Me and Earl and the Dying Girl (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Me and Earl and the Dying Girl
MeandEarlandtheDyingGirlMoviePoster.jpg
Poster film Me and Earl and the Dying Girl
SutradaraAlfonso Gomez-Rejon
ProduserJeremy Dawson
Dan Fogelman
Steven Rales
SkenarioJesse Andrews
BerdasarkanMe and Earl and the Dying Girl
oleh Jesse Andrews
PemeranThomas Mann
Olivia Cooke
RJ Cyler
Nick Offerman
Molly Shannon
Jon Bernthal
Connie Britton
MusikBrian Eno
Nico Muhly
SinematografiChung Chung-hoon
PenyuntingDavid Trachtenberg
Perusahaan
produksi
Indian Paintbrush
DistributorFox Searchlight Pictures
Tanggal rilis
  • 25 Januari 2015 (2015-1-25) (Festival Film Sundance)
  • 12 Juni 2015 (2015-6-12) (terbatas di Amerika Serikat)
  • 3 Juli 2015 (2015-7-3) (secara luas di Amerika Serikat)
Durasi
105 menit[1]
NegaraAmerika Serikat
BahasaInggris
Anggaran$8 juta[2]
Pendapatan kotor$9.074.749[3]

Me and Earl and the Dying Girl adalah film drama komedi Amerika Serikat tahun 2015 yang disutradarai oleh Alfonso Gomez-Rejon dan diproduseri oleh Jeremy Dawson, Dan Fogelman dan Steven Rales. Naskah film ini ditulis oleh Jesse Andrews berdasarkan novel Me and Earl and the Dying Girl karya Jesse Andrews. Film ini dibintangi oleh Thomas Mann, Olivia Cooke, RJ Cyler, Nick Offerman, Molly Shannon, Jon Bernthal dan Connie Britton.

Film Me and Earl and the Dying Girl ditayangkan secara perdana di Festival Film Sundance pada tanggal 25 Januari 2015[4] dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 12 Juni 2015 secara terbatas[5] dan 3 Juli 2015 secara luas.[6] Film ini mendapatkan review positif dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Greg Gaines (Thomas Mann) merupakan seorang pemuda berusia 18 tahun yang canggung, lemah dan membenci dirinya sendiri. Greg menjadi siswa senior di Schenley High School di Pittsburgh. Greg mengetahui bahwa seorang siswa sebayanya dan mantan teman masa kecilnya, Rachel Kushner (Olivia Cooke), telah didiagnosis menderita leukemia dan dipaksa oleh orang tua Greg (Nick Offerman dan Connie Britton) untuk berteman dengan Rachel pada saat dibutuhkan. Meskipun pertemuan pertama mereka sangat canggung di tangga rumah Rachel, tak satu pun dari mereka benar-benar menginginkan teman-teman lain hingga Greg berhasil memulai percakapan tentang koleksi bantal Rachel. Rachel mengetahui kepribadian unik Greg dan mereka membuat rencana untuk bertemu ketika senggang.

Seiring waktu, Greg memperkenalkan Rachel kepada rekan kerjanya, Earl (RJ Cyler), ketika mereka mengunjungi Rachel sebelum ia kehilangan rambutnya karena perawatan, di mana Greg membuat film pendek yang memparodikan judul film terkenal bersama Rachel. Meskipun Greg keberatan, Earl meyakinkan Greg untuk berbagi koleksi film pendek mereka dengan Rachel hingga membuat Rachel terhibur. Ketika Rachel memulai kemoterapi, penyakitnya semakin memburuk dan Greg mulai menghabiskan lebih sedikit waktu di sekolah dan lebih banyak waktu merawat Rachel.

Mengetahui mereka syuting film lain, Madison (Katherine C. Hughes), kekasih Greg, meyakinkan Greg dan Earl untuk membuat film yang didedikasikan untuk Rachel dan Rachel membujuk Greg untuk mendaftar ke perguruan tinggi setempat. Meskipun ia diterima di perguruan tinggi, Greg tetap mengabaikan sekolah untuk menyelesaikan film pendeknya. Setelah menyadari bahwa kemoterapinya semakin berbahaya, Rachel memilih untuk menghentikan perawatannya. Greg dan Rachel memperdebatkan pilihan Rachel di mana Rachel menunjukkan keberatan Greg untuk melakukan sesuatu tanpa pamrih kecuali Greg diberitahu untuk melakukannya. Greg pergi dan merasa hancur karena ia tidak bisa lagi membantu Rachel.

Ketika ia marah, Greg berseteru dengan Earl dan menyalahkannya atas peristiwa yang mengarah ke akhir persahabatannya dengan Rachel, lalu Earl memperingatkan Greg atas ketidakmampuannya untuk bersimpati dan peduli kepada siapapun kecuali dirinya sendiri meskipun Rachel memberikan kasih sayang yang tulus kepada Greg. Setelah itu, Earl meminta Greg memberikan keterangan sepenuh hati untuk Rachel sebelum membiarkan Greg mengetahui bahwa ia telah mengakhiri persahabatan mereka. Greg juga diberitahu bahwa karena nilai-nilai pelajaran sekolahnya yang gagal, ia telah ditolak oleh perguruan tinggi.

Kemudian pada tahun itu, ibu Greg membiarkan Greg mengetahui bahwa Rachel telah dipindah ke rumah perawatan, yang awalnya Greg percaya untuk perawatan lebih lanjut, sebelum ia mengetahui bahwa Rachel di rumah sakit untuk mati, yang hanya membuat Greg semakin tertekan. Merasa prihatin dengan Greg, Madison mengundang Greg ke pesta sekolah. Namun, setelah memakai tuksedo, Greg memutuskan untuk tidak pergi menjemput Madison, namun ia pergi ke rumah sakit tempat Rachel mendapatkan perawatan. Dalam perjalanan ke rumah sakit, Greg diminta oleh supir limosin jika ia mencintai Rachel, sebuah pertanyaan yang ia sendiri tidak dapat menjawabnya. Pergi ke rumah sakit, Greg membawa iPhone-nya serta proyektor portabel dan menempatkannya di sekitar pergelangan tangan Rachel sebelum menjalankan film pendek yang dibuatnya untuk Rachel di dinding depan kamarnya, berbaring di sampingnya seperti ketika mereka menonton film-film yang lain. Rachel meneteskan air mata melihat film itu. Namun, saat menonton film, Rachel mengalami koma dan sekarat beberapa jam kemudian.

Di hadapan Shiva, Greg dihibur oleh ibu Rachel (Molly Shannon) karena mereka berduka bersama atas kehilangan Rachel. Earl dan Greg berdamai dan menghidupkan kembali persahabatan mereka. Dalam pemakaman Rachel, Greg menyelinap ke kamar Rachel setelah ia dengan sedih melihat ke tangga Rachel yang mengingatkan Greg pada pertemuan pertama Greg dan Rachel setelah bertahun-tahun. Greg menemukan kartu untuknya dari Rachel yang menjelaskan bahwa Rachel menulis surat ke perguruan tinggi yang didaftarkan oleh Greg agar mereka mengetahui bahwa Greg mengabaikan sekolahnya demi Rachel. Rachel menjelaskan melalui surat yang dikirimnya ke perguruan tinggi bahwa Greg adalah orang yang paling baik hati dan paling peduli yang pernah ditemuinya setelah menyatakan, "Tidak ada yang berbuat lebih banyak untuk membuat saya tersenyum daripada Greg. Dan tidak ada yang pernah bisa." Greg juga menemukan beberapa ukiran yang rumit di dalam buku-buku Rachel yang menggambarkan adegan-adegan Rachel dengan Greg dan Earl, membuktikan bahwa Rachel masih peduli dengan Greg. Greg pergi dengan salah satu buku yang berisi ukiran pribadi dan kesukaan Greg dengan bantal-bantal Rachel.

Beberapa waktu kemudian, Greg menulis kisahnya tentang waktunya bersama Rachel (yang menjadi dasar narasi film) dan mengirimkannya ke perguruan tinggi bersama dengan film pendek yang dibuatnya untuk Rachel.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

  • Thomas Mann sebagai Greg Gaines
    • Gavin Dietz sebagai Greg muda
  • Olivia Cooke sebagai Rachel Kushner
  • RJ Cyler sebagai Earl Jackson
    • Edward DeBruce III sebagai Earl muda
  • Nick Offerman sebagai Mr. Gaines
  • Molly Shannon sebagai Denise Kushner
  • Jon Bernthal sebagai Mr. McCarthy
  • Connie Britton sebagai Mrs. Gaines
  • Chelsea T. Zhang sebagai Naomi
  • Katherine C. Hughes sebagai Madison
  • Natalie Marchelletta sebagai Anna
  • Matt Bennett sebagai Scott Mayhew
  • Bobb'e J. Thompson sebagai Derrick
  • Hugh Jackman sebagai diri sendiri (suara)
  • Karriem Sami sebagai supir mobil limosin
  • Marco Zappala sebagai aktor teater unik
  • Etta Cox sebagai kepala sekolah
  • Masam Holden sebagai Ill Phil
  • Kaza Marie Ayersman sebagai sahabat Rachel
  • Cheryl Kline sebagai pendeta
  • Joan Augustin sebagai pelayat tua
  • Mark Granatire sebagai siswa 1
  • Kayana White sebagai siswa 2
  • Linda Kanyarusoke sebagai siswa 3
  • Drew Palajsa sebagai siswa 4
  • Elly Silberstein sebagai siswa 5
  • Nicole Tubbs sebagai perawat rumah sakit anak

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Me and Earl and the Dying Girl mendapatkan review positif dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 82%, berdasarkan 201 ulasan, dengan rating rata-rata 7,5/10.[7] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 74 dari 100, berdasarkan 40 kritik, menunjukkan "ulasan yang baik".[8]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film Me and Earl and the Dying Girl mendapatkan $6.758.416 di Amerika Utara dan $2.316.333 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $9.074.749, melebihi anggaran produksi film $8 juta.[3]

Pada pembukaan akhir pekan secara terbatas, film ini mendapatkan $196.496, menempati posisi ke-21 di box office. Namun, pada pembukaan akhir pekan secara luas, film ini mendapatkan $1.246.803, menempati posisi ke-9 di box office.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Me and Earl and the Dying Girl (12A)". British Board of Film Classification. May 29, 2015. Diakses tanggal May 29, 2015. 
  2. ^ "'Me & Earl & the Dying Girl' lights up Sundance Film Festival". Pittsburgh Post-Gazette. Diakses tanggal July 14, 2015. 
  3. ^ a b c "Me and Earl and the Dying Girl (2015)". Box Office Mojo. Diakses tanggal October 16, 2015. 
  4. ^ Debruge, Peter (January 25, 2015). "Sundance Film Review: 'Me and Earl and the Dying Girl'". Variety. Diakses tanggal June 12, 2018. 
  5. ^ Lang, Brent (March 10, 2015). "Fox Searchlight Moves Up 'Me and Earl and the Dying Girl' Release". Variety. Diakses tanggal June 12, 2018. 
  6. ^ McClintock, Pamela (July 22, 2015). "'Me and Earl' and the Dying Box Office: Why the Sundance Hit Fizzled". The Hollywood Reporter. Diakses tanggal July 31, 2015. 
  7. ^ "Me and Earl and the Dying Girl (2015)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal February 13, 2018. 
  8. ^ "Me and Earl and the Dying Girl reviews". Metacritic. Diakses tanggal February 13, 2018. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]