Lukisan Dorian Gray

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lukisan Dorian Gray
Lippincott doriangray.jpg
Kisah ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1890 di Majalah Bulanan Lippincott.
PengarangOscar Wilde
BahasaInggris
GenreFiksi filosofis, sastra dekaden
Diterbitkan1890 Lippincott's Monthly Magazine
Jenis mediaPrint
OCLC53071567
823/.8 22
LCCPR5819.A2 M543 2003
TeksLukisan Dorian Gray di Wikisource

Lukisan Dorian Gray adalah sebuah novel filosofis karangan Oscar Wilde. Versi novel yang lebih pendek diterbitkan dalam edisi Juli 1890 dari majalah Amerika, Lippincott's Monthly Magazine.[1][2] Wilde kemudian mengembangkan teks itu menjadi sebuah novel yang diterbitkan sebagai buku pada April 1891.

Ceritanya berkisar pada potret dari Dorian Gray karya Basil Hallward, seorang seniman yang terkesan dan tergila-gila dengan keindahan Dorian. Melalui Basil, Dorian bertemu Lord Henry Wotton, dan dia segera terpesona oleh pandangan dunia hedonistik aristokrat: bahwa keindahan dan kepuasan sensual adalah satu-satunya hal yang layak dikejar dalam hidup. Baru memahami bahwa kecantikannya akan memudar, Dorian mengungkapkan keinginan untuk menjual jiwanya, untuk memastikan bahwa gambarnya, bukan dia, akan menua dan memudar. Keinginan itu dikabulkan, dan Dorian menjalani kehidupan libertine dengan berbagai pengalaman amoral sambil tetap muda dan cantik; sementara itu, potretnya menua dan mencatat setiap dosa Dorian.[3]

Satu-satunya novel Wilde, menjadi subyek banyak kontroversi dan kritik pada masanya tetapi telah diakui sebagai klasik sastra gothic.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ The Picture of Dorian Gray (Penguin Classics) – Introduction
  2. ^ McCrum, Robert (March 24, 2014). "The 100 best novels: No 27 – The Picture of Dorian Gray by Oscar Wilde (1891)". The Guardian. Diakses tanggal 2018-08-11. 
  3. ^ The Picture of Dorian Gray (Project Gutenberg 20-chapter version), line 3479 et seq. in plain text (Chapter VII).

Pranala luar[sunting | sunting sumber]