Multipemberandaan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Multipemberandaan adalah praktik menghubungkan hos atau jaringan komputer ke lebih dari satu jaringan. Hal ini dapat dilakukan untuk meningkatkan keandalan atau kinerja.

Jaringan hos atau pengguna akhir pada umumnya terhubung ke satu jaringan saja. Menghubungkan ke beberapa jaringan dapat meningkatkan keandalan karena jika satu koneksi gagal, paket masih dapat dirutekan melalui koneksi yang tersisa. Menghubungkan ke beberapa jaringan juga dapat meningkatkan kinerja karena data dapat dikirim dan diterima melalui beberapa koneksi sekaligus melipatgandakan aliran lewat dan, tergantung pada tujuannya, mungkin lebih efisien jika dirutekan melalui satu jaringan atau jaringan lainnya.

Varian[sunting | sunting sumber]

Multipemberandaan hos[sunting | sunting sumber]

Sebuah hos tunggal dapat terhubung ke beberapa jaringan. Misalnya, ponsel mungkin tersambung secara bersamaan ke jaringan WiFi dan jaringan 3G, dan komputer desktop mungkin tersambung ke jaringan rumah dan VPN . Hos multiberanda biasanya diberikan beberapa alamat, satu alamat per jaringan yang terhubung.

Multipemberandaan klasik[sunting | sunting sumber]

Dalam multipemberandaan klasik, [1] [2] jaringan terhubung ke beberapa penyedia, dan menggunakan rentang alamatnya sendiri (biasanya dari rentang Penyedia Independen (PI)). Penjalur tepi jaringan berkomunikasi dengan penyedia menggunakan protokol perutean dinamis, biasanya BGP, yang mengumumkan rentang alamat jaringan ke semua penyedia. Jika salah satu pranala gagal, protokol perutean dinamis mengenali kegagalan tersebut dalam hitungan detik atau menit, dan mengkonfigurasi ulang tabel perutean untuk menggunakan link yang tersisa, secara transparan kepada host.

Multipemberandaan klasik mahal karena memerlukan penggunaan ruang alamat yang diterima oleh semua penyedia, nomor Sistem Otonomi publik (AS), dan protokol perutean dinamis. Karena ruang alamat multiberanda tidak dapat digabungkan, hal ini menyebabkan pertumbuhan tabel perutean global.[3]

Multipemberandaan dengan banyak alamat[sunting | sunting sumber]

Dalam pendekatan ini, jaringan dihubungkan ke beberapa penyedia, dan diberi beberapa rentang alamat, satu untuk setiap penyedia. Host diberi beberapa alamat, satu untuk setiap penyedia.[4]

Multipemberandaan dengan banyak alamat lebih murah dibandingkan multipemberandaan klasik, dan dapat digunakan tanpa adanya kerjasama dari penyedia (misalnya dalam jaringan rumah) namun memerlukan teknologi tambahan agar dapat melakukan perutean[5]

  • untuk lalu lintas masuk, hos harus dikaitkan dengan beberapa catatan DNS A atau AAAA sehingga dapat dijangkau melalui semua penyedia;
  • untuk lalu lintas keluar, teknik seperti perutean khusus sumber harus digunakan untuk merutekan paket melalui penyedia yang benar, dan kebijakan pemilihan alamat sumber yang wajar harus diterapkan oleh hos.

Peringatan[sunting | sunting sumber]

Ketika multipemberandaan digunakan untuk meningkatkan keandalan, perhatian harus diberikan untuk menghilangkan satu titik kegagalan (SPOF):

  • Konektivitas hulu : Pusat operasi jaringan tertentu harus memiliki beberapa tautan hulu ke penyedia independen . Selain itu, untuk mengurangi kemungkinan kerusakan simultan pada semua link hulu, lokasi fisik masing-masing link hulu harus berbeda secara fisik: cukup berjauhan sehingga sebuah mesin tidak akan memutuskan semua sambungan secara tidak sengaja. waktu yang sama.
  • Perute : Perute dan pengalih harus diposisikan sedemikian rupa sehingga tidak ada satu pun perangkat keras jaringan yang mengendalikan semua akses jaringan ke hos tertentu. Secara khusus, tidak jarang melihat beberapa hulu Internet berkumpul pada satu tepi perute. Dalam konfigurasi seperti itu, hilangnya satu router akan memutus hulu Internet, meskipun faktanya ada beberapa ISP yang sedang digunakan.
  • Konektivitas hos : Hosnyang "dapat diandalkan" harus terhubung ke jaringan melalui beberapa antarmuka jaringan, masing-masing terhubung ke perute atau pengalih terpisah. Sebagai alternatif, dan lebih disukai, fungsi dari hos tertentu dapat diduplikasi di beberapa komputer, yang masing-masing terhubung ke perute atau pengalih yang berbeda.
  • Entitas referensi : Hos tidak hanya harus dapat diakses, namun dalam banyak kasus host juga harus "direferensikan" agar berguna. Untuk sebagian besar peladen, ini berarti resolusi nama ke peladen tersebut berfungsi. Misalnya, jika kegagalan satu elemen menghalangi pengguna untuk menyelesaikan nama DNS server tersebut dengan benar, maka server tersebut secara efektif tidak dapat diakses, meskipun statusnya terhubung.

Dengan meningkatkan jumlah antarmuka dan link yang digunakan dan membuat perutean menjadi kurang deterministik, multipemberandaan mempersulit administrasi jaringan[butuh rujukan]</link> .

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Iljitsch van Beijnum, A look at multihoming and BGP 
  2. ^ Sample Configuration for BGP with Two Different Service Providers (Multihoming) 
  3. ^ "BGP Reports". Bgp.potaroo.net. Diakses tanggal 2022-08-17. 
  4. ^ Scalable Support for Multi-homed Multi-provider Connectivity. 
  5. ^ Problem Statement for Default Address Selection in Multi-Prefix Environments: Operational Issues of RFC 3484 Default Rules.