Menggenjreng

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Genjrengan gitar Putar: pola dasar pada penyeteman G terbuka. Menggenjreng digunakan untuk membuat akor. Banyak pola yang dibuat melalui pengurangan ketukan dari dasar ini.
Genjrengan gitar Putar: pola yang dibuat dengan mengurangkan not kedua dan kelima (dari delapan) kedelapan dari dasar di atas.
Pukulan ska[1] Putar: menampilkan pukulan bawah ketukan atas terputus-putus yang diredam.

Dalam musik, menggenjreng (Inggris: strum) adalah cara memainkan alat musik bersenar seperti gitar, ukulele, atau mandolin. Menggenjreng atau memukul adalah gerakan menyapu yang dilakukan dengan menggunakan jari atau plektrum yang menyentuh beberapa senar untuk menghasilkan bunyi.[2] Pada sebagian besar alat musik bersenar, menggenjreng biasanya dilakukan dengan tangan penggenjreng yang ditunjuk oleh pemusik (biasanya tangan dominan pemusik,[3] yang sering kali bertanggung jawab untuk menghasilkan sebagian besar bunyi pada alat musik bersenar), sedangkan tangan yang lain (disebut sebagai tangan fret[4] pada sebagian besar alat musik dengan papan jari) sering kali mendukung tangan penggenjreng dengan mengubah nada dan tinggi rendah nada genjrengan tertentu.[5]

Menggenjreng sering kali dibedakan dengan memetik yang merupakan cara menggetarkan senar suatu alat musik. Dalam memetik, senar tertentu atau kumpulan senar yang ditentukan disentuh secara terpisah untuk bergetar, sedangkan dalam menggenjreng, biasanya disentuh dengan kurang tepat. Dibandingkan dengan teknik memetik yang lain, kelompok senar mana pun yang disentuh dalam satu sapuan dengan plektrum dapat dianggap sebagai menggenjreng karena kelompok senar disentuh dengan kurang tepat (namun, sekelompok kecil senar mungkin secara bersamaan dipetik dengan plektrum tanpa dianggap sebagai menggenjreng). Sebaliknya, seorang pemusik dapat menggunakan teknik dengan menyentuh kelompok senar yang lebih tepat (seperti teknik gaya jari atau petik jari) untuk memetik semua senar pada alat musik bersenar sekaligus dan ini tetap dianggap sebagai memetik dan bukannya menggenjreng.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Snyder, Jerry (1999). Jerry Snyder's Guitar School, p.28. ISBN 0-7390-0260-0.
  2. ^ "Definition of STRUMMING". www.merriam-webster.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 22-6-2018. 
  3. ^ "Should You Play Left-Handed or Right-Handed? | Hub Guitar". hubguitar.com. Diakses tanggal 22-6-2018. 
  4. ^ "Fret-Hand Fitness: Four Wicked Workouts to Develop Your Digits". GuitarPlayer.com (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 22-6-2018. 
  5. ^ "Right-handed and Left-handed Vs Right and Left Hand Guitars". Diakses tanggal 22-6-2018. 

Templat:Memetik gitar Templat:Teknik gitar