Masjid Veli Pasha Rethimno

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Masjid Veli Pasha Rethimno
Βελή Πασά Ρεθύμνου Τζαμί
Agama
AfiliasiIslamSunni
ProvinsiPulau Kreta
Lokasi
LokasiRethimno
Negara Yunani
Arsitektur
TipeMasjid
Gaya arsitekturTurki
Didirikan1650
Spesifikasi
Kubah3
Menara1

Masjid Veli Pasha Rethimno (bahasa Yunani: Βελή Πασά Ρεθύμνου Τζαμί) (bahasa Turki: Veli Paşa Resmo) atau yang lebih dikenal dengan Masjid Mastaba (bahasa Yunani: Μασταμπά Τζαμί), sekarang bernama Masjid Museum Paleontologi Rethimno (bahasa Yunani: Παλαιοντολογικό Μουσείο Ρεθύμνου Τζαμί) adalah sebuah bangunan bekas masjid bersejarah peninggalan Kesultanan Utsmaniyah yang berada di bagian selatan kota Rethimno, Provinsi Pulau Kreta, Yunani. Masjid ini awalnya dibangun pada pertengahan abad ke-17, tak lama setelah jatuhnya kota Rethimno ke Ottoman, sekarang masjid ini beralih fungsi menjadi museum prasejarah pulau Kreta.

Masjid Veli Pasha dibangun di luar tembok oleh pendukung Gazi Hüseyin Pasha di situs gereja Kristen tua yang didedikasikan untuk Saint Onuphrius.[1][2] Hal itu terkait dengan penaklukan kota Rethimno oleh Ottoman pada tahun 1646; di tempat pasukan Utsmaniyah membuat kamp militer mereka, komunitas Muslim di kota itu nantinya akan mendirikan masjid Veli Pasha, mungkin sekitar tahun 1651.[3] Pengesahan pembangunan masjid tertua itu dimulai pada tahun 1657, menurut catatan gubernur setempat di Rethimno.[4]

Namun masjid yang baru disahkan itu rusak berat akibat pengeboman pada Perang Dunia II, karena hal itu masjid ini tak dapat digunakan lagi, dan ditetapkan menjadi monumen cagar budaya.[2][4] Monumen tersebut kemudian dipugar pada awal tahun 2010-an dan sekarang sudah berubah menjadi Museum Paleontologi Rethimno.[2][5] Kemudian berdasarkan keputusan Kementerian Kebudayaan dan Olahraga Yunani, museum tersebut dibuka untuk umum pada tahun 2008.[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Katsipoulaki 2009, hlm. 21.
  2. ^ a b c "Τζαμί Βελί Πασά - Παλαιοντολογικό Μουσείο" [Veli Pasha Mosque-Palaeontological Museum]. cretevantaxi.com (dalam bahasa Greek). Diakses tanggal December 14, 2022. 
  3. ^ "Το τζαμί Βελή Πασά και η ιστορία του στην διάρκεια των αιώνων" [Veli Pasha Mosque and its History Throughout the Centuries]. goodnet.gr (dalam bahasa Greek). May 20, 2022. Diakses tanggal December 14, 2022. 
  4. ^ a b c "Το Τζαμί του Βελί Πασά στο Ρέθυμνο (Παλαιοντολογικό Μουσείο)" [The Mosque of Veli Pasha at Rethymno (Palaeontological Museum)]. iscreta.gr (dalam bahasa Greek). Diakses tanggal December 14, 2022. 
  5. ^ Kolovos, Elias (December 4, 2008). Τα οθωμανικά μνημεία του Ρεθύμνου [The Ottoman monuments of Rethymnon] (dalam bahasa Greek). Diakses tanggal September 11, 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]