Jaringan area luas

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Jaringan area luas (bahasa Inggris: wide area network; WAN) merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan area lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.

Manfaat Jaringan WAN[sunting | sunting sumber]

Manfaat dari penggunaan jaringan WAN adalah meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam sebuah organisasi atau perusahaan yang memiliki jaringan LAN di beberapa lokasi. Karyawan dapat dengan mudah mengakses informasi dan berbagi sumber daya seperti printer, scanner, dan file secara cepat dan mudah, meskipun jaringan LAN yang terhubung berada di lokasi yang berbeda. [1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]


  1. ^ Eka, Meilina (2023-04-17). "Jaringan WAN: Pengertian, Manfaat, dan Tantangan Penggunaannya". Direktorat pusat informasi dan teknologi telkom university. Diakses tanggal 2023-08-16.