Medco Group

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Medco Group adalah sebuah kelompok perusahaan Indonesia yang bergerak di berbagai bidang, yaitu energi, makanan, agrobisnis, finansial, pabrikasi, perhotelan, dan properti. Perusahaan ini bermula dari sebuah perusahaan kontraktor partikelir di bidang jasa pengeboran minyak dan gas bumi darat (onshore drilling), Meta Epsi Pribumi Drilling.

Sejarah Perusahaan[sunting | sunting sumber]

Meta Epsi Drilling Company (Medco) didirikan oleh Arifin Panigoro, seorang pengusaha berdarah Gorontalo pada tahun 1980.[1] Pada saat kejayaan insudstri perminyakan di tahun 1979-1981, Arifin Panigoro mulai melihat peluang emas untuk bergabung dengan bisnis ini. Peluang ini pula dimanfaatkan dengan baik oleh Arifin, ditambah pula dengan adanya dorongan dari pemerintah agar industri lokal memiliki kemampuan dan dapat bersaing secara langsung dengan beberapa kontraktor asing skala besar di sektor energi. Dengan dukungan pemerintah tersebut, Arifin bermitra dengan pemain asing untuk memenangkan proyek yang lebih besar dengan memasang jaringan pipa raksasa.

Sebagaimana diuraikan dalam perjanjian bisnis dengan mitra asingnya, Arifin telah memberikan kepemilikan logistik dan alat berat untuk proyek awal. Dengan alat berat, Medco bercabang ke proyek-proyek lain dan akhirnya memasuki bisnis pengeboran minyak dan gas.

Pada tahun 1983, Grup Medco memutuskan untuk mendirikan PT Multi Fabrindo Gemilang (Multifab), perusahaan yang mengkhususkan diri dalam pembuatan baja terintegrasi, mulai dari teknik, pengadaan bahan, pembuatan dan pengujian bahan, serta pemasangan konstruksi baja. Tujuan Multifab adalah untuk mendukung kebutuhan Grup Medco dan permintaan industri minyak dan gas serta sektor terkait terutama yang ada di negara tersebut.

Setelah mendapatkan kesuksesan dengan bisnis pengeboran minyak dan gas, Grup Medco pun mulai memperluas gurita bisnis mereka. Pada tahun 1993, Grup Medco mengakuisisi Bank Saudara, bank komersial berlisensi valuta asing menengah dengan aset mendekati US $2 juta. Pada tahun yang sama, Grup Medco juga telah mengakuisisi 300 km2 konsesi kelapa sawit di pulau Kalimantan. Akuisisi itu berdasarkan rencana manajemen Grup Medco untuk memberikan stabilitas jangka panjang dalam pasokan energi.

Daftar Jejaring Bisnis Medco Group[sunting | sunting sumber]

  • PT Multi Fabrindo Gemilang (Multifab)
  • Bank Woori Saudara
  • Medco Agro
  • Medco Energi Internasional
  • Elga Networks

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "History of Medco Group - Medco Group" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2019-10-14.