Louis dari Battenberg

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Laksamana Armada Aleksander Louis Mountbatten, Markis Pertama Milford Haven, GCBGCVOKCMGPC (24 Mei 1854 – 11 September 1921), sebelumnya Pangeran Louis Aleksander dari Battenberg, merupakan seorang perwira angkatan laut Inggris dan pangeran Jerman yang berkaitan dengan anggota Keluarga Kerajaan Inggris.

Meskipun lahir di Austria, dan dibesarkan di Italia dan Jerman, ia mendaftarkan diri di Angkatan Laut Inggris pada usia empat belas tahun. Ratu Victoria dan putranya Raja Edward VII, saat Pangeran Wales, kadang-kadang turun tangan dalam kariernya: Ratu berpikir bahwa ada "keyakinan bahwa Angkatan Laut takut untuk mempromosikan Petugas yang merupakan Pangeran karena serangan radikal dari makalah rendah dan orang-orang keji".[1] Namun, Louis menyambut baik tugas yang memberi kesempatan kepadanya untuk memperoleh keterampilan perang dan untuk menunjukkan kepada atasannya bahwa ia serius tentang karier angkatan lautnya. Tulisan tentang yacht kerajaan dan wisata yang diatur oleh Ratu dan Edward benar-benar menghambat kemajuannya, karena promosinya dianggap sebagai kebaikan kerajaan yang tidak patut.[2]

Setelah karier angkatan laut berlangsung lebih dari empat puluh tahun, pada tahun 1912 ia diangkat sebagai Lord Laut Pertama, kepala profesional dinas angkatan laut Inggris. Dengan Perang Dunia I yang menjulang, ia mengambil langkah untuk mempersiapkan armada Inggris untuk berperang, namun latar belakangnya sebagai seorang pangeran Jerman memaksanya pensiun setelah perang dimulai, saat sentimen anti-Jerman meningkat. Ia mengubah namanya dan melepaskan gelar-gelar Jermannya, atas perintah Raja George V, pada tahun 1917.

Ia menikahi seorang cucu Ratu Victoria, dan ayahanda Louis Mountbatten, Earl Pertama Mountbatten dari Burma, yang juga menjabat sebagai Lord Laut Pertama dari tahun 1954 hingga tahun 1959. Dia adalah kakek Pangeran Philip, Adipati Edinburgh, pendamping Ratu Elizabeth II.

Pangeran Louis difoto oleh Carl Backofen di Darmstadt, 1869
HMS Agincourt, skt. 1878
Pangeran Louis difoto oleh Elliott & Fry di London, 1884

Catatan dan sumber[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Queen Victoria to First Lord of the Admiralty Lord George Hamilton, 5 September 1891, quoted in Hough, Richard (1984), Louis and Victoria: The Family History of the Mountbattens. Second edition, London: Weidenfeld and Nicolson, hlm. 171, ISBN 0-297-78470-6  More than one of |author-link=, |author-link=, dan |authorlink= specified (bantuan); More than one of |ISBN= dan |isbn= specified (bantuan)
  2. ^ Hough, p. 173

Pranala luar[sunting | sunting sumber]