Modulor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Koin peringatan Swiss yang menunjukkan modulor.

Modulor adalah sebuah skala antropometri dari proporsi yang dirancang oleh Le Corbusier (1887–1965), seorang arsitek Perancis kelahiran Swiss.

Modulor dikembangkan sebagai jembatan visual antara dua skala yang tidak kompatibel yaitu satuan imperial dan sistem metrik. Hal ini berdasarkan pada ketinggian seorang pria dengan lengan terangkat.

Modulor juga digunakan sebagai sistem untuk menetapkan sejumlah bangunan karya Le Corbusier yang kemudian dikodifikasi ke dalam dua buah buku.

Le Corbusier mengembangkan Modulor melalui tradisi yang panjang mulai Vitruvius, Manusia Vitruvian Leonardo da Vinci, karya-karya Leon Battista Alberti, hingga upaya lain untuk menemukan proporsi matematis dalam tubuh manusia dan kemudian menggunakan pengetahuan itu untuk meningkatkan penampilan dan fungsi arsitektur.[1] Sistem ini didasarkan pada pengukuran manusia, unit ganda, bilangan Fibonacci, dan rasio emas. Le Corbusier menggambarkannya sebagai "rentang pengukuran harmonis yang sesuai dengan skala manusia, berlaku universal untuk arsitektur dan hal-hal mekanis".

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Ostwald (2001), hlm. 146.