Matthijs Maris

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Matthijs Maris, Wash Day
Matthijs Maris, The Bride, or Novice taking the Veil, 1887
Matthijs Maris, The Goatherd

Matthias Maris (lahir 17 Agustus 1839 – meninggal 22 Agustus 1917 pada umur 78 tahun) adalah seorang pelukis, etsa, dan litografer Belanda. Ia juga dikenal sebagai Matthijs Maris atau Thijs. Dia awalnya berasal dari Sekolah Den Haag, seperti dua saudara laki-lakinya, Jacob dan Willem, tetapi karya-karyanya kemudian semakin menyimpang dari sekolah itu menjadi gaya yang unik dipengaruhi oleh Pra-Raphael.

Ia lahir di Den Haag. Pada usia dua belas tahun, ia mendaftar di Akademi Seni Den Haag, tetapi tidak lulus ujian masuk. Karena itu, ia mengambil pelajaran dari Isaac Cornelis Elink Sterk, sekretaris Akademi. Satu tahun kemudian ia diterima dan belajar di sana sampai tahun 1855. Pada tahun 1854 ia menjadi murid pelukis kelautan Louis Meijer, yang membantunya mendapatkan hibah dari Ratu Sophie[1][2] yang memungkinkan dia untuk mengikuti saudaranya Jacob ke Antwerpen, di mana mereka menyewa kamar bersama. Pada tahun 1858 Matthijs kembali ke Den Haag, di mana Jacob sudah memiliki studio yang bisa mereka bagikan. Sebuah komisi kemudian memungkinkan mereka untuk melakukan perjalanan dan mulai melukis di Oosterbeek dengan pelukis sebagai Gerard Bilders dan Anton Mauve.

Pada tahun 1860 ia melakukan perjalanan dengan saudaranya Yakub sepanjang Rhine ke Swiss dan kembali melalui Prancis ke Belanda. Di Cologne, saudara-saudara melihat pameran yang menyajikan gambaran umum seni Jerman sejak 1800, yang memperkuat pengaruh Romantisisme Jerman pada Matthijs.

Sekembalinya ke Belanda Matthijs menunjukkan beberapa karyanya di Amsterdam dan Den Haag, tetapi tidak diterima dengan baik. Ini membuatnya menjadi pahit dan menarik diri. Jacob sukses di Paris, dan mengundang Matthijs untuk bergabung dengannya di sana, yang dilakukannya pada tahun 1869. Setelah Perang Prancis-Prusia tahun 1870–71 Jacob kembali ke Den Haag bersama keluarganya dan kesepian setelah kepergian Yakub sulit bagi Matthijs. Ada kemiskinan yang pahit baginya, karena begitu banyak seniman pada waktu itu di Paris, jadi dia kembali bekerja. Gayanya sangat sedikit berubah dan lebih mengingatkan pada periode sebelumnya. Belakangan dia akan menjauhkan diri dari karya-karya ini, menganggapnya sebagai 'pembuat panci', hanya dicat untuk meletakkan makanan di atas meja.

Seorang pedagang seni Daniel Cottier meyakinkannya untuk menetap di London, yang ia lakukan pada tahun 1877. Di sana ia melukis pemandangan yang lebih imajinatif: karakter dongeng dan kastil yang terpesona. Dia juga melukis sejumlah pengantin dengan warna abu-abu halus, halus dan kabur seperti mimpi. Dia membuat potret, terutama anak-anak teman-teman seperti Baby lessor (koleksi pribadi, 1880) dan Barije Swan (Gemeentemuseum, 1887), anak rapuh dalam gaun renda bercat putih dan abu-abu dengan aksen warna halus lemon kuning dan biru pita. Anak-anak, baik dipadukan dengan hewan maupun tidak, selalu menjadi subjek favorit. Dia melukis potret dan gambar dengan warna abu-abu-cokelat dalam banyak lapisan, menggunakan cat kering yang longgar. Gambar itu seperti terselubung dalam kabut.

Maris meninggal di London pada 22 Agustus 1917, ketika dia berusia tujuh puluh delapan tahun, setelah sakit yang singkat, dan dimakamkan di sana.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Geraldine Norman, Nineteenth-century Painters and Painting: A Dictionary, London: Thames & Hudson / Berkeley: University of California, 1977, ISBN 9780520033283, p. 142.
  2. ^ Ruth K. Meyer, The Taft Museum: Its History and Collections, Volume 1 New York: Hudson Hills, 1995, ISBN 9781555950569, p. 282.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Braakhuis, H.E.M., and J. van der Vliet, Patterns in the life and work of Matthijs Maris. Simiolus 10 (1978-1979): 142-181.
  • Sillevis, John and Tabak, Anne, The Hague School Book, Waanders Uitgegevers, Zwolle, 2004 (pp 301–309)
  • Mw. M. van Delft, "Marris, Matthias (1839-1917)", Biografisch Woordenboek van Nederland (1985), online version of 12 November 2013 (dalam bahasa Belanda).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]