Emma dari Italia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Emma dari Italia
Permaisuri Frankia Barat
Periode965–986
Lahirskt. 948
DinastiWangsa Karoling
AyahLotario II dari Italia
IbuAdelheid
PasanganLothaire
AnakLouis V

Emma dari Italia (Emma d'Italie; lahir sekitar tahun 948) merupakan seorang Ratu Francia Barat sebagai istri Raja Lothaire, yang menikah dengannya pada tahun 965. Putra mereka, Louis V, merupakan raja Karolingia terakhir.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Lahir pada sekitar tahun 948, Emma merupakan putri tunggal Lotario II dari Italia[1] dan Ratu Adelheid dari Italia.[2] Ayahandanya diracuni pada tahun 950 oleh saingan politiknya, Berengario II dari Ivrea. Berengario berusaha untuk menikahkan ibunda Emma, yang memiliki hak waris kerajaan, dengan putranya sendiri; ia menolak pernikahan tersebut dan sebaliknya menikah dengan Otto I, Kaisar Romawi Suci, dengan siapa ia memiliki Otto II.

Pada tahun 977, Ratu Emma dituduh oleh saudara iparnya, Adipati Charles dari Lorraine Hilir, berzinah dengan Adalberon dari Laon. Ratu dan uskup dibebaskan oleh Sinode Sainte-Macre, yang dipimpin oleh Adalberon, Uskup Agung Rheims, dan Charles terpaksa melarikan diri dari Francia Barat. Emma, untuk memastikan suksesi putranya, kemudian membujuk Lothaire untuk menobatkannya sebagai rekan raja; Lothaire melakukannya namun menolak untuk memberinya kekuasaan penuh.

Pernikahan Emma dengan Lothaire ditandai oleh permusuhan antara suami dan suadara tirinya, Otto II, yang masing-masing menyerang wilayah-wilayah lain, dan berusaha untuk mendestabilisasikan satu sama lain, seringkali melalui perantara saudara Lothaire, Charles (yang sebagai Adipati Lorraine Hilir seorang vasal Kaisar). Namun pada tahun-tahun terakhir pernikahan mereka, dari tahun 980 dan seterusnya, terjadi perdamaian di antara Lothaire dan iparnya; ketika Otto II meninggal, ia bahkan maju sebagai wali Kaisar muda.

Lothaire meninggal pada tanggal 2 Maret 986, dan putra mereka Louis menjadi raja. Namun ia segera mengusir Emma dan Uskup Ascelin dari istana, menuduh mereka telah meracuni Lothaire. Louis kemudian meninggal pada tanggal 22 Mei 987 tanpa keturunan. Pada bulan-bulan berikutnya, saudara iparnya Charles merebut ibu kota kerajaan, Laon dan mengumumkan dirinya sebagai raja; Hugues Capet, Adipati Franka, terpilih dan dinobatkan sebagai raja oleh agensi Adalberon pada tanggal 3 Juli 987. Di dalam sebuah konflik, Ascelin mengkhianati Charles demi Hugues Capet, yang akibatnya Karoling terakhir dipenjara di Orleans.

Tindakan Emma setelah kematian putranya tidak jelas; ia diyakini telah meninggal di sebuah biara di Bourgogne atau menikah dengan Adipati Boleslav II (identik dengan Emma dari Mělník) dan mungkin memiliki seorang putra yang bernama Oldřich.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jean-Charles Volkmann. Bien Connaître les généalogies des rois de France. ISBN 2-87747-208-6.
  2. ^ Gallick, Sarah (2009). The big book of women saints. Pymble, NSW: HarperCollins e-books. ISBN 0061956562.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Prancis
Didahului oleh:
Gerberga dari Sachsen
Permaisuri Francia Barat
965–986
Menjabat bersama dengan: Adelaide dari Anjou (982–984)
Diteruskan oleh:
Adélaïde dari Aquitaine