Merpati karang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Merpati karang
Blue Rock Pigeon (Columba livia) in Kolkata I IMG 9762.jpg
Spesies dewasa C. l. intermedia di India
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Filum:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Spesies:
C. livia
Nama binomial
Columba livia
Gmelin, 1789[1]
Columba livia distribution map.png
Penyebaran
Telur merpati karang (Columba livia)

Merpati karang (Columba livia), atau merpati batu, adalah anggota dari familia burung Columbidae. Sehari-hari burung ini lebih dikenal sebagai "merpati", walau sebenarnya burung ini memiliki banyak jenis, tercatat ada 318 jenis Columbidae yang ada di dunia, dimana sebagian besarnya adalah jenis-jenis merpati.[2]

Merpati Domestik adalah spesies ini, dan merpati domestik yang bebas dianggap sebagai merpati liar. Spesies ini juga dikenal sebagai Dara karang, yang merupakan nama resmi yang digunakan British Ornithologists' Union dan American Ornithologists' Union hingga tahun 2004 ketika mereka mengubah daftar resmi burung menjadi Merpati karang.

Burung ini merupakan salah satu jenis burung yang bergaul cukup dekat dengan manusia. Ia juga sangat mudah ditemukan di lingkungan sekitar manusia, area-area umum ataupun pusat keramaian di hampir sebagian kota-kota besar di dunia. Selain itu, burung ini hidupnya suka berkelompok, bertengger pada bangunan, atap rumah, atau dari cara terbangnya yang suka berputar-putar pada suatu area.[2]

Taksonomi dan sistematis[sunting | sunting sumber]

Nama resmi dari burung ini adalah merpati batu, sebagaimana ditetapkan oleh Persatuan Ornitologists Internasional.[3] Nama genusnya, Columba berasal dari bahasa Latini yang berarti "merpati", dimana secara Etimologi berasal dari bahasa Yunani Kuno κόλυμβος (kolumbos), "seorang penyelam", dari κολυμβάω (kolumbao), "penyelam".

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Columba livia Gmelin, 1789" (Web data). ITIS Report. Diakses tanggal 2008-02-23. 
  2. ^ a b Rahmad, Rahmadi (06 Agustus 2015). "Merpati Batu, Burung Dara yang Mendunia". Mongabay.co.id (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 18 September 2021. 
  3. ^ D. Donsker 2021, hlm. 3932.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]