Mersawa Tenam

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Mersawa tenam
Mersawa Tenam
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
(tanpa takson): Angiospermae
(tanpa takson): Eudikotil
(tanpa takson): Rosidae
Ordo: Malvales
Famili: Dipterocarpaceae
Genus: Anisoptera
Spesies: A. marginata
Nama binomial
Anisoptera marginata

Mersawa Tenam (Lat.: Anisoptera marginata Korth.) adalah tanaman yang termasuk suku meranti-merantian (Dipterocarpaceae).[1] Dalam perdagangan kayu digolongkan dalam kelompok mersawa.[1][2] Pohon besar, tidak berbanir, tinggi mencapai 45 meter, dan diameter 135 cm.[1] Pepagan berwarna coklat muda, kuning sampai putih kekuningan.[1] Tajuknya kecil, lebat dan bercabang banyak.[2] Daun tunggal berbentuk bundar telur memanjang.[1] Perbungaan berbentuk malai bercabang, tumbuh pada ketiak daun atau ujung rating.[1] Buah bulat, ujungnya meruncing, bersayap lima (dua panjang dan tiga pendek).[1] Tumbuh pada hutan primer di rawa-rawa atau tanah berpasir dekat pantai, pada ketinggian kurang dari 100 meter di atas permukaan laut.[1] Dapat pula tumbuh di tanah liat yang terdapat sepanjang sungai.[2] Kayu gubalnya putih sampai kuning coklat dan kayu terasnya berwarna coklat sampai coklat kemerah-merahan.[2] Kayu berkekuatan kelas II - III, keawetan IV dan berat jenis 0,64.[1] Mersawa tenam di manfaatkan sebagai bahan perumahan, papan, dan perahu.[1] Jenis ini terdapat di Sumatra, Borneo dan Semenanjung Malaya.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g h i j (Indonesia) Hassan Shadily Ensiklopedi Indonesia Jilid ke-4. 1984. Jakarta: Ictiar Baru- Van Hoeve dan Elsevier Publishing Projects.
  2. ^ a b c d e (Indonesia) "Jenis-jenis Kayu Indonesia" (PDF). Mersawa Tenam (Anisoptera marginata Korth.). Diakses tanggal 13 Juni 2014.