Mulholland Drive (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Mulholland Drive
MulhollandDrivePoster2001.jpg
Poster film Mulholland Drive
Sutradara David Lynch
Produser Neal Edelstein
Tony Krantz
Michael Polaire
Alain Sarde
Mary Sweeney
Skenario David Lynch
Pemeran Naomi Watts
Laura Harring
Justin Theroux
Ann Miller
Robert Forster
Musik Angelo Badalamenti
Sinematografi Peter Deming
Penyunting Mary Sweeney
Perusahaan
produksi
Les Films Alain Sarde
Asymmetrical Productions
Babbo Inc.
Canal+
The Picture Factory
Distributor Universal Pictures
Tanggal rilis
Durasi
146 menit[1]
Negara Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $15 juta[2]
Pendapatan kotor $20,117,339[3]

Mulholland Drive (ditulis sebagai Mulholland Dr.) adalah film drama misteri thriller Amerika Serikat tahun 2001 yang disutradarai oleh David Lynch dan diproduseri oleh Neal Edelstein, Tony Krantz, Michael Polaire, Alain Sarde dan Mary Sweeney. Naskah film ini ditulis oleh David Lynch. Film ini dibintangi oleh Naomi Watts, Laura Harring, Justin Theroux, Ann Miller dan Robert Forster.

Film Mulholland Drive ditayangkan secara perdana di Festival Film Cannes pada tanggal 16 Mei 2001 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 19 Oktober 2001. Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Seorang wanita berambut hitam (Laura Harring) adalah satu-satunya korban yang selamat dari kecelakaan mobil di Mulholland Drive, jalan berliku yang tinggi di Hollywood Hills. Terluka dan trauma, ia berjalan ke Los Angeles dan menyelinap ke sebuah apartemen. Kemudian pada pagi hari, seorang calon aktris bernama Betty Elms (Naomi Watts) tiba di apartemen, yang biasanya ditempati oleh bibinya, Ruth (Maya Bond). Betty terkejut menemukan wanita itu, yang mengalami amnesia dan mengambil nama "Rita" setelah melihat poster film Gilda yang dibintangi oleh Rita Hayworth. Untuk membantu wanita itu mengingat identitasnya, Betty melihat dompet Rita di mana ia menemukan sejumlah uang yang banyak dan kunci biru yang unik.

Di sebuah restoran bernama Winkie's, seorang pria memberitahu rekannya tentang mimpi buruk di mana ia bermimpi tentang sosok mengerikan di belakang restoran. Ketika mereka menyelidikinya, sosok itu muncul, menyebabkan pria yang memiliki mimpi buruk tersebut jatuh pingsan karena ketakutan. Di tempat lain, sutradara Adam Kesher (Justin Theroux) bermasalah atas filmnya yang diserang oleh mafia, yang bersikeras bahwa ia akan memasukkan seorang aktris yang tidak diketahui bernama Camilla Rhodes sebagai pemeran utama dalam filmnya. Adam menolak, namun setelah Adam diusir keluar dari rumahnya sendiri ketika ia menemukan istrinya berselingkuh, Adam mengetahui bahwa banknya telah menutup kartu kreditnya dan ia bangkrut. Adam setuju untuk bertemu dengan sosok misterius bernama The Cowboy (Monty Montgomery), yang mendesaknya untuk memasukkan Camilla Rhodes demi kebaikannya sendiri. Kemudian, seorang pembunuh bayaran mencoba mencuri sebuah buku yang berisi daftar nomor telepon dan membuat tiga orang tewas.

Ketika mencoba mempelajari lebih lanjut tentang kecelakaan Rita, Betty dan Rita pergi ke Winkie's dan dilayani oleh seorang pelayan bernama Diane, yang menyebabkan Rita mengingat nama "Diane Selwyn." Mereka menemukan Diane Selwyn di buku telepon dan memanggilnya, namun Diane tidak menjawabnya. Betty pergi ke audisi di mana penampilannya sangat dipuji. Seorang agen casting membawa Betty ke sebuah panggung di mana film berjudul The Sylvia North Story, yang disutradarai oleh Adam, berada dalam proses pencarian aktor atau aktris. Ketika Camilla Rhodes (Melissa George) mengikuti audisi, Adam menyerah untuk memasukkan Camilla. Betty memandang Adam, namun Betty melarikan diri sebelum ia bisa bertemu dengan Adam, memberitahu bahwa ia terlambat bertemu dengan seorang teman.

Betty dan Rita pergi ke apartemen Diane Selwyn dan beristirahat ketika tidak ada yang menjawab pintu apartemennya. Di kamar tidur, mereka menemukan tubuh wanita yang telah mati selama beberapa hari. Ketakutan, mereka kembali ke apartemen mereka di mana Rita menyamar dengan rambut pirang palsu. Betty dan Rita berhubungan seks malam itu. Pada jam 2 pagi, Rita mendesak Betty untuk pergi bersama ke teater bernama Club Silencio. Sang pembawa acara menjelaskan dalam bahasa asing bahwa segala sesuatu adalah ilusi. Rebekah Del Rio naik ke panggung dan mulai menyanyikan lagu Roy Orbison berjudul "Crying" dalam bahasa Spanyol, kemudian jatuh ketika acaranya berlanjut, menunjukkan bahwa penampilan Rebekah adalah rekaman. Betty menemukan kotak biru di tasnya yang cocok dengan kunci biru Rita. Setelah kembali ke apartemen, Rita mengambil kembali kunci biru tersebut dan menemukan bahwa Betty telah menghilang. Rita membuka kotak biru tersebut, lalu kotak tersebut jatuh ke lantai dengan bunyi keras.

Diane Selwyn terbangun di tempat tidurnya di apartemen yang sama dengan apartemen yang diselidiki oleh Betty dan Rita. Ia tampak mirip dengan Betty, namun Diane menjadi aktris gagal dengan depresi yang mendalam karena perselingkuhan yang gagal dengan Camilla Rhodes, seorang aktris yang sukses yang tampak mirip dengan Rita. Atas undangan Camilla, Diane menghadiri pesta di rumah Adam di Mulholland Drive. Saat makan malam, Diane menyatakan bahwa ia datang ke Hollywood ketika Ruth meninggal dan meninggalkan sejumlah uang untuknya, lalu ia bertemu dengan Camilla ketika ia mengikuti audisi film The Sylvia North Story. Wanita lain yang terlihat seperti "Camilla Rhodes" sebelumnya mencium Camilla, lalu mereka berbalik dan tersenyum kepada Diane. Adam dan Camilla bersiap untuk membuat pengumuman penting, namun mereka larut dalam tawa dan ciuman ketika Diane melihat mereka dan menangis. Kemudian, Diane bertemu dengan pembunuh bayaran di Winkie's dan menyewanya untuk membunuh Camilla. Sang pembunuh bayaran memberitahu Diane bahwa Diane akan menemukan kunci biru di apartemennya ketika ia selesai melakukan tugasnya.

Di apartemennya, Diane melihat kunci biru di atas meja kopinya. Putus asa, Diane diteror oleh halusinasi dan berlari menjerit ke tempat tidurnya, tempat ia menembak dirinya sendiri. Seorang wanita di teater berbisik, "Silencio."

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Naomi Watts sebagai Betty Elms / Diane Selwyn
  • Laura Harring sebagai Rita / Camilla Rhodes
  • Justin Theroux sebagai Adam Kesher
  • Ann Miller sebagai Coco Lenoix
  • Robert Forster sebagai Detektif McKnight
  • Maya Bond sebagai Ruth
  • Monty Montgomery sebagai The Cowboy
  • Melissa George sebagai Camilla Rhodes
  • Rebekah Del Rio sebagai diri sendiri

Tanggapan Kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Mulholland Drive mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 83%, berdasarkan 171 ulasan, dengan rating rata-rata 7.6/10.[4] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 83 dari 100, berdasarkan 35 kritik, menunjukkan "pengakuan universal".[5]

Box Office[sunting | sunting sumber]

Film Mulholland Drive mendapatkan $7,220,243 di Amerika Utara dan $12,897,096 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $20,117,339, melebihi anggaran produksi film $15 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $587,591, menempati posisi ke-14 di box office.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mulholland Drive (15)". British Board of Film Classification. July 26, 2001. Diakses tanggal October 26, 2014. 
  2. ^ "Mulholland Drive (2001)". The Numbers. Diakses tanggal January 27, 2018. 
  3. ^ a b c "Mulholland Drive (2001)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 12, 2012. 
  4. ^ "Mulholland Drive (2001)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  5. ^ "Mulholland Drive reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Dillon, Steven (2006). The Solaris Effect: Art and Artifice in Contemporary American Film. University of Texas Press. ISBN 978-0-292-71345-1. 
  • Filippo, Maria San (2013). The B Word: Bisexuality in Contemporary Film and Television. Indiana University Press. ISBN 978-0-253-00892-3. 
  • Johnson, Jeff (2004). Pervert in the Pulpit: Morality in the Works of David Lynch. McFarland & Company. ISBN 978-0-7864-1753-7. 
  • McGowan, Todd (2007). The Impossible David Lynch. Columbia University Press. ISBN 978-0-231-13955-7. 
  • Odell, Colin; Le Blanc, Michelle (2007). David Lynch. Kamera Books. ISBN 978-1-84243-225-9. 
  • Sheen, Erica; Davison, A., ed. (2004). The Cinema of David Lynch: American Dreams, Nightmare Visions. Wallflower Press. ISBN 978-1-903364-85-7. 
  • Woods, Paul, ed. (2000). Weirdsville USA: The Obsessive Universe of David Lynch. Plexus Publishing. ISBN 978-0-85965-291-9. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]