Lennart Johansson

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Lennart Johansson (lahir di Stockholm, Swedia, 5 November 1929; umur 87 tahun) adalah presiden UEFA, dari 1990 hingga 2007.

Lahir di Swedia, Johansson hidup di Stockholm dan merupakan presiden dari klub lokal AIK's hingga ia turun pada 2005. Tetapi ia memulai sebagai pemimpin dari AIK Bandy[1] sebagai upaya untuk mempromosikan bandy sebagai olahraga Olympic. Pada April 2005 dia dipilih kembali untuk dua tahun lamanya sebagai presiden UEFA, dan mengumumkan bahwa dia akan terpilih lagi untuk empat tahun kedepan[2]. Namun, dia kalah pada pemilihan pemimpin UEFA pada 26 Januari 2007 terhadap Michel Platini.

Saat menjadi presiden UEFA, Johansson membuat komentar kontroversial kepada komentator BBC Radio Five Live, Jacqui Oatley pada Kejuaraan Wanita UEFA 2005, saat ia memberikan sugesti saat mensponsori sepak bola wanita: "Companies would make use of a sweaty, lovely looking girl playing on the ground, with the rainy weather. It would sell."[3]. Komentar tersebut ditertawakan tetapi Johansson menolak seksisme. Pada Januari 2005 dia mengkritik presiden FIFA Sepp Blatter, setelah dia memanggil wanita untuk memakai celana ketat.[4]

Johansson juga merupakan wakil presiden dari FIFA, dan pada 1998 dia juga merupakan kandidat João Havelange asal Brasil sebagai presiden organisasi, tetapi dikalahkan oleh Sepp Blatter.

Referensi[sunting | sunting sumber]