Meet the Parents

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Meet the Parents
Meet the parents ver2.jpg
Sutradara Jay Roach
Produser Robert De Niro
Jay Roach
Jane Rosenthal
Nancy Tenenbaum
Penulis skenario:
John Hamburg & James Herzfeld
Cerita asli:
Greg Glienna & Mary Ruth Clarke
Pemeran Ben Stiller
Robert De Niro
Teri Polo
Blythe Danner
dan Owen Wilson
Musik Randy Newman
Sinematografi Peter James
Penyunting Jon Poll
Perusahaan
produksi
Distributor - AS -
Universal Studios
- Internasional -
DreamWorks Pictures
Tanggal rilis
6 Oktober 2000
Durasi
108 menit
Negara  Amerika Serikat
Bahasa Inggris
Anggaran $55 juta
Pendapatan kotor $330,444,045

Meet the Parents merupakan sebuah film komedi Amerika Serikat yang dirilis pada tahun 2000. Film ini disutradarai oleh Jay Roach dan didistribusikan oleh Universal Studios dan DreamWorks. Film ini sebenarnya merupakan versi remake dari film yang berjudul sama pada tahun 1992 yang disutradarai oleh Greg Glienna. Film ini berada di ranking 52 di Bravo's 100 Funniest Movies (= 100 Film Terlucu). Kesuksesan Meet the Parents dilanjutkan oleh dua sekuelnya, Meet The Fockers (2004) dan Little Fockers (2010). Meet the Parents juga menginspirasi hadirnya acara televisi berjenis reality show berjudul Meet My Folks serta sebuah acara komedi situasi berjudul In-Laws, yang ditayangkan oleh NBC mulai tahun 2002.

Cerita[sunting | sunting sumber]

Greg Focker, seorang perawat di sebuah rumah sakit di Chicago, mengunjungi rumah calon mertuanya di Oyster Bay, New York bersama kekasihnya, Pam Byrnes. Greg, yang berencana untuk melamar Pam, harus berhadapan dengan ayahanda Pam, Jack Byrnes, seorang pensiunan agen rahasia CIA yang sepertinya tidak menyukai kehadirannya. Dan, yang lebih parah lagi, Greg malah membawa banyak "kesialan" saat keluarga dari kekasih adik pacarnya juga datang mengunjungi kediaman keluarga Byrnes.

Pemain[sunting | sunting sumber]

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Meet the Parents nyaris diberi rating R oleh MPAA akibat penggunaan nama belakang Focker, yang menurut sistem peringkat film MPAA terlihat menyerupai kata yang hampir sama pengucapannya dalam Bahasa Inggris yang kalau di-Indonesiakan akan menjadi kata (maaf) "bajingan" yang termasuk sumpah serapah, serta pengucapannya yang berulang-ulang di film ini. Sebenarnya nama Focker baru dipakai di film ini, jadi nama belakang Greg tidak pernah disebutkan dalam film yang asli. Nama Focker sendiri, yang tertulis dalam naskah filmnya, merupakan gagasan dari Jim Carrey dalam sesi kreatif pembuatan film ini sebelum ia memutuskan untuk keluar karena Steven Spielberg tidak jadi menyutradarai filmnya. Ketika film ini dievaluasi oleh MPAA, lembaga tersebut mempertanyakan hal ini pada pihak pembuat film, apakah nama Focker adalah murni ide mereka atau memang ada dalam kehidupan nyata. Setelah mereka memperlihatkan sebuah daftar nama orang-orang nyata dengan nama belakang Focker pada MPAA, akhirnya MPAA mau memberi rating PG-13 untuk film ini.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]