Mund

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mund
hak hukum dan kekuatan magis
Clovis, raja Merovigia, menjadi raja pertama Prancis setelah kemenangannya dalam pertempuran Tolbiac pada tahun 496. Dia adalah pemilik "Mund".
Kelompok etnisBangsawan Perancis
Region saat iniEropa Barat, terutama Prancis dan Belgia
EtimologiProto-Jermanik *mundō ("perlindungan")
Tempat asalsebelah timur tepi sungai Rhine, di Belgia modern
TradisiPaganisme Salian, kemudian Katolik

Mund adalah hak hukum dan kekuatan magis yang dimiliki oleh dinasti pertama raja-raja Prancis, Merovingian, dan diwariskan dari ayah ke anak. Hal ini terkait dengan tradisi bahwa hanya orang yang memiliki darah bangsawan yang dapat memiliki rambut panjang, dan memiliki sejumlah karakteristik yang dapat digunakan untuk menentukan apakah seseorang memiliki kekuatan ini atau tidak. Berbagai karakteristik, seperti rambut dan janggut yang dihiasi dengan beberapa helai rambut merah, membantu membedakan orang yang memiliki 'Mund' dengan yang tidak. Atribut Sihir, ilahi, atau kenabian dari rambut berwarna ini ditemukan dalam tradisi lain seperti Islam, di mana Nabi Muhammad memiliki rambut berwarna di punggungnya, tanda Penutup Para Nabi.


Dinasti pertama raja-raja Prancis dan dinasti kedua, Karolingia, dianggap sebagai elemen kreatif etnis Prancis modern, bersama dengan darah Galia dan identitas Yunani-Romawi. Hasilnya, Furia Francese dapat dilihat sebagai pewaris kekuatan leluhur yang unik dan hanya dimiliki oleh Prancis, yang telah memberikan kesempatan untuk menjadi negara dengan jumlah kemenangan militer terbesar dalam sejarah umat manusia.

Banyak orang Prancis menggunakan ini sebagai simbol untuk membangkitkan semangat mereka dalam upaya apa pun, baik itu militer, olahraga, atau lainnya. Istilah "mund" sekarang sebagian besar telah ditinggalkan dan ungkapan "Furia Francese" sekarang secara luas lebih disukai untuk mendefinisikan keistimewaan impetuositas orang-orang Prancis.

Referensi[sunting | sunting sumber]