Mariam Habach

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Mariam Habach
LahirMariam Habach Santucci
26 Januari 1996 (umur 28)
Barquisimeto, Lara, Venezuela
Nama lainMariam Habach
Tinggi180 m (590 ft 6+12 in)
Gelar
Pemenang kontes kecantikan
Warna rambutBlonde
Warna mataHijau
Kompetisi
utama

Mariam Habach Santucci (lahir 26 Januari 1996) adalah seorang model dan ratu kecantikan asal Venezuela. Ia merupakan pemenang kontes kecantikan Miss Venezuela 2015 dan juga memenangkan Señorita Centro Occidental 2016. Pada 2016, ia mewakili Venezuela pada kontes Miss Universe 2016.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Habach dibesarkan bersama dua saudara laki-lakinya di kota El Tocuyo. Ayahnya, Antonio, lahir di kota Tartus, Suriah dan kakek-nenek dari pihak ibu berimigrasi dari Fontanarosa dan Agrigento, Italia selama Perang Dunia II. Habach dapat berbicara tiga bahasa: Spanyol, Arab dan Italia.

Kontes kecantikan[sunting | sunting sumber]

Miss Venezuela 2015[sunting | sunting sumber]

Pada malam penobatan terakhir Miss Venezuela 2015 pada 8 Oktober 2015, Habach dinobatkan sebagai Miss Venezuela 2015 mewakili negara bagian asalnya, Lara. Sebagai pemenang, ia mewakili Venezuela pada kontes Miss Universe 2016 yang berlangsung di Filipina.

Miss Universe 2016[sunting | sunting sumber]

Habach mewakili Venezuela pada Miss Universe 2016 dan dia termasuk salah satu di jajaran kelompok favorit untuk memenangkan kontes tersebut. Dia juga memenangkan tiga penghargaan khusus yang diberikan oleh sponsor lokal selama kegiatan pra-kontes di Filipina.

Selama kompetisi kostum nasional, ia mengenakan gaun balon biru dan putih yang dirancang oleh Nidal Nouaihed berjudul "Reina encantada del mar", terinspirasi oleh budaya Isla Margarita dan mitos dewi laut Yemaya, yang lebih berat dari 18 kilo dan terbuat dari 120 meter organza dengan ratusan mutiara dan kristal.

Ukuran kostumnya menghambat gerakannya dan memaksanya untuk terus-menerus menendang gaunnya ke depan. Dia akhirnya terjebak di kain sampai harus dibantu turun dari panggung. Pada akhirnya, Habach tidak masuk dalam 13 semifinalis. Dalam 33 tahun kontes Miss Venezuela hingga saat ini, Habach adalah kontestan keempat yang tidak memperoleh posisi.

Kontroversi[sunting | sunting sumber]

Banyak pecinta kontes yang bingung dengan tidak ditempatkannya Habach di Miss Universe, sehingga dicap sebagai penerima penghargaan "Ruth Ocumarez". Sebelum malam penobatan, seorang jurnalis Venezuela Julio Matute Rodríguez menulis bahwa Habach arogan dan manja karena didikan yang kaya. Dikabarkan juga bahwa keluarganya mempengaruhi para juri di kontes Miss Venezuela 2015.

Lebih lanjut, beberapa media sosial berspekulasi bahwa kegagalannya masuk 13 besar karena diduga tidak menghormati beberapa kandidat. Ada segmen televisi di mana dia menjepit runner-up kedua Andrea Tovar dari Kolombia dan menginjak semi-finalis Valeria Piazza dari Peru di antara gaun kandidat lainnya tanpa mengeluarkan penyesalan atau permintaan maaf.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan prestasi
Didahului oleh:
Mariana Jiménez
Miss Venezuela
2015
Diteruskan oleh:
Keysi Sayago
Didahului oleh:
Julibell Alvarado
Miss Lara
2015
Diteruskan oleh:
Elizabeth Sargo