Me Before You (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Me Before You
Poster film Me Before You
SutradaraThea Sharrock
ProduserKaren Rosenfelt
Alison Owen
Ditulis olehJojo Moyes
Berdasarkan
Me Before You
oleh Jojo Moyes
PemeranEmilia Clarke
Sam Claflin
Steve Peacocke
Jenna Coleman
Janet McTeer
Charles Dance
Matthew Lewis
Penata musikCraig Armstrong
SinematograferRemi Adefarasin
PenyuntingJohn Wilson
Perusahaan
produksi
DistributorWarner Bros. Pictures
Tanggal rilis
  • 23 Mei 2016 (2016-05-23) (New York)
  • 3 Juni 2016 (2016-06-03) (Amerika Serikat)
Durasi110 menit[1]
NegaraBritania Raya
Amerika Serikat[2]
BahasaBahasa Inggris
Anggaran$20 juta[3]
Pendapatan
kotor
$208.314.186[4]

Me Before You adalah film drama romantis tahun 2016 yang disutradarai oleh Thea Sharrock dan diproduseri oleh Karen Rosenfelt dan Alison Owen. Naskah film ini ditulis oleh Jojo Moyes berdasarkan novel Me Before You karya Jojo Moyes. Film ini dibintangi oleh Emilia Clarke, Sam Claflin, Steve Peacocke, Jenna Coleman, Janet McTeer, Charles Dance dan Matthew Lewis.

Film Me Before You ditayangkan secara perdana di New York pada tanggal 23 Mei 2016 dan dirilis di Amerika Serikat pada tanggal 3 Juni 2016.[5] Film ini mendapatkan review rerata dari para kritikus.

Plot[sunting | sunting sumber]

Seorang gadis berusia 26 tahun bernama Louisa Clark (Emilia Clarke) kehilangan pekerjaannya di sebuah kafe lokal. Tanpa ambisi dan hanya memiliki sedikit keahlian, ia ditawarkan pekerjaan untuk mengurus seorang pria kaya dan sukses yang difabel bernama Will Traynor (Sam Claflin). Ibu Will, Camilla (Janet McTeer), mempekerjakan Louisa walaupun ia tidak memiliki pengalaman. Camilla percaya bahwa Louisa bisa mencerahkan kembali semangatnya. Louisa diperkenalkan kepada Nathan (Steve Peacocke), yang telah mengurus kebutuhan medis Will selama dua tahun terakhir; dan ayah Will, Steven (Charles Dance), seorang pebisnis kelas atas yang ramah namun memiliki hubungan yang dingin dengan Camilla. Hubungan Louisa dengan Will dimulai dari awal yang berliku karena kondisi fisik Will akibat kecelakaan sepeda motor, membuatnya menjadi sarkastis dan dingin, sehingga ia memperlakukan Louisa dengan kasar.

Hubungan mereka semakin buruk ketika mantan pacar Will, Alicia (Vanessa Kirby), dan sahabatnya, Rupert (Ben Lloyd-Hughes), menjenguknya. Keduanya gugup ketika bertemu dengan Will dan menyatakan bahwa mereka akan menikah. Will memecahkan bingkai foto masa lalunya dan marah ketika Louisa mencoba memperbaikinya dengan lem. Louisa sangat marah kepada Will atas ketidaksopanannya dan mengatakan bahwa ia hanya bekerja karena benar-benar membutuhkan uang. Will terlihat terkejut atas kejujurannya yang tiba-tiba.

Di bawah perawatan Louisa, Will menjadi lebih komunikatif dan berpikiran terbuka dan mereka mulai berbagi pengalaman seperti menonton film Prancis dengan subtitle (hal yang belum pernah dilakukan Louisa), lalu mendiskusikan kehidupan mereka di luar pekerjaannya. Ketika Will jatuh sakit, Louisa melihat bekas luka di pergelangan tangan Will dan tidak sengaja mendengar percakapan antara Will dan ibunya bagaimana ia mencoba bunuh diri setelah Camilla menolak permintaannya untuk mengakhiri hidupnya melalui sebuah organisasi yang "mengatur bunuh diri" di Swiss bernama Dignitas. Karena takut akan percobaan bunuh diri Will, Camilla berjanji untuk menuruti permintaan Will, tetapi hanya jika ia setuju untuk hidup enam bulan lagi. Camilla berniat untuk membuktikan bahwa dalam enam bulan, Will akan percaya bahwa hidupnya berarti.

Louisa merahasiakan pengetahuannya tentang perjanjian antara Will dan ibunya. Namun, ia mengatakannya kepada Katrina (Jenna Coleman) dan mereka merencanakan berbagai cara untuk meyakinkan Will untuk meninggalkan keinginannya. Dalam beberapa minggu kemudian, Will menjadi lebih santai dan membiarkan Louisa mencukur janggutnya dan memotong rambut panjangnya. Louisa mulai membawa Will keluar rumah, seperti peternakan kuda dan orkestra. Keduanya menjadi lebih dekat saat Louisa mengundang Will ke pesta ulang tahunnya untuk bertemu dengan orang tua dan pacarnya, Patrick (Matthew Lewis). Will mengejutkannya dengan hadiah ulang tahun sebuah celana ketat bumblebee, benda favoritnya ketika ia kecil.

Will dan Louisa sering mengobrol. Louisa menyadari bahwa Will telah pergi ke berbagai tempat dan telah melakukan hampir segalanya, dan tempat favoritnya adalah sebuah kafe di Paris. Ia juga mendapati bahwa ia hanya memiliki kehidupan yang terbatas dan ambisi yang sedikit. Will mencoba untuk memotivasi Louisa untuk berubah. Dalam perjalanan menuju sebuah lahan kastel yang dimiliki oleh keluarga Will, Louisa mengatakan bahwa ia takut dengan labirin karena ia pernah tersesat di dalam labirin. Hal ini membuat ia mengubah rencananya untuk pergi keluar negeri, mengubah cara berpakaiannya dan membuat ia lebih berhati-hati akan dunia di luar kota kecilnya. Will menenangkannya ketika ia ketakukan setelah tersesat di dalam labirin.

Will kemudian menderita pneumonia yang nyaris membunuhnya, yang menyebabkan Louisa harus membatalkan rencana perjalanannya, dan membawa Will ke Mauritius. Malam sebelum kembali dari perjalanan, Louisa mengatakan bahwa ia mencintai Will. Will mengatakan bahwa ia ingin mengatakan sesuatu kepada Louisa, tetapi Louisa mengungkapkan bahwa ia sudah tahu tentang rencananya dengan organisasi Dignitas. Will mengatakan bahwa waktu yang mereka habiskan bersama sangat spesial, namun ia tidak bisa hidup dengan kursi roda selamanya dan ia tetap akan melanjutkan rencananya. Merasa marah dan tersakiti, Louisa pergi dan tidak berbicara dengan Will selama sisa perjalanan. Ketika mereka kembali, orang tua Will senang melihat kondisi fisiknya yang baik. Walaupun demikian, Louisa mengundurkan diri sebagai perawat Will dan mengerti bahwa Will akan melanjutkan rencananya.

Pada malam penerbangan Will menuju Swiss, Louisa mengunjunginya untuk yang terakhir kali. Mereka setuju bahwa enam bulan terakhir merupakan waktu terbaik dalam hidup mereka. Will wafat di klinik dan ia juga meninggalkan warisan yang cukup bernilai kepada Louisa agar ia melanjutkan pendidikannya dan hidup sepenuhnya. Novel ini diakhiri dengan Louisa berada di sebuah kafe di Paris, membaca kata-kata terakhir Will kepadanya dalam sebuah surat, yang menyuruhnya untuk "hidup lebih baik".

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Tanggapan kritikus[sunting | sunting sumber]

Film Me Before You mendapatkan review rerata dari para kritikus. Berdasarkan Rotten Tomatoes, film ini memiliki rating 56%, berdasarkan 164 ulasan, dengan rating rata-rata 5,6/10.[12] Berdasarkan Metacritic, film ini mendapatkan skor 51 dari 100, berdasarkan 36 kritik, menunjukkan "ulasan rerata".[13] Berdasarkan CinemaScore, film ini mendapatkan nilai "A" dari penonton film untuk skala A+ sampai F.[14]

Box office[sunting | sunting sumber]

Film Me Before You mendapatkan $56.245.075 di Amerika Utara dan $152.069.111 di negara lain. Total pendapatan yang dihasilkan oleh film ini mencapai $208.314.186, melebihi anggaran produksi film $20 juta.[4]

Pada pembukaan akhir pekan, film ini mendapatkan $18.723.269, menempati posisi ketiga di box office di belakang Teenage Mutant Ninja Turtles: Out of the Shadows dan X-Men: Apocalypse.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "ME BEFORE YOU (12A)". British Board of Film Classification. April 21, 2016. Diakses tanggal April 21, 2016. 
  2. ^ Gant, Charles (May 24, 2016). "'Me Before You': Review". Screen Daily. Diakses tanggal June 4, 2016. 
  3. ^ Riley, Jenelle. "'Me Before You' Aims to Take on Hollywood's Superhero-Heavy Slate". Variety. Diakses tanggal May 26, 2016. 
  4. ^ a b c "Me Before You (2016)". Box Office Mojo. Diakses tanggal December 18, 2016. 
  5. ^ Anthony D'Alessandro (2016-01-15). "Emilia Clare 'Me Before You' Drama Opening In March 2016". Deadline. Diakses tanggal 2016-04-17. 
  6. ^ a b Fleming, Mike (2014-09-02). "'GOT's Emilia Clarke, 'Hunger Games' Sam Claflin To Star In MGM's 'Me Before You'". Deadline. Diakses tanggal 2015-07-24. 
  7. ^ Justin Kroll (2015-03-24). "'Me Before You': Stephen Peacocke Joins MGM Movie". Variety. Diakses tanggal 2015-07-24. 
  8. ^ a b Fleming, Mike (2015-04-02). "'Doctor Who's Jenna Coleman, 'Game Of Thrones' Charles Dance Join 'Me Before You'". Deadline. Diakses tanggal 2015-07-24. 
  9. ^ Ford, Rebecca (2015-04-09). "Janet McTeer Joins MGM's 'Me Before You' (Exclusive)". Hollywood Reporter. Diakses tanggal 2015-07-24. 
  10. ^ a b c d e Ford, Rebecca. "MGM's 'Me Before You' Rounds Out Cast (Exclusive)". Hollywood Reporter. Diakses tanggal 2015-07-24. 
  11. ^ Sarah Doran (2016-03-29). "First look at Matthew Lewis and Joanna Lumley in new Me Before You trailer". Radio Times.com. 
  12. ^ "Me Before You (2016)". Rotten Tomatoes. Diakses tanggal April 1, 2017. 
  13. ^ "Me Before You reviews". Metacritic. Diakses tanggal April 1, 2017. 
  14. ^ "CinemaScore". cinemascore.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]