, yaitu berjalan mundur, dan berakhir dengan Emi dan Takatoshi yang berkenalan untuk pertama kali pada tanggal 15 Februari, yang juga menjadi hari terakhir bagi Takatoshi untuk dapat bersama dengan Emi yang seumuran.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Musik[sunting | sunting sumber]

Lagu tema dari film ini adalah Happy End yang dinyanyikan oleh Back Number.[3]

Tanggapan[sunting | sunting sumber]

Film ini memulai dengan tempat ke-4, dengan setidaknya 150.000 tiket terjual di 306 bioskop, dan total pendapatan kotor mencapai US$1,7 juta.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Schilling, Mark (19 Desember 2016). "Japan Box Office: Third 'Yokai Watch' and 'Rogue One' Dispute Top Spot". Variety. Diakses tanggal 26 Desember 2016. 
  2. ^ "ぼくは明日、昨日のきみとデートする". eiga.com. Diakses tanggal December 20, 2016. 
  3. ^ a b c d e f g h "About the movie". 映画『ぼくは明日、昨日のきみとデートする』オフィシャルサイト. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2017-07-06. Diakses tanggal 26 June 2017. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]