Liga Ionia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Daerah-daerah Yunani Kuno di Anatolia: Daerah suku Ionia diarsir berwarna hijau

Liga Ionia (bahasa Yunani Kuno: Ἴωνες, translit. Íōnes; κοινὸν Ἰώνων, koinón Iōnōn; atau κοινὴ σύνοδος Ἰώνων, koinē sýnodos Iōnōn), juga disebut Liga Panionia, adalah konfederasi yang dibentuk pada akhir Perang Melia pada pertengahan abad ke-7 SM yang terdiri dari dua belas negara kota Yunani Ionia (sebuah dodekapolis, di antaranya terdapat banyak lainnya). Persatuan negara-kota paling awal di wilayah tersebut adalah Liga Ionia.[1]

Penjelasan[sunting | sunting sumber]

Bagian dari seri artikel mengenai
Sejarah Yunani
Peta Yunani
Zaman Perunggu Yunani
Peradaban Aegea
Peradaban Helladik
Peradaban Kikladik
Peradaban Minoa
Peradaban Mykenai
Yunani Kuno
Zaman Kegelapan Yunani
Yunani Arkais
Yunani Klasik
Yunani Helenistik
Yunani Romawi
Yunani Abad Pertengahan
Yunani Bizantium
Negara Frank dan Latin
Yunani Utsmaniyah
Yunani modern
Perang Kemerdekaan
Kerajaan Yunani
Republik Yunani Kedua
Rezim 4 Agustus
Pendudukan Axis
Perang Saudara
Junta Militer
Republik Yunani Ketiga
Sejarah menurut topik
Seni · Konstitusi · Ekonomi · Militer · Nama

 v • d • e 

Dua belas negara kota kuno dicantumkan oleh Herodotos sebagai:[2]

Setelah tahun 650 SM, Smirna, sebuah kota berdialek Aiolia awalnya berbatasan dengan Ionia, diundang untuk mengurangi pengaruh Aiolis dan meningkatkan pengaruh Ionia dengan bergabung dengan liga ini, dan berhasil.

Salah satu sumber sejarah paling awal yang diketahui, Historiai oleh Herodotos, dan prasasti-prasasti awal merujuk pada badan hukum yang biasanya diterjemahkan oleh "liga" sebagai "suku Ionia" dalam pengertian khusus kota-kota yang tergabung di dalamnya. Oleh karena itu seseorang membaca tentang kota, dewan atau keputusan "orang Ionia". Para penulis dan beberapa naskah pada Periode Helenistik secara jelas menggunakan istilah koinon ("hal umum") atau synodos ("sinode") suku Ionia, dan dengan anakronisme menerapkannya pada liga awal ketika menyebutkannya.

Liga dibubarkan beberapa kali dan disusun kembali beberapa kali dan di antara kekuatan sebenarnya bervariasi. Di bawah Kekaisaran Romawi diizinkan untuk mengeluarkan mata uangnya sendiri dengan nama koinon Iōnōn di satu sisi dengan wajah kaisar di sisi lain.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Recent Finds in Archaeology: Panionion Sanctuary Discovered in Southwest Turkey". Athena Review. 4 (2): 10–11. 2005. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-03-23. Diakses tanggal 2008-02-02. 
  2. ^ Herodotus. The Histories, 1.142.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]