Aozora Yell (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Aozora Yell
Aozora Yell (film) poster.jpeg
Poster
Nama lain
Jepang青空エール
Sutradara
Produser
Penulis
Penulis skenarioYukiko Mochiji
Didasarkan
dari
Aozora Yell
oleh Kazune Kawahara
Pemeran
DistributorToho
Tanggal rilis
  • 20 Agustus 2016 (2016-08-20)
Durasi125 menit[1]
Negara Jepang
Bahasa
Pendapatan
kotor
US$10 million[2]

Aozora Yell (青空エール) adalah film drama remaja Jepang 2016 yang disutradarai oleh Takahiro Miki , ditulis oleh Yukiko Mochiji dan berdasarkan pada seri manga dengan nama yang sama oleh Kazune Kawahara.[1][3][4] Film ini dirilis di Jepang oleh Toho pada 20 Agustus 2016.[5]

Plot[sunting | sunting sumber]

Film ini bercerita tentang Tsubasa Ono dan Daisuke Yamada, yang memasuki Shirato High School of Sapporo karena keadaan yang sama: keduanya mengidolakan Shirato berkat kesan yang baik dari salah satu kemenangan baseball sebelumnya. Tsubasa, seorang gadis yang kurang percaya diri, ingin menyuarakan pendapatnya melalui instrumen pilihannya, trompet, sementara Daisuke ingin bergabung dengan klub baseball sekolah dan memenangkan kejuaraan regional. Keduanya membuat janji bahwa mereka akan bergabung dengan band kuningan dan klub baseball, masing-masing, dan saling mendukung untuk kejuaraan.

Selama tahun pertama mereka, Tsubasa dan Daisuke berteman dengan Yasushi Kido, yang juga bergabung dengan klub baseball, dan Himari Wakita, yang memperingatkan Tsubasa tentang komitmen ketat band kuningan itu. Memang, Tsubasa kewalahan oleh latihan klub yang tak henti-hentinya, terutama karena ia tidak memiliki pengalaman bermain trompet sebelumnya, sementara rasa malunya diremehkan oleh sesama mahasiswa baru Aki Mizushima, seorang terompet yang murung namun luar biasa. Namun demikian, dengan dorongan Daisuke, Tsubasa bertahan dan perlahan-lahan mempelajari seni trompet, dibantu oleh kakak kelasnya, Yuka Mori. Ketika Yuka menjadi depresi setelah dipecat dari tim kejuaraan nasional karena cedera, Tsubasa dengan keras kepala mengunjungi apartemennya untuk meminta dia kembali. Meskipun band kuningan akhirnya gagal dalam mengklaim medali emas, Yuka kembali dan terima kasih Tsubasa atas dukungannya.

Sementara itu, tim bisbol juga kehilangan gelar juara regional tahun itu, tetapi Daisuke tersentuh ketika Tsubasa memainkan solo pawai yang menang meskipun dilarang melakukannya, yang membuatnya mendapat cambukan dari gurunya. Tsubasa akhirnya menyadari bahwa dia jatuh cinta dengan Daisuke dan mengaku kepadanya selama satu malam, tetapi dia menolaknya karena dia ingin berkonsentrasi pada bisbol pertama.

Dua tahun kemudian, Tsubasa dan Daisuke, sekarang senior, masing-masing menjadi pelatih untuk klub mereka masing-masing. Meskipun demikian, Tsubasa awalnya tidak dipilih untuk bermain untuk kejuaraan nasional, meskipun ia meminta pelatihan tambahan dan akhirnya dipilih. Dia dan Mizushima telah menjadi teman dan menghadapi sekelompok junior ambisius yang tidak senang dengan kepemimpinan tim saat ini. Sementara itu, saingan cinta untuk Tsubasa muncul dalam bentuk Akane Sawa, anggota junior klub baseball yang bersikeras bahwa Tsubasa hanya menghalangi Daisuke, terutama ketika Daisuke cacat setelah pelatihan dan memiliki sedikit kesempatan untuk melamar kejuaraan regional. Untuk menghiburnya, Tsubasa mengatur agar seluruh klub band kuningan memainkan orkestra di depan bangsal Daisuke.

Di kejuaraan regional, tim baseball Shirato awalnya kehilangan jejak sampai Daisuke muncul untuk menggantikan pemukul yang kelelahan. Dia mampu mencetak home run pada menit terakhir, sehingga memenangkan gelar juara. Sore itu, Tsubasa mengunjungi aula ketenaran sekolah dan didekati oleh Daisuke, yang mengaku cintanya. Dia menerima dan mencium keduanya.

Diakhir film, tim band kuningan Shirato ditampilkan berpartisipasi dalam kejuaraan nasional dan memenangkan medali emas.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan[sunting | sunting sumber]

Film ini meraup ¥ 197 juta pada akhir pekan pembukaannya di Jepang dan berada di urutan ketiga berdasarkan jumlah penerimaan, dengan sekitar 160.000.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i j k l "青空エール(2016)". allcinema (dalam bahasa Japanese). Stingray. Diakses tanggal August 24, 2016. 
  2. ^ "Yell for the Blue Sky". Box Office Mojo. Diakses tanggal September 15, 2016. 
  3. ^ a b "Japan Box Office Report – 8/20~8/21". tokyohive. 6Theory Media, LLC. August 23, 2016. Diakses tanggal August 24, 2016. 
  4. ^ "Aozora Yell, Kizumonogatari II Films Rank in Weekend Box Office Top 10". Anime News Network. August 22, 2016. Diakses tanggal August 24, 2016. 
  5. ^ "青空エール". eiga.com (dalam bahasa Japanese). Diakses tanggal August 24, 2016. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]