Metro Cebu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Metropolitan Cebu
Kalakhang Cebu
Kaulohang Sugbo
Metropolis
Aerial view of Cebu City
Aerial view of Cebu City
Templat:PH wikidata
Map of Cebu with Metro Cebu highlighted
Country Templat:PH wikidata
Region Central Visayas (Region VII)
Province Cebu (geographically only)
Managing entity Metropolitan Cebu Development Council
LuasTemplat:PSGC detail
 • Metro Templat:PH wikidata km2 (Formatting error: invalid input when rounding sq mi)
Ketinggian 17 m (56 ft)
Penduduk (Templat:PH wikidata)Templat:PH census
 • Metro Templat:PH wikidata
 • Templat:PH wikidata Templat:PH wikidata
 • Language Templat:PH wikidata
Demonim Templat:PH wikidata
Divisions
 • Independent cities
 • Component cities
 • Municipalities
 • Barangays 349
Zona waktu PST (UTC+8)
ZIP code Templat:PH wikidata
Templat:Areacodestyle Templat:PH wikidata


Metropolitan Cebu, atau Metro Cebu, (Cebuano: Kaulohang Sugbo , Filipina: Kalakhang Cebu ), adalah kota utama pada Provinsi Cebu, Filipina. Metro Cebu terletak di bagian timur tengah dari pulau ini termasuk wilayah dekat Pulau Mactan. Daerah ini menyumbang 20 persen dari luas lahan dan 61.5% dari populasi (2015 sensus) dari seluruh pulau Cebu.

Metro Cebu adalah sebuah daerah metropolitan yang terdiri dari Kota Cebu (ibukota Cebu dan daerah utama dari Visayas Tengah) bersama dengan dua belas kota-kota lainnya.

Cebu Metropolitan Development Council (MCDC) adalah suatu badan yang diberi mandat untuk merumuskan rencana pembangunan Metro Cebu dan mengkoordinasikan pelaksanaannya. Tidak seperti Metropolitan Manila Development Authority, MCDC tidak memiliki hukum dan kelembagaan kekuasaan.

Kota-kota dan kotamadya[sunting | sunting sumber]

Metro Cebu hampir dua kali ukuran dari Metro Manila. Kota ini terdiri dari tujuh kota dan enam kabupaten.

Ibukota provinsi, kawasan pusat bisnis, lembaga pendidikan utama dan pelabuhan internasional yang terletak di Kota Cebu, sementara perusahaan industri besar dan pabrik-pabrik terletak di Mandaue. Bandara internasional dan zona pemrosesan ekspor terletak di Lapu-Lapu, Pulau Mactan. Danao yang menjadi pusat pertambangan, serta Kota Talisay adalah kota yang padat penduduk dan sebagian besar ekonominya berupa usaha kecil menengah.


Masyarakat[sunting | sunting sumber]

Keturunan[sunting | sunting sumber]

Orang-orang dari Cebu disebut Cebuanos. Beberapa individu memiliki nenek moyang dari Eropa, Cina, dan nenek moyang asing lainnya termasuk kelompok etnik Filipina.

Bahasa[sunting | sunting sumber]

Cebuano merupakan bahasa yang paling umum digunakan di Metro Cebu, diikuti oleh Tagalog. Bahasa inggris umumnya digunakan di lembaga-lembaga pendidikan dan transaksi bisnis. Bahasa lainnya  yang biasanya digunakan adalah bahasa Cina, spanyol, dan berbagai bahasa Visayan.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Pendidikan di Kota Metro Cebu cukup terkenal dan difavoritkan sebagai institusi akademik di negaranya

Seperti:

  • Universitas San Carlos (1595)
  • Universitas San Jose–Recoletos (1947)
  • Universitas Filipina, Cebu (1918)
  • Cebu Normal University (1902)

Universitas dan perguruan tinggi lainnya ialah:

  • Universitas kedokteran Cebu (1975)
  • Southwestern University (1946)
  • Universitas Cebu (1964)
  • Universitas Visayas (1919)
  • Velez Perguruan Tinggi (1957)
  • Cebu Institut Teknologi – Universitas (1946)
  • University of Southern Philippines Foundation (1927)
  • Don Bosco Pusat Teknologi (1954)
  • Asia College of Technology (1988)
  • Cebu Technological University (CTU) (1911)
  • Cebu Timur College (1915)

Banyak pelajar dari provinsi tetangga seperti Bohol dan Misamis Oriental yang lebih memilih untuk pergi ke Cebu untuk mengenyam pendidikan tinggi.

Selain itu, banyak juga warga Korea Selatan yang tertarik untuk mengikuti kursus level menengah di daerah ini. Banyak yang ingin belajar percakapan Bahasa Inggris, serta pembelajaran yang saling berkaitan seperti ilmu kesehatan

Cebu memiliki empat relasi besar dalam dunia kerja sama pendidikan.Yang di antaranya Cebu International School dan CIE British School yang terletak di Kota Cebu; Singapore School Cebu dan Woodridge Sekolah Internasional yang terletak di Mandaue.


Kesehatan[sunting | sunting sumber]

Metro Cebu juga memiliki beberapa rumah sakit dan klinik, ada dua jenis rumah sakit di Metro Cebu: rumah sakit umum yang dimiliki oleh pemerintah. Beberapa rumah sakit umum di Metro Cebu di antaranya Vicente Sotto Memorial Medical Center, Cebu City Medical Center dan ada juga publik beberapa rumah sakit kabupaten yang juga dikelola oleh pemerintah provinsi Cebu.

Beberapa rumah sakit swasta di Metro Cebu : rumah Sakit Chong Hua, Cebu Dokter rumah Sakit Universitas, Abadi Menyokong rumah Sakit dan Cebu Institute of Medicine rumah Sakit.

Cebu Metropolitan Development Council (MCDC) adalah suatu badan yang diberi mandat untuk merumuskan rencana pembangunan Metro Cebu dan mengkoordinasikan pelaksanaannya. Tidak seperti Metropolitan Manila Development Authority, MCDC tidak memiliki hukum dan kelembagaan kekuasaan.

Utilitas[sunting | sunting sumber]

Komunikasi[sunting | sunting sumber]

Dunia Innove ITU Plaza

Philippine Long Distance Telephone Company (PLDT) adalah operator telepon di kota metropolis dan seluruh provinsi. Globelines Innove dan Islacom, keduanya anak perusahaan dari Globe Telecom datang setelah keluar undang-Undang Telekomunikasi dari tahun 1995.

Listrik[sunting | sunting sumber]

Pasokan Listrik untuk Metro Cebu hampir semuanya dari Leyte Geothermal Power Plants(Leyte Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi) yang dioperasikan oleh PNOC-EDC dan untuk distribusinya menggunakan kabel laut yang dioperasikan oleh TransCo. Pendistribusian ini dilakukan oleh perusahaan pemerintah Transmisiion Nasional Corporation (TransCo) melalui beberapa kabel tengangan tinggi. Dan untuk cadangan dan penyimpanan di operatori oleh Visayan Perusahaan Listrik (VECO).

Air[sunting | sunting sumber]

Kekeringan Air adalah masalah umum yang sering dihadapi oleh Metro Cebu, dikarenakan penebangan hutan dan intrusi air tanah oleh air laut.[1].Terdapat usulan untuk mengambil pasokan air dari daerah Pulau Bohol dikarenakan krisis air di kota metropolis ini.[2]

Jalan[sunting | sunting sumber]

Jalanan di Metro Cebu menjadi salah satu jalan tersibuk di negaranya. Jalan-jalan seperti Selatan raya, Osmeña Boulevard, Jalan Colon, dan V. Dan yang menjadi jalan utama ialah Jalan Rama. Terdapat jalan raya yang baru selesai dalam proses pembuatannya seperti Jalan Pesisir Selatan dan Cebu Coastal Road ini sudah hampir selesai. 12 kilometer, 4-jalur jalan raya yang diciptakan untuk meningkatkan lalu lintas di Metro Cebu. Ini menghubungkan Kota Cebu, Cebu city dan selatan kota. Dalam hubungannya dengan pengembangan dari Cebu Pesisir Selatan Jalan, jalan underpass hampir satu kilometer panjang saat ini sedang dibangun untuk menghubungkan Pesisir Selatan Jalan dengan Sergio Osmeña Avenue di Utara Area Reklamasi. Lainnya proyek-proyek yang direncanakan mencakup serangkaian jalan layang di distrik utara, Cebu Utara Coastal Road dan Cloverleaf interlink proyek jalan.

Mactan terhubung ke pulau Cebu melalui dua jembatan: Jembatan Marcelo Fernan dan jauh lebih tua, Mactan-Mandaue Jembatan. Ketiga Cebu-Cebu link ini sedang dikembangkan oleh para pemimpin lokal dari Kota Cebu dan Cordova.

Bandara[sunting | sunting sumber]

Bandara Internasional Mactan Cebu (MCIA)merupakan bandara tersibuk di negaranya. Terletak di pulau mactan, Lapu-Lapu, dan merupakan bandara tersibuk kedua di Filipina, setelah Ninoy Aquino International Airport, di Metro Maniola.

Saat ini kompleks terminal yang mampu menangani dan melayani 4.5–6.0 juta penumpang setiap tahunnya. Namun kadangkala tidak sebanding dengan banyaknya penumpang yang dapat mencapai 7,7 juta seperti pada tahun 2015.

Jumlah mingguan penerbangan internasional dari dan ke MCIA telah terus meningkat selama bertahun-tahun. Saat ini, terdapat penerbangan yang melayani bandara internasional berikut: Changi Airport, Hong Kong international Airport, Bandara Narita, Kansai Airport, Bandara Nagoya, Bandara Incheon, Busan Airport, Bandara Taoyuan, Kuala Lumpur Airport, Xiamen Airport, Los Angeles Airport, Bandara Dubai, dan Nanning Bandara.

Pelabuhan[sunting | sunting sumber]

Pelabuhan Cebu adalah pelabuhan domestik tersibuk di Filiphina. Kemudian Pelabuhan Mandaue dan Lapu-Lapu. "Pelabuhan kompleks" Cebu dianggap sebagai pelabuhan tersibuk di Filipina dalam hal jumlah penumpang tahunan. Pelabuhan ini juga merupakan pelabuhan penerima utama di daerah Visayas Tengah . Pelabuhan ini mendukung perekonomian Philipina hingga 80 persen karena memang negara ini merupakan negara basis pelayaran.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Sebagai salah satu daerah yang mendukung perekonomian di Filiphina Cebu mengakusisi beberapa perusahan multinasional seperti proses bisnis outsourcing, elektronik, hingga obat-obatan. Perusahaan tersebut diantaranya Mitsumi Electric, Pentax, FMC Corporation, Fairchild Semiconductor, Tsuneshi Heavy Industries, Muramoto Audio-Visual, Lexmark International, Teradyne, NEC Technologies, Timex, Olympus Optical, United Technologies, Maitland-Smith dan Taiyo Yuden.[3]

Metropolitan Development Council Cebu[sunting | sunting sumber]

Aerial view dari Kota Cebu

Metropolitan Cebu Development Council diciptakan oleh RDC melalui Resolusi No. 117 (1997) dan berpola setelah Metropolitan Manila Development Authority. Hal ini diamanatkan untuk menyusun rencana pembangunan, mempersiapkan program-program dan proyek-proyek, dan mengkoordinasikan/memantau pelaksanaan program-program dan proyek-proyek yang mengatasi masalah dan kekhawatiran yang mempengaruhi Metro Cebu.

Pejabat yang ada di MCDC terdiri dari gubernur provinsi Cebu; wali kota dari kota Cebu, kota Mandaue, Lapu-Lapu dan Talisay, dan wali kota dari kota Compostela, Liloan, Consolacion, Cordova, Minglanilla dan Naga. Gubernur Cebu bertindak sebagai interim ketua Dewan.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]

Perana Luar[sunting | sunting sumber]