Lapulapu

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Lapu-Lapu (atau nama lainnya Kali Pulako, Çilapulapu, atau Cilapulapu) (14911542), adalah seorang datu atau kepala suku dari pulau Mactan di Filipina. Ia dikenal sebagai orang Filipina muslim (Muslim) pertama yang menentang pengaruh kolonial Spanyol, dan kini dianggap sebagai pahlawan nasional Filipina yang pertama.

Pada pagi hari tanggal 27 April 1521, Lapu-Lapu bersama rakyat pulau Mactan, dengan bersenjata tombak dan kampilan (sejenis parang) berperang menghadapi tentara Spanyol yang dipimpin oleh kapten Ferdinand Magellan. Dalam pertempuran yang dikenal sebagai Pertempuran Mactan tersebut, Magellan dan beberapa anak buahnya terbunuh.

Sebagai penghormatan atas keberaniannya, rakyat Cebuano mendirikan patung Lapu-Lapu dan mengganti nama kota Opon di Cebu menjadi Kota Lapu-Lapu. Presiden Filipina, Rodrigo Duterte mendeklarasikan 27 April sebagai Hari Lapu-Lapu.[1] Duterte memberikan penghormatan kepada Lapu-lapu sebagai pahlawan negara pertama yang mengalahkan musuh penjajahan dari luar negeri.

Budaya Populer[sunting | sunting sumber]

Dalam budaya populer, Lapu-Lapu adalah salah satu karakter pahlawan (hero) yang bisa dimainkan di permainan Mobile Legends. Selain itu, karakter Lapu-Lapu juga merupakan salah satu tokoh di film dengan judul yang berasal dari namanya, diproduksi di tahun 1955 dan 2002.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Duterte declares April 27 as Lapu-Lapu Day". Diakses tanggal 2020-08-07.