Marioriwawo, Soppeng

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Mario Riwawo, Soppeng)
Marioriwawo
Negara Indonesia
ProvinsiSulawesi Selatan
KabupatenSoppeng
Pemerintahan
 • CamatHadi Inrajaya R, S.IP
Populasi
 • Total- jiwa
Kode Kemendagri73.12.01
Kode BPS7312010
Luas- km² 300
Desa/kelurahan11 desa
2 kelurahan

Marioriwawo adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, Indonesia. Ibu kota dari kecamatan ini yaitu Takalala. Jarak tempuh antara kecamatan ini ke kota Makassar kurang lebih 175 KM via Buludua. Memang untuk memasuki wilayah ini dari kota Makassar terdapat beberapa jalur yang dapat dilewati yakni via buludua (terdekat), via camba, dan via pare-pare (terjauh). Wilayah ini berbatasan lansung dengan Kabupaten Barru di sebelah selatan dan di sebelah barat serta utara berbatasan langsung dengan Kabupaten Bone. Sedangkan untuk wilayah timurnya berbatasan dengan Kecamatan Liliriaja, Kab. Soppeng.

Sebagian besar wilayah dari kecamatan ini adalah daerah pegunungan, jadi tidak salah kalau daerah ini terkenal dengan suhu yang dingin dengan pemandangan alam yang sangat menyejukkan mata.

Sebagian besar Mata pencaharian penduduk wilayah ini adalah bertani, baik petani kebun maupun petani persawahan. Hasil pertanian yang paling banyak dihasilkan yaitu kakao dan beras. Selain itu tidak sedikit pula penduduk dari kecamatan ini yang berprofesi sebavai pedagang dan pegawai.

Wilayah ini sangat potensial dijadikan sebagai tujuan wisata, terdapat banyak tempat yang betul-betul masih alami, ditambah pemandangan persawahan yang tidak kalah dengan Ubud Bali. Kalau Anda memasuki wilayah kecamatan ini via Bulu Dua, pesona alam yang indah ini akan menyambut perjalanan anda.