Masjid Cheng Ho Pandaan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Masjid Cheng Ho Pandaan merupakan salah satu masjid yang memiliki arsitektur yang kental dengan gaya khas Tionghoa. Masjid Cheng Ho Pandaan dibangun pada tahun 2012 oleh Yayasan Masjid Cheng Ho Pandaan.

Pembangunan masjid ini bertujuan untuk mengenang Laksamana Cheng Ho, seorang laksamana Muslim asal Tiongkok yang telah berjasa menyebarkan agama Islam di Indonesia.

Masjid ini dinamakan Masjid Cheng Ho karena dipersembahkan untuk Laksamana Cheng Ho. Laksamana Cheng Ho merupakan seorang laksamana Muslim yang terkenal karena ekspedisi pelayarannya ke berbagai negara di Asia, termasuk Indonesia.

Masjid Cheng Ho Pandaan terletak di Jalan Raya Surabaya-Malang, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Lokasinya strategis, karena berada di jalur utama yang menghubungkan Surabaya dan Malang.

Selain di Pandaan, ada beberapa masjid Cheng Ho lainnya yang tersebar di Indonesia, antara lain: Masjid Cheng Ho Purbalingga, Jawa Tengah, Masjid Cheng Ho Surabaya, Jawa Timur, Masjid Cheng Ho Semarang, Jawa Tengah, Masjid Cheng Ho Pekalongan, Jawa Tengah, dan Masjid Cheng Ho Cirebon, Jawa Barat.

Selain Masjid Cheng Ho, ada beberapa destinasi wisata yang dekat dengan masjid ini, antara lain:

  • Gunung Penanggungan: Gunung berapi tidak aktif cocok untuk pendakian
  • Pasar Wisata Cheng Ho: Pasar wisata yang menjual berbagai macam oleh-oleh, mulai dari makanan, kerajinan tangan, hingga souvenir.
  • Museum Kabupaten Pasuruan: Museum yang menyimpan koleksi benda-benda bersejarah dari Kabupaten Pasuruan.
  • Pasar Pring Sewu: Pasar unik yang semua transaksinya menggunakan bambu
  • Candi Pari: Situs purbakala yang merupakan peninggalan Kerajaan Majapahit.
  • Lumpur Lapindo: Fenomena alam yang terbentuk akibat semburan lumpur panas.
  • Ranu Manduro: Objek wisata alam berupa danau yang terletak di kaki Gunung Penanggungan.

Masjid Cheng Ho Pandaan merupakan destinasi wisata religi yang menarik untuk dikunjungi. Masjid ini memiliki arsitektur yang unik dan indah, serta berdekatan dengan sejumlah destinasi wisata lainnya.