Masjid Raya Sulaimaniah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Masjid Raya Sulaimaniah

Masjid Raya Sulaimaniah atau Süleymaniye Mosque (bahasa Turki: Süleymaniye Camii, Pengucapan bahasa Turki: [sylejˈmaːnije]) adalah sebuah Masjid yang terletak di sebuah dataran tinggi di belakang Universitas Istanbul yang merupakan peninggalan abadi Islam di Turki. Masjid ini dibangun oleh Suleiman I. Di Masjid ini pula, Selim I, pendiri Daulat Usmani dikuburkan di dalamnya. Suleiman I dan Hurrem sultan , juga dikuburkan disana. Masjid ini mempunyai empat menara. Marmer yang digunakan untuk membangun masjid ini berasal dari kawasan Marmarah, semenanjung Arab dan Yaman. Masjid ini juga diperindah dengan hiasan berwarna dan tulisan kaligrafi yang merupakan hasil karya Ahmad Qurah dan Hasan Syalabi, kaligrafer terkenal pada masa Daulat Usmani. Dalam komplek masjid itu dibangun pula perpustakaan yang cukup besar.

Süleymaniye Mosque
Süleymaniye Camii.jpg
View of the mosque from Galata Tower
Informasi umum
Letak Istanbul, Turkey
Koordinat geografi 41°00′58″LU 28°57′50″BT / 41,01611°LU 28,96389°BT / 41.01611; 28.96389Koordinat: 41°00′58″LU 28°57′50″BT / 41,01611°LU 28,96389°BT / 41.01611; 28.96389
Afiliasi agama Islam
Deskripsi arsitektur
Arsitek Mimar Sinan
Jenis arsitektur Mosque
Gaya arsitektur Ottoman Islamic architecture[1]
Peletakan batu pertama 1550
Tahun selesai 1558
Spesifikasi
Tinggi (maks) 53 m (174 ft)
Diameter kubah (dalam) 26 m (85 ft)
Menara 4[2]
Tinggi menara 72 m (236 ft)
Masjid Süleymaniye 1890

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Masjid Suleymaniye, dibangun atas perintah Sultan Süleyman ( Suleyman the Magnificent ), "beruntung dapat memanfaatkan bakat kejeniusan arsitektur Mimar Sinan ". Pekerjaan konstruksi dimulai pada 1550 dan masjid selesai pada 1557.

"Kompleks religius besar yang disebut Süleymaniye ... memadukan elemen arsitektur Islam dan Bizantium. Ini menggabungkan menara-menara tinggi dan ramping dengan bangunan-bangunan berkubah besar yang didukung oleh setengah kubah dalam gaya gereja Bizantium Hagia Sophia (yang Dinasti Utsmani dikonversi ke masjid Aya Sofya)".

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Pintu masuk.

Eksterior[sunting | sunting sumber]

Halaman

Seperti masjid kekaisaran lainnya di Istanbul, masjid itu sendiri didahului oleh halaman monumental (avlu) di sisi baratnya. Halaman di Süleymaniye memiliki kemegahan luar biasa dengan gaya perintis bertiang dengan kolom marmer, granit dan porfiri. Di empat penjuru halaman adalah empat menara, jumlah yang hanya diperbolehkan untuk masjid-masjid yang dianugerahkan oleh seorang sultan (pangeran dan putri bisa membangun dua menara; yang lain hanya satu). Menara memiliki total 10 galeri (serifes), yang menurut tradisi menunjukkan bahwa Suleiman I adalah Sultan Ottoman ke-10.

Kubah utama setinggi 53 meter (174 kaki) dan memiliki diameter 27,5 meter (90,2 kaki). Pada saat dibangun, kubah adalah yang tertinggi di Kekaisaran Ottoman, ketika diukur dari permukaan laut, tetapi masih lebih rendah dari dasarnya dan berdiameter lebih kecil daripada Hagia Sophia.

Interior[sunting | sunting sumber]

Interior Masjid Süleymaniye.

Bagian dalam masjid hampir persegi, 59 meter (194 kaki) panjangnya dan 58 meter (190 kaki) lebarnya, membentuk satu ruang yang luas. Kubah ini diapit oleh semi-kubah, dan ke utara dan lengkungan selatan dengan jendela penuh tympana, didukung oleh monolit porfiri yang sangat besar. Sinan memutuskan untuk membuat inovasi arsitektur radikal untuk menutupi penopang utara-selatan yang diperlukan untuk mendukung dermaga pusat ini. Dia memasukkan dinding penopang ke dinding bangunan, dengan setengah memproyeksikan di dalam dan separuh memproyeksikan di luar, dan kemudian menyembunyikan proyeksi dengan membangun galeri bertingkat. Ada galeri tunggal di dalam struktur, dan galeri dua lantai di luar.

Dekorasi interiornya halus, dengan penggunaan ubin Iznik yang sangat terbatas. Marmer putih mihrab dan mimbar juga sederhana dalam desain, dan kayu ditekuk, dengan desain sederhana di gading dan ibu dari mutiara.

Kompleks[sunting | sunting sumber]

suatu miniatur Ottoman di Masjid

Seperti halnya masjid-masjid imperial lainnya di Istanbul, Masjid Süleymaniye dirancang sebagai külliye, atau kompleks dengan struktur yang berdekatan untuk melayani kebutuhan agama dan budaya. Komplek asli terdiri dari masjid itu sendiri, rumah sakit (darüşşifa), sekolah dasar, pemandian umum (hamam), sebuah Caravanserai, empat sekolah Alquran (medrese), sekolah khusus untuk belajar hadits, perguruan tinggi kedokteran, dan dapur umum (imaret) yang menyajikan makanan untuk orang miskin. Banyak dari struktur ini masih ada, dan bekas imaret sekarang adalah restoran yang terkenal. Bekas rumah sakit itu sekarang menjadi pabrik percetakan milik Angkatan Darat Turki.

Di taman belakang masjid utama ada dua makam (türbe) termasuk makam Sultan Suleiman I, istrinya Hürrem Sultan (Roxelana) dan putri mereka Sultan Mihrimah. Sultan Suleiman II, Ahmed II dan juga Saliha Dilaşub Sultan dan Safiye Sultan (meninggal pada 1777), putri Mustafa II, dimakamkan di sini.

Tepat di luar tembok masjid, di sebelah utara adalah makam arsitek Sinan.

Gallery[sunting | sunting sumber]

Detail of woodwork in a door at Süleymaniye Mosque.jpg
Istanbul - Süleymaniye camii - Foto G. Dall'Orto 26-5-2006 - 03.jpg
Istanbul - Süleymaniye camii - Foto G. Dall'Orto 26-5-2006 - 14b.jpg
Istanbul - Süleymaniye camii - Foto G. Dall'Orto 26-5-2006 - 14.jpg
Interior of Süleymaniye Mosque (2).jpg
Stained glass window at Süleymaniye Mosque.jpg
Oculi of the dome of Süleymaniye Mosque.jpg
Detail of the interior of Süleymaniye Mosque (2).jpg
Süleymaniye Camii İstanbul IKalligraphie.jpg
Calighraphic detail at Süleymaniye Mosque (2).jpg
İstanbul 5622.jpg
Istanbul - Mesquita de Solimà - Porta de Muvakkithane.JPG
Süleymaniye Kuppelsystem 1.jpg
Istanbul - Süleymaniye camii dal Corno d'oro - Foto G. Dall'Orto 28-5-2006.jpg
Süleymaniye-moskee wza.jpg
Courtyard of the Süleymaniye Mosque in Istanbul, Turkey 001.jpg
Süleymaniye Camii - İstanbul Üniversitesi - Aerial view.jpg
Chandelier inside Süleymaniye Mosque.JPG

Referensi[sunting | sunting sumber]