Jaringan area lokal

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Local Area Network)
Diagram konseptual dari jaringan area lokal menggunakan topologi jejaring bus.

Jaringan area lokal atau jejaring area setempat (Inggris: local area network, LAN) adalah jejaringan komputer yang menyambungkan komputer dalam area terbatas seperti tempat tinggal, sekolah, laboratorium, kampus universitas, atau gedung kantor. Sebaliknya, jejaringan area luas (WAN) tidak hanya mencakup jarak geografis yang lebih besar, tetapi juga umumnya melibatkan rangkaian telekomunikasi sewaan.

Ethernet dan Wi-Fi adalah dua teknologi paling umum yang digunakan untuk jaringan area lokal. Teknologi jaringan historis termasuk ARCNET, Token ring, dan AppleTalk.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Meningkatnya permintaan dan penggunaan komputer di universitas dan laboratorium penelitian pada akhir 1960-an menghasilkan kebutuhan untuk menyediakan interkoneksi kecepatan tinggi antara sistem komputer. Sebuah laporan tahun 1970 dari Laboratorium Radiasi Lawrence yang merinci pertumbuhan jaringan "Gurita" mereka memberikan indikasi yang baik tentang situasi tersebut.[1]

Perkembangan dan proliferasi komputer pribadi menggunakan sistem operasi CP/M pada akhir 1970-an. Cambridge Ring mulai dikembangkan di Universitas Cambridge sejak tahun 1974.[2] Sistem berbasis DOS dimulai pada 1981, berarti bahwa banyak situs tumbuh hingga puluhan atau bahkan ratusan komputer. Kekuatan pendorong awal untuk jaringan adalah berbagi penyimpanan dan printer, yang keduanya mahal pada saat itu. Ada banyak antusiasme untuk konsep ini, dan selama beberapa tahun, dari sekitar tahun 1983 dan seterusnya, para pakar industri komputer akan secara teratur mendeklarasikan tahun yang akan datang sebagai, "Tahun LAN".[3]

Pada tahun 1983, TCP / IP pertama kali ditampilkan mampu mendukung aplikasi departemen pertahanan yang sebenarnya pada tes bed LAN Badan Komunikasi Pertahanan yang terletak di Reston, Virginia.[4][5] LAN berbasis TCP/IP berhasil mendukung aplikasi telekonferensi Telnet, FTP, dan Departemen Pertahanan.[6]

Selama periode yang sama, workstation Unix menggunakan jaringan TCP/IP. Meskipun segmen pasar ini sekarang jauh berkurang, teknologi yang dikembangkan di bidang ini terus berpengaruh di Internet dan di jaringan Linux dan Apple Mac OS X — dan protokol TCP/IP telah menggantikan IPX, AppleTalk, NBF, dan protokol lainnya. digunakan oleh LAN PC awal.

Pengkabelan[sunting | sunting sumber]

Ethernet awal (10BASE-5 dan 10BASE-2) menggunakan kabel koaksial. Twisted pair terlindung digunakan dalam implementasi IBM Token Ring LAN. Pada tahun 1984, StarLAN menunjukkan potensi unshielded twisted pair sederhana dengan menggunakan kabel kategori 3---kabel yang sama digunakan untuk sistem telepon. Ini mengarah pada pengembangan 10BASE-T (dan penerusnya twisted-pairnya) dan pemasangan kabel terstruktur yang masih menjadi dasar dari kebanyakan LAN komersial saat ini.

Sementara kabel serat optik biasa digunakan untuk tautan antar switch jaringan, penggunaan serat ke desktop jarang terjadi.[7]

Media nirkabel[sunting | sunting sumber]

Dalam LAN nirkabel, pengguna memiliki gerakan tidak terbatas dalam area jangkauan. Jaringan nirkabel telah menjadi populer di tempat tinggal dan usaha kecil, karena kemudahan pemasangannya. Sebagian besar LAN nirkabel menggunakan Wi-Fi karena terintegrasi ke dalam ponsel cerdas, komputer tablet, dan laptop. Para tamu sering ditawari akses Internet melalui layanan hotspot.

Aspek teknik[sunting | sunting sumber]

Topologi jaringan menjelaskan tata letak interkoneksi antara perangkat dan segmen jaringan. Pada Lapisan tautan data dan lapisan fisik, berbagai topologi LAN telah digunakan, termasuk ring, bus, mesh dan star.

LAN sederhana umumnya terdiri dari pemasangan kabel dan satu atau lebih switch. Switch dapat dihubungkan ke router, modem kabel, atau modem ADSL untuk akses Internet. LAN dapat mencakup beragam perangkat jaringan lain seperti firewall, penyeimbang muatan, dan deteksi intrusi jaringan.[8] LAN tingkat lanjut ditandai dengan penggunaan tautan redundan dengan sakelar yang menggunakan protokol spanning tree untuk mencegah loop, kemampuannya mengelola berbagai jenis lalu lintas melalui quality of service (QoS), dan kemampuannya untuk memisahkan lalu lintas dengan VLAN.

Pada lapisan jaringan yang lebih tinggi, protokol seperti NetBIOS, IPX/SPX, AppleTalk dan lain-lain dulunya umum, tetapi paket protokol Internet (TCP / IP) telah berlaku sebagai standar pilihan.

LAN dapat mempertahankan koneksi dengan LAN lain melalui leased line, layanan leased, atau melintasi Internet menggunakan teknologi jaringan pribadi virtual. Tergantung pada bagaimana koneksi dibuat dan diamankan, dan jarak yang terlibat, LAN terkait seperti itu juga dapat diklasifikasikan sebagai metropolitan area network (MAN) atau jaringan area luas (WAN).

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "OCTOPUS: THE LAWRENCE RADIATION LABORATORY NETWORK". web.archive.org. 2011-07-06. Archived from the original on 2011-07-06. Diakses tanggal 2020-08-01. 
  2. ^ "A brief informal history of the Computer Laboratory". University of Cambridge. 20 December 2001. Diarsipkan dari versi asli tanggal 13 November 2010. 
  3. ^ "Java Quotes in 1999". www.ibiblio.org. Diakses tanggal 2020-08-01. 
  4. ^ Scott, W. Ross (1984-05-01), "Updated Local Area Network Demonstration Plan." (U) MITRE Corporation Working Paper No. WP83W00222R1.
  5. ^ Havard (II.), Richard (17 June 1986). MITRENET: A Testbed Local Area Network at DTNSRDC. Ft. Belvoir Defense Technical Information Center: Defense Technical Information Center. hlm. i. 
  6. ^ Scott, W. Ross; Cavedo, Robert F. (1984-09-01), "Local Area Network Demonstration Procedures." (U) MITRE Corporation Working Paper No. WP83W00595.
  7. ^ "Big pipe on campus: Ohio institutions implement a 10-Gigabit Ethernet switched-fiber backbone to enable high-speed desktop applications over UTP copper.(Cover Story) - Communications News | HighBeam Research". web.archive.org. 2016-09-10. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-09-10. Diakses tanggal 2020-08-01. 
  8. ^ "Networkbits". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2009-12-12. Diakses tanggal 2020-08-01. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]