Lois Maxwell

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Lois Maxwell
Lois Maxwell in That Hagen Girl trailer.jpg
Lahir Lois Hooker[1]
Nama lain Lois Maxwell-Marriott
Tinggi 173 cm (5 ft 8 in)
Suami/istri Peter Churchill Marriott
Anak Melinda (lahir tahun 1958)
Christian (lahir tahun 1959)

Lois Maxwell (lahir di Kitchener, Ontario, Kanada, 14 Februari 1927 – meninggal di Perth, Australia Barat, Australia, 29 September 2007 pada umur 80 tahun[1]) adalah aktris Kanada pemenang penghargaan Golden Globe yang terkenal sebagai Miss Moneypenny dalam film-film James Bond. Maxwell membintangi 14 film James Bond, dimulai dari Dr. No (1962) hingga A View To A Kill (1985). Penggantinya sebagai Miss Moneypenny adalah Caroline Bliss dan kemudian Samantha Bond.

Nama kecilnya adalah Lois Hooker, dilahirkan di Kitchener, Ontario dari ayah seorang guru dan ibu seorang perawat. Keinginannya ikut serta dalam Perang Dunia II menyebabkan Maxwell yang waktu itu berusia 15 tahun, kabur dari rumah untuk bergabung dengan Royal Canadian Army. Ia terdaftar sebagai prajurit, tetapi segera dipindahkan ke Korps Pertunjukan Angkatan Darat. Bersama kelompoknya, Maxwell berkeliling Eropa menghibur prajurit dengan musik dan tari. Ketika grupnya sampai di Inggris, Maxwell ketahuan masih di bawah umur. Setelah terancam dideportasi ke Kanada, Maxwell mendaftarkan dirinya ke Royal Academy of Dramatic Arts untuk belajar seni peran

Ketika sedang berjalan-jalan ke Holywood, Maxwell tahun mendapat tawaran main film sebagai figuran dalam film A Matter of Life and Death (1946). Perannya dalam film komedi That Hagen Girl yang dibintangi Ronald Reagan dan Shirley Temple membawanya Aktris Pendatang Terbaik tahun 1947 versi Golden Globe. Setelah memenangi Golden Globe, Maxwell hanya kebagian peran-peran kecil, termasuk dalam film Crime Doctor's Diary (1949).

Pada tahun 1949, majalah foto Life memotretnya bersama Marilyn Monroe yang waktu itu masih pendatang baru. Selain itu, Maxwell sempat tampil sebagai bintang tamu film seri The Baron dalam episode "Something for a rainy day". Perannya adalah sebagai Charlotte Russell, seorang penyidik asuransi.

Setelah selesai bekerja di Hollywood, Maxwell kembali ke Eropa dan tinggal di Roma dari tahun 1950 hingga 1955. Di Italia, Maxwell bermain dalam sejumlah film, seperti Domani è troppo tardi (Tomorrow Is Too Late, 1949), dan sempat menjadi wanita pembalap amatir. Sewaktu berwisata ke Paris, Maxwell bertemu Peter Marriott, seorang pejabat eksekutif stasiun televisi. Keduanya menikah tahun 1957 dan pindah ke London. Maxwell dikaruniai dua orang anak yang juga lahir di London, Melinda (perempuan, lahir tahun 1958) dan Christian (laki-laki, lahir tahun 1959).

Pada tahun 1962, Maxwell mulai berperan sebagai Miss Moneypenny dalam film James Bond Dr. No. Maxwell tampil dalam film yang dibintangi Roger Moore sebanyak 7 kali, 6 kali bersama Sean Connery, dan sekali bersama George Lazenby. Selain itu di layar televisi, Miss Moneypenny juga diperankannya dalam film dokumenter Welcome to Japan, Mr. Bond (1967) yang dibuat untuk promosi film You Only Live Twice.

Sepanjang tahun 1960-an, Maxwell juga sering bermain dalam berbagai film seri televisi dan film layar lebar di Inggris dan Kanada. Dari tahun 1970 hingga 1971, Maxwell bermain dalam film seri produksi Kanada, Adventures in Rainbow Country. Dalam dua film seri yang dibintangi Roger Moore, The Saint (dua episode) dan The Persuaders! (satu episode), Maxwell tampil sebagai bintang tamu. Selain sebagai bintang film, Maxwell juga bekerja sebagai pengisi suara, termasuk tokoh Atlanta dalam film seri anak Stingray produksi tahun 1963.

Pada tahun 1973, suaminya meninggal dunia setelah menderita sakit jantung sejak awal tahun 1960-an. Maxwell kembali ke Kanada, dan tinggal di Toronto. Di sana, Maxwell bekerja sebagai kolomnis harian Toronto Sun dengan nama pena Miss Moneypenney. Selain itu, Maxwell menjadi wanita pengusaha di bidang industri tekstil. Pada tahun 1994, Maxwell pulang ke Inggris agar dekat dengan anak perempuannya. Sebuah rumah peristirahatan di desa Frome, Somerset menjadi tempatnya kediamannya.

Pindah ke Australia[sunting | sunting sumber]

Beberapa tahun kemudian, Maxwell diketahui menderita kanker usus besar. Setelah dioperasi pada tahun 2001, Maxwell pindah ke Perth, Australia Barat untuk tinggal dengan keluarga anak laki-lakinya. Film terakhirnya adalah The Fourth Angel bersama Jeremy Irons dan Jason Priestley. Pada tanggal 29 September 2007, Lois Maxwell, 80 tahun, meninggal dunia di Rumah Sakit Fremantle.

Roger Moore adalah teman lama Maxwell sejak masih sama-sama belajar di Royal Academy of Dramatic Art pada tahun 1944. Moore dalam komentarnya di BBC Radio 5 Live berkata dirinya sangat terkejut mengetahui Maxwell meninggal dunia. Mengenai akting Maxwell sebagai Miss Moneypenny, Moore menambahkan, "Ia selalu ceria dan saya sangat senang bermain bersamanya. Aktingnya sangat sempurna. Sayang, setelah saya tidak lagu memerankan James Bond, mereka tidak mengajaknya dalam film yang dibintangi Timothy Dalton. Saya rasa juga sangat mengecewakan dia tidak dicalonkan untuk memerankan M. Ia mungkin bisa menjadi pemeran M yang luar biasa."[1]

Filmografi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c "Bond star Lois Maxwell dies at 80". BBC News. 2007-09-30. Diakses tanggal 2007-09-30. 
  • Lisanti, Tom (2002). Film Fatales: Women in Espionage Films and Television, 1962-1973. McFarland. ISBN 0-7864-1194-5. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]


Didahului oleh
-
Miss Moneypenny
1962 - 1985
Dilanjutkan oleh
Caroline Bliss
1987 - 1989