Legiun Turkistan (Wehrmacht)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Legiun Turkistan
Turkistanische Legion
Lambang unit
DibentukMay 1942
Negara Uni Soviet
Aliansi Nazi Germany
CabangWehrmacht
Bagian dariWehrmacht
PertempuranPerang Dunia II
Dibubarkan1945

Legiun Turkestan (Jerman: Turkistanische Legion) adalah nama untuk unit militer yang terdiri dari orang-orang Turki yang bertempur di Wehrmacht selama Perang Dunia II . Sebagian besar dari pasukan ini adalah tawanan perang Tentara Merah yang membentuk tujuan bersama dengan Jerman (lih. Kolaborasiisme Turki, Kaukasia, Cossack, dan Krimea dengan kekuatan Poros ). Pembentukannya dipelopori oleh Nuri Killigil, seorang ahli teori Pan-Turkisme Turki, yang berusaha memisahkan wilayah yang dihuni oleh orang-orang Turki dari negara mereka dan akhirnya menyatukan mereka di bawah kekuasaan Turki.

Relawan Turkmenistan di Prancis.

Meskipun orang-orang Turki pada awalnya dianggap " secara rasial lebih rendah " oleh Nazi, sikap ini secara resmi telah berubah pada musim gugur 1941, ketika, mengingat kesulitan yang dihadapi dalam invasi mereka ke Uni Soviet, Nazi berusaha memanfaatkan sentimen nasionalis dari Orang-orang Turki di Uni Soviet untuk keuntungan politik.

Legiun Turkestan pertama dimobilisasi pada Mei 1942, awalnya hanya terdiri dari satu batalyon tetapi diperluas menjadi 16 batalyon dan 16.000 tentara pada tahun 1943. Di bawah komando Wehrmacht, unit-unit ini dikerahkan secara eksklusif di Front Barat di Prancis dan Italia, mengisolasi mereka dari Tentara Merah.

Batalyon Legiun Turkestan membentuk bagian dari Divisi Infanteri ke-162 dan melihat banyak aksi di Yugoslavia yang diduduki Poros (terutama Kroasia modern) dan Italia.

Sebagian besar Legiun Turkestan akhirnya dipenjarakan oleh pasukan Inggris dan dipulangkan ke Uni Soviet setelah perang berakhir, di mana mereka akan menghadapi eksekusi atau penahanan oleh pemerintah Soviet karena telah bekerja sama dengan Nazi. Anggota legiun yang terkenal termasuk Baymirza Hayit, seorang Turkologist yang setelah perang menetap di Jerman Barat dan menjadi advokat untuk tujuan politik Pan-Turki.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]