Badan Legislatif Negara Bagian Hawaii

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Legislatur Negara Bagian Hawaii
Coat of arms or logo
Jenis
Jenis
Bicameral
MajelisSenat
Dewan Perwakilan
Sejarah
Sesi baru dimulai
21 Januari 2015
Pimpinan
Donna Mercado Kim, (D)
sejak 28 Desember 2012
Joseph M. Souki, (D)
sejak 16 Januari 2013
Komposisi
AnggotaTotal 76
25 senator
51 perwakilan
Partai & kursi
Partai Demokrat
Partai Republik
Pemilihan
Pemilihan terakhir
4 November 2014
Pemilihan berikutnya
8 November 2016
Tempat bersidang
Hawaii State Capitol
Honolulu, Hawaii
Situs web
http://www.capitol.hawaii.gov/
L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Legislatur Negara Bagian Hawaii adalah legislatur negara bagian A.S. Hawaii. Legislatur negara tersebut adalah sebuah badan bicameral yang terdiri dari sebuah dewan rendah, Dewan Perwakilan Negara Bagian Hawaii, dengan 51 perwakilan, dan sebuah dewan tinggi, the 25-member Senat Negara Bagian Hawaii yang beranggotakan 25 orang. Terdapat total 76 perwakilan di legislatur tersebut, yang masing-masing mewakili distrik anggota tunggal di seluruh kepulauan tersebut. Kekuasaan legislatur tersebut diatur dalam Artikel III dari Konstitusi Hawaii. Legislatur tersebut bertugas di gedung Hawaii State Capitol di ibu kota negara bagian Honolulu, di pulau Oahu.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Legislatur tersebut adalah sebuah turunan dari dua dewan parlemen pada Kerajaan Hawaii, Legislatur Kerajaan Hawaii, yang dibentuk dalam konstitusi 1840, yang terdiri dari Dewan Perwakilan dan Dewan Bangsawan. Setelah keruntuhan kerajaan tersebut, pada 1894 legislatur tersebut menjadi badan legislatif Republik Hawaii, dan yang tak lama setelah itu menjadi Teritorial Hawaii.

Anggota dan masa jabatan[sunting | sunting sumber]

51 anggota Dewan tersebut dipilih untuk masa jabatan selama dua tahun tanpa batas-batas masa jabatan. 25 anggota Senat dipilih untuk masa jabatan selama empat tahun, juga tanpa batas-batas masa jabatan. Seperti beberapa legislatur negara bagian lainnya di Amerika Serikat, Legislatur Negara Bagian Hawaii adalah badan paruh waktu dan legilator-legislatornya sering aktif berkarier di luar pemerintahan.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]