Ma Mingde

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Ma Mingde
Pasangan dariKaisar Ming dari Han
AnakKaisar Zhang dari Han (anak angkat)
AyahJenderal Ma Yuan
IbuLady Lin (藺夫人)

Permaisuri Ma (馬皇后, nama pribadi tidak diketahui) (40 – 16 Agustus 79[1]), secara resmi Ratu Mingde (明德皇后, secara harfiah, "pemahaman dan permaisuri yang saleh"), merupakan seorang permaisuri selama Dinasti Han Timur dari tahun 60 sampai kematiannya. Suaminya adalah Kaisar Ming dari Han.

Latar belakang keluarga dan pernikahan untuk Putra Mahkota Zhuang[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 40, akhirnya Permaisuri Ma lahir dari Jenderal Kaisar Guangwu, Ma Yuan, yang dikenal karena ekspedisinya melawan pemberontakan Vietnam dan desakannya tentang kehidupan pribadi, dan istrinya, Lady Lin (藺夫人). Ma adalah seorang Markis, dan Lady Ma lahir dalam kenyamanan dan kekayaan, sebagai anggota keluarga bangsawan.

Namun pada tahun 49, hal-hal akan berubah. Ma, sementara ekspedisi melawan suku Wulin (di Guizhou timur modern dan barat laut Hunan), meninggal selama kampanye dari wabah, yang juga menewaskan sejumlah besar tentara nya. Setelah kematiannya, wakil Ma, Geng Shu (耿舒), yang tidak setuju dengan strategi Ma ini, dan menantu Kaisar Guangwu Liang Song (梁松), yang memiliki dendam sebelum melawan Ma, salah dituduh banyak kejahatan — yang sebagian besar tidak diketahui kepada kami. Dua tuduhan tertentu yang dikenal adalah bahwa Ma, dengan rute ia mengambil melawan suku Wulin, bertanggung jawab untuk wabah, dan bahwa ia, sementara pada kampanye, menggelapkan mutiara dan cula badak. (Kemudian tuduhan adalah kesalahpahaman dalam salah satu makanan favorit Ma — yang dianggapnya mampu menangkal wabah — adalah Jali (gandum mutiara Tiongkok), yang diproduksi di Tiongkok selatan dan Vietnam utara, yang Ma diangkut dalam jumlah besar kembali ke ibu kota Luoyang.) Guangwu percaya tuduhan-tuduhan palsu ini dan secara anumerta melucuti gelar Ma dan berkuasa, sehingga mencelakakan keluarga Ma sebagai sumber utama pendapatannya.

Keluarga bangsawan lain mulai memandang rendah keluarga Ma. Lady Ma telah terlibat sebelumnya menikah dengan anak dari keluarga bangsawan lain, Dou. Wangsa Dou mulai memiliki pikiran kedua pernikahan, percaya bahwa Lady Ma tidak lagi layak untuk menikah putra mereka. Sepupu Ma, Ma Yan (馬嚴) dan ibu Lady Lin marah oleh sikap Dou, dan memutuskan untuk memutuskan pertunangan dan menawarkan Lady Ma untuk putra Mahkota Liu Zhuang sebagai permaisuri gantinya.

Sebagai selir untuk putra mahkota[sunting | sunting sumber]

Sebagai permaisuri putra mahkota, Permaisuri Ma digambarkan sangat baik dalam melayani ibu mertuanya, Permaisuri Yin Lihua, dan dia dengan cepat menjadi favorit Ibu Suri. Ia juga ramah dan hangat untuk sesama selirnya, ia juga menjadi favorit Putra Mahkota Zhuang Salah satu kebaikannya dikatakan kesediaannya — memang, keinginan — untuk menemukan wanita cantik yang pantas dalam menunggu Putra Mahkota Zhuang melakukan hubungan seksual dengan, karena pada saat itu Putra Mahkota Zhuang Tidak memiliki banyak putra—sesuatu yang mungkin dianggap tidak biasa di zaman modern tetapi dianggap sebagai kebajikan utama pada saat itu.

Permaisuri Ma sendiri tidak punya anak. Putri kakaknya, Permaisuri Jia, juga permaisuri putra mahkota, dan Selir Jia melahirkan seorang putra bernama Liu Da (劉炟). Putra Mahkota Zhuang menginstruksikan Selir Ma untuk mengadopsi Pangeran Da sebagai putranya dan dia melakukannya, Dia membesarkannya dengan sangat hati-hati dan penuh cinta sehingga dia tidak pernah bertemu siapa pun selain dia sebagai ibundanya.

Sebagai permaisuri[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 57, Kaisar Guangwu meninggal, dan Putra Mahkota Zhuang naik takhta sebagai Kaisar Ming, Selir Ma menjadi permaisuri kekaisaran. Pada tahun 60, ia mengangkatnya menjadi permaisurinya dan menjadikan Pangeran Da putra mahkota.

Sebagai permaisuri, Permaisuri Ma digambarkan sebagai orang yang rendah hati dan khusyuk, dan dia suka membaca. Dia sering mengenakan sutra putih yang tidak terlalu mahal tanpa desain yang rumit. Para permaisuri dan putri kekaisaran semua terkejut oleh betapa berharganya dia namun terkesan olehnya. Tentu saja ketika dia tidak bisa membuat keputusan dengan cepat, dia akan menganalisis isu-isu itu dengan hati-hati dan memberikan saran yang baik. Satu hal yang digambarkannya tidak pernah dilakukan adalah meminta bantuan untuk saudara dan sepupunya. Dari ini, Kaisar Ming terus menghormati dan mencintainya.

Pada tahun 71, ketika penyiksaan massal dan eksekusi dilakukan sebagai akibat dari konspirasi yang dilakukan oleh saudara Kaisar Ming, Liu Ying, Pangeran Chu, Permaisuri Ma menengahi atas nama terdakwa, dan sebagai hasilnya, Kaisar Ming memangkas Dalam upayanya untuk menyingkirkan siapa saja yang mungkin terhubung secara jauh dengan konspirasi.

Pada tahun 72, ketika Kaisar Ming menjadikan putra-putranya pangeran, dia memberi mereka kerajaan yang relatif kecil, Permaisuri Ma keberatan - dia tidak mengerti mengapa kerajaan-kerajaan ini hanya setengah sebesar yang diperuntukkan bagi putra-putra Kaisar Guangwu. Kaisar Ming menjawab bahwa tentu saja putranya Tidak dapat dibandingkan dengan putra-putranya - jawaban yang akan diingat dan disetujui olehnya.

Pada tahun 75, Kaisar Ming meninggal, dan Putra Mahkota Da naik takhta sebagai Kaisar Zhang, Permaisuri Ma menjadi janda permaisuri.

Sebagai ibu suri[sunting | sunting sumber]

Ibu Suri Ma terus dikenal karena kerendahan hatinya dan penilaian yang baik sebagai janda permaisuri, Kaisar Zhang, yang dekat dengan pamandanya – saudara-saudara Janda Permaisuri Ma Bu Liao (馬廖), Ma Fang (馬防), dan Ma Guang (馬光) – ingin mempromosikannya dengan cepat, tetapi Ibunda Permaisuri Ma tidak mendesaknya. Mereka semua menjadi pejabat istana yang penting, tetapi pada tahun 77, ketika Kaisar Zhang ingin menciptakan pamannya, permaisuri Ma menolak, dan mengeluarkan dekrit yang menyatakan bahwa – seperti yang telah dikatakan Kaisar Ming bahwa putranya tidak bisa dibandingkan dengan putra-putra ayahandanya – Ma tidak bisa membandingkan dengan Yin dan Guo (keluarga permaisuri Kaisar Guangwu yang pertama Guo Shengtong). Dia lebih lanjut memerintahkan sekretariat lokal untuk tidak menerima permintaan yang tidak pantas dari keluarga Ma. Ma atau keluarga terkait lainnya yang hidup dengan gembira, Ibu Suri Ma akan menghapus nama mereka dari gulungan para bangsawan dan mengasingkan mereka.

Ibu Suri Ma juga mendirikan pabrik tekstil dan kebun murbei untuk ulat sutera, yang menjadi industri yang cukup produktif untuk rumah tangga kaisar. Di waktu luangnya, ia sering mendiskusikan masalah-masalah penting negara dengan Kaisar Zhang dan mengajari anak-anaknya Konfusianisme klasik – terutama Analek Konfusius.

Pada tahun 79, atas permohonannya, Kaisar Zhang menciptakan paman-pamannya, tetapi di bawah tekanan janda permaisuri, para markis baru, setelah permintaan mereka untuk menolak pemakaman ditolak oleh Kaisar Zhang, mengundurkan diri dari jabatan pemerintah mereka.

Belakangan tahun itu, Ibu Suri Ma meninggal, ia dimakamkan bersama suaminya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ 兩千年中西曆轉換
Keluarga Aisin Gioro
Didahului oleh:
Yin Lihua
Permaisuri Dinasti Han Timur
60–75
Diteruskan oleh:
Permaisuri Dou