Merbah belukar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Merbah Belukar
Pyc plumo 060617 2020071 jbti ed resize.jpg
Merbah belukar,
dari Kuningan, Jawa Barat
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kingdom: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Passeriformes
Famili: Pycnonotidae
Genus: Pycnonotus
Spesies: P. plumosus
Nama binomial
Pycnonotus plumosus
Blyth, 1845

Merbah belukar (Pycnonotus plumosus) adalah nama sejenis burung pengicau dari suku Pycnonotidae. Burung ini juga disebut dengan nama lain: mancrang. Nama ilmiahnya adalah Pycnonotus plumosus Blyth, 1845. Sementara dalam bahasa Inggris disebut Olive-winged Bulbul, sesuai dengan warna sayapnya.

Merbah belukar, Hindhede Nature Park

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Burung yang berukuran sedang, panjang tubuh total (diukur dari ujung paruh hingga ujung ekor) sekitar 19 sampai 20,5 cm dengan berat tubuhnya sekitar 24 sampai 36 gram.[1]

Sisi atas berwarna kelabu kehitaman atau kecoklatan, punggung dan sayap tersaput hijau zaitun. Dagu dan tenggorokan putih atau keputihan. Dada kelabu keputihan, dada bagian bawah dan perut tersaput hijau zaitun. Penutup pantat berwarna kuning kecoklatan.

Iris coklat merah tua, paruh hitam dan kaki kecoklatan.

Tempat Hidup dan Kebiasaan[sunting | sunting sumber]

Sering mengunjungi pinggir hutan, perkebunan, dan lahan dengan sedikit pepohonan di kawasan hutan rendah sampai ketinggian 800 mdpl. di Jawa, meski di Sumatera, Kalimantan dan pulau-pulau disekitarnya tercatat hanya sampai 300 mdpl.

Merbah belukar menyukai pinggir hutan dan hutan lebat. Sendirian atau berpasangan, burung ini menjelajahi lapis tengah atau atas tajuk hutan. Memburu aneka serangga dan ulat, serta mencari buah-buahan lunak, seperti buah beringin untuk makanannya.

Penyebaran dan Ras[sunting | sunting sumber]

Secara global burung merbah belukar terdapat 5 sub-spesies yang diakui dengan pesebaran berbeda dan 3 diantaranya dapat dijumpai di Indonesia.[2]

  • P.p. lumosus plumosus (Blyth, 1845): habitat di wilayah selatan Myanmar dan Thailand, Semenanjung Malaysia (termasuk Pulau Tinggi), Singapura, wilayah timur Sumatera (termasuk Bangka dan pulau-pulau sekitarnya), Jawa (termasuk Pulau Bawean), Bali, serta wilayah barat dan selatan Kalimantan (termasuk Kepulauan Anamba)
  • P.p. porphyreus (Oberholser, 1912): habitat di Sumatera Barat dan pulau-pulau kecil di sekitarnya, termasuk Pagai dan Mentawai.
  • P.p. hutzi (Stresemann, 1938): habitat di wilayah utara dan timur Kalimantan.
  • P.p. cinereifrons (Tweeddale, 1878): burung endemik di wilayah barat Filipina (Busuanga, Culion, Palawan).
  • P.p. insularis (Chasen & Kloss, 1929): habitat di Kalimantan Utara dan wilayah baratdaya Filipina (Kesultanan Sulu).

Reproduksi[sunting | sunting sumber]

mereka mulai berbiak sekitar burlan januari – September, hampir sepanjang tahun di daerah tropis dengan sarang yang yang cukup tersebunyi. Sarang berbentuk cawan terbuat dari rerumputan, daun dan ranting halus, diletakkan pada semak atau perdu. Telur dua butir, kemerah jambuan berbintik-bintik.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Olive-winged Bulbul (Pycnonotus plumosus)". www.hbw.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-12-31. 
  2. ^ Admin (2018-12-08). "Merbah Belukar, Olive-winged Bulbul (Pycnonotus plumosus)". Jenis Burung (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2018-12-31. 

Bahan Bacaan[sunting | sunting sumber]

  • King, B., M. Woodcock, and E.C. Dickinson. 1975. A Field Guide to The Birds of South-East Asia. Collins. London. ISBN 0-00-219206-3
  • MacKinnon, J. 1993. Panduan lapangan pengenalan Burung-burung di Jawa dan Bali. Gadjah Mada University Press. Jogyakarta. ISBN 979-420-150-2
  • MacKinnon, J., K. Phillipps, and B. van Balen. 2000. Burung-burung di Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan. LIPI dan BirdLife IP. Bogor. ISBN 979-579-013-7

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

(Inggris) Pycnonotus plumosus pada IUCN Red List Database, diakses pada 01/8/2006

(Inggris) Pycnonotus plumosus pada ITIS Database, diakses pada 01/8/2006