Marguerite dari L'Aigle

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Marguerite dari L'Aigle
Permaisuri Navarra
Periode1134–1141
Wafat25 Mei 1141
WangsaL'Aigle
AyahGilbert dari L'Aigle
IbuJuliana du Perche
PasanganGarcía Ramírez
AnakAntso VI dari Navarra
Blanca dari Navarra
Margherita dari Navarra
Rodrigo dari Montescaglioso
Sketsa tidak lengkap segel Marguerite yang disimpan oleh putranya, Antso VI, yang menunjukkannya di atas seekor kuda dengan gaya Mediterania

Marguerite dari L'Aigle (bahasa Prancis: Marguerite de L’Aigle, bahasa Spanyol: Margarita de L’Aigle) (meninggal tahun 1141) merupakan seorang permaisuri Navarra, istri pertama García Ramírez.[1] Marguerite adalah putri Gilbert dari l'aigle dan Juliana du Perche, putri Geoffrey II, Comte Perche.

Kakek nenek paternal Marguerite adalah Richer dari L'Aigle dan Judith d'Avranches, sementara kakek nenek maternal Marguerite adalah Geoffrey II, Comte Perche dan Mortagne, dan istrinya, Beatrice dari Montdidier.[2] Saudara-saudara Marguerite termasuk Richer dari L'Aigle, penerus ayahandanya sebagai Baron L'Aigle. Marguerite adalah sepupu jauh Ratu Felicia dari Roucy.

Ratu Navarra[sunting | sunting sumber]

Marguerite menikah pada tahun 1130 dengan García Ramírez, sesaat sebelum aksesinya ke atas takhta Navarra. Ia menegaskan hak-hak dan hak-hak istimewa gereja Pamplona atas saran dari "uxoris mee Margarite regina" dengan piagam pada tahun 1135.

Marguerite melahirkan seorang putra dan ahli waris, Antso VI, serta dua orang putri yang masing-masing menikah dengan raja-raja: putri yang lebih tua, Blanca, lahir setelah tahun 1133, menikah dengan Sancho III dari Kastilia, sementara putri yang lebih muda, Margherita, yang dinamakan sama seperti ibundanya, menikah dengan Gugghiermu I dari Sisilia.

Hubungan Garcia dengan Marguerite tidak stabil. Ia memiliki banyak kekasih dan pilih kasih dengan kerabat Prancisnya.[3] Ia melahirkan putra kedua yang bernama Rodrigo, yang tidak diakui oleh suaminya.[4] Ia tidak pernah diakui sebagai putra raja Navarra, bahkan setelah kematian Marguerite, dan ia secara luas dianggap sebagai anak haram, meskipun adiknya Margherita tidak menganggapnya demikian. Ia pastinya tidak pernah berperilaku lebih dari putra seorang raja.[5]

Marguerite meninggal pada tanggal 25 Mei 1141. Suaminya kemudian menikah lagi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Gaztambide, J. G. (ed.), (1997), Colección diplomatica de la catedral de Pamplona
  2. ^ Jan B Young.
  3. ^ Hans Houben, "Enrico di Navarra", Dizionario Biografico degli Italiani
  4. ^ Chronicle of Hugo Falcandus, History of the Tyrants of Sicily, is available in its original Latin at The Latin Library.
  5. ^ John Julius Norwich, 258.
Didahului oleh:
Urraca dari León
Permaisuri Navarra
1134–1141
Diteruskan oleh:
Urraca dari Kastilia