Maar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ukinrek Maar sebagai hasil dari aktivitas phreatomagmatic
Iblis Danau Gunung yang terletak di Semenanjung Seward di Alaska barat adalah yang terbesar maar berbasis danau di dunia.
Pemandangan selatan iblis danau gunung dari dataran tinggi di sisi selatan danau. Hanya dapat diakses oleh pelampung pesawat.
Tiga maar dekat Daun (Jerman)

Sebuah maar yang luas, rendah lega kawah gunung berapi disebabkan oleh letusan freatomagmatik (sebuah ledakan yang terjadi ketika air datang ke dalam kontak dengan panas, lava atau magma). Maar khas mengisi dengan air untuk membentuk relatif dangkal danau kawah yang juga dapat disebut maar.[1] nama ini berasal dari lokal Moselle Franken dialek Daun di Rhineland-Palatinate, Jerman, di mana itu berasal dari bahasa Latin mare (laut).[2] Maar yang dangkal, datar berlantai kawah yang para ilmuwan menafsirkan bisa terbentuk di atas diatremes sebagai akibat dari ekspansi kekerasan magmatik gas atau uap; erosi yang mendalam dari maar mungkin akan mengekspos diatreme. Maar berbagai ukuran dari 60 hingga 8000 m (200 hingga 26250 ft) dan dari 10 hingga 200 m (33 hingga 656 ft) yang mendalam; yang paling maar biasanya isi dengan air untuk membentuk danau alam. Paling maar memiliki rendah rims terdiri dari campuran longgar fragmen batuan vulkanik dan batuan robek dari dinding diatreme.

Maar danau dan kering maar[sunting | sunting sumber]

Yang kering maar hasil ketika maar danau mengering, menjadi aggraded atau tertimbun lumpur. Contoh terakhir adalah Eckfelder Maar. Dekat Steffeln adalah Eichholzmaar (juga disebut Gussweiher) yang telah kering selama abad terakhir dan sedang renaturalised menjadi maar. Dalam beberapa kasus yang mendasari batu yang sangat berpori yang maar danau yang tidak dapat membentuk. Setelah musim dingin salju dan curah hujan banyak yang kering maar mengisi sebagian dan sementara dengan air; yang lain mengandung rawa kecil atau sering kolam buatan itu, bagaimanapun, hanya menempati bagian dari berongga.

Contoh[sunting | sunting sumber]

Terbesar yang diketahui maar yang ditemukan di Semenanjung Seward di barat laut Alaska. Ini maar berbagai ukuran dari 4000 hingga 8000 m (13000 hingga 26000 ft) dengan diameter dan kedalaman hingga 300 m (980 ft). Letusan ini terjadi dalam jangka waktu sekitar 100.000 tahun, dengan yang termuda (Iblis Gunung Maar) yang terjadi sekitar 17.500 tahun yang lalu. Ukuran besar ini disebabkan ledakan reaksi yang terjadi ketika magma datang ke dalam kontak dengan lapisan es. Hydromagmatic letusan yang semakin meledak-ledak ketika rasio air dengan magma yang lebih rendah. Sejak permafrost mencair perlahan-lahan, ia menyediakan mantap sumber air letusan sambil menjaga air untuk magma yang terlalu rendah. Ini menghasilkan berkepanjangan, letusan eksplosif yang dibuat ini besar maar. Contoh dari Semenanjung Seward maar termasuk Utara Killeak Maar, Selatan Killeak Maar, Setan Gunung Maar Whitefish dan Maar.[3]

Maar terjadi di bagian barat Amerika Utara, Patagonia di Amerika Selatan, Eifel wilayah Jerman (di mana mereka awalnya dijelaskan), dan lainnya secara geologis wilayah gunung api muda dari Bumi. Di tempat lain di Eropa, La Vestide du Pal di Ardèche departemen Prancis menyediakan spektakuler contoh maar mudah terlihat dari dalam tanah atau udara. Kilbourne Lubang dan Berburu Lubang, di selatan New Mexico di dekat El Paso, Texas, maar. Para Buaya Danau di Los Banos di Filipina pada awalnya dianggap sebagai sebuah kawah gunung berapi juga maar. Terkenal, karbon dioksida-jenuh Danau Nyos di Afrika adalah contoh lain. Contoh yang sangat baik dari maar adalah Zuni Salt Lake di New Mexico, dangkal garam danau yang menempati berlantai datar kawah sekitar 6500 ft (2000 m) di seluruh dan 400 ft (120 m) yang mendalam. Rendah rim terdiri dari bagian lepas dari basalt lava dan dinding batu-batuan (batu pasir, serpih, batu kapur) yang mendasari diatreme, serta acak potongan kuno kristal batu jahanam ke atas dari kedalaman yang besar. Maar di Kanada ditemukan di Sumur abu-Abu-Clearwater bidang vulkanik dari timur-tengah, British Columbia dan di kimberlite bidang di seluruh Kanada. Penting bidang maar ditemukan di Pali-Aike Bidang Vulkanik di Patagonia, Amerika Selatan.[4] The Auckland bidang vulkanik di daerah perkotaan dari Auckland, Selandia Baru memiliki beberapa maar, termasuk mudah diakses Danau Pupuke di Pantai Utara kota Takapuna.

Salah satu yang paling penting kawah salah diidentifikasi sebagai maar adalah Arizona's Kawah Meteor; selama bertahun-tahun ini dianggap vulkanik daripada meroket asal.[5]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ David S.G. Thomas and Andrew Goudie (eds.
  2. ^ Notes:
  3. ^ Begét, James E.; Hopkins, David M.; Charron, Steven D. (March 1996), "The Largest Known Maars on Earth, Seward Peninsula, Northwest Alaska" (PDF), Arctic, 49 (1): 62–69, doi:10.14430/arctic1184 
  4. ^ C. Michael Hogan (2008) Pali Aike, The Megalithic Portal, ed.
  5. ^ The Science: What is the Barringer Meteorite Crater?