Lotario II dari Italia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Lotario II (926/8 – 22 November 950), kerap disebut Lotario dari Arles, merupakan seorang Raja Italia dari tahun 948 sampai kematiannya.[1] Ia adalah bangsawan Franka dari anggota keluarga Wangsa Bosonid, keturunan Boso yang Lebih Tua. Ayahanda dan pendahulunya adalah Hugues dari Provence dan ibundanya adalah seorang Putri Jerman yang bernama Alda (atau Hilda), cicit Lothaire II, Raja Lotharingia.

Meskipun ia memegang gelar rex Italiae, ia tidak pernah mendapatkan kekuasaan disana. Ia dijodohkan pada tahun 931 dan menikah pada tanggal 12 Desember 947, dengan Adélaïde yang berusia 15 tahun,[2] putri Rodolphe II dari Bourgogne dan Berta dari Swabia yang penuh semangat dan cerdas.

Pernikahan mereka adalah bagian dari penyelesaian politik yang dirancang untuk menyimpulkan sebuah perdamaian di antara ayahanda kedua belah pihak.[3] Pasangan tersebut memiliki seorang putri yang bernama Emma, yang lahir pada awal tahun 948, yang menikah pada tahun 966 dengan anggota keluarga Wangsa Karoling, Lothaire dari Prancis.

Kekuasaan Lotario di Italia nominal. Sejak masa pemberontakan para bangsawan yang berhasil pada tahun 945, ketika Hugues dipaksa kepengasingan, Berengar dari Ivrea menyimpan seluruh kekuasaan sebenarnya dan perlindungan di dalam tangannya. Lotario meninggal di Torino, diduga diracuni oleh Berengar, yang berupaya untuk mengukuhkan kekuasaan politik serapannya di Lombardia dengan memaksa janda Lotario menikah dengan putranya Adalbert. Sebaliknya ia meminta suaka Otto I dari Jerman, yang ia nikahi.

Tokoh Lotario secara singkat tampil di dalam vita Adelaide yang ditulis oleh Hroswitha dari Gandersheim.

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ He was co-king with his father from 931.
  2. ^ Odilo of Cluny gives her age at her marriage as "in her sixteenth year."
  3. ^ In 933, Hugh of Arles had given up his kingdom (Provence) to his inveterate enemy Rudolf II, who merged the two kingdoms into a new Kingdom of Arles, but died in 937.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Hugues
Raja Italia
948–950
Diteruskan oleh:
Berengario II