Lapis Re:Lights

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lapis Re:Lights
ラピスリライツ ~この世界のアイドルは魔法が使える~
(Rapisu Riraitsu: Kono Sekai no Idol wa Mahō ga Tsukaeru)
GenreIdola, mahō shōjo, musik[1][2]
Seri anime
SutradaraHiroyuki Hata
Produser
  • Keisuke Fukunaga
  • Yuuma Oogami
  • Kenjirou Yokoyama
  • Chiaki Tanimoto
  • Jun Kosaka
  • Kenta Motohashi
  • Tomohiro Tanaka
  • Keisuke Kaminaga
  • Jin Qian
Skenario
  • Hajime Asano
  • Kasumi Tsuchida
MusikSatoshi Hōno
StudioYokohama Animation Laboratory
PelisensiFunimation
Saluran
asli
Tokyo MX, BS11, AT-X
Tayang 4 Juli 2020 19 September 2020
Episode12
Manga
PengarangHiroichi
PenerbitASCII Media Works
MajalahDengeki Daioh
DemografiShōnen
Terbit26 Oktober 2019 – sekarang
Volume2
 Portal anime dan manga

Lapis Re:Lights (Jepang: ラピスリライツ ~この世界のアイドルは魔法が使える~, Hepburn: Rapisu Riraitsu: Kono Sekai no Idol wa Mahō ga Tsukaeru) adalah waralaba multimedia Jepang yang dibuat oleh KLab dan Kadokawa Corporation. Waralaba ini menampilkan skenario yang ditulis oleh Hajime Asano dan desain karakter oleh U35. Waralaba ini termasuk permainan ponsel cerdas untuk perangkat Android dan iOS, adaptasi manga karya Hirochi dan Shingo Nagai, novel, perilisan musik dan acara konser.[1][3] Adaptasi seri televisi anime dari waralaba ini diproduksi oleh Yokohama Animation Laboratory dan ditayangkan mulai tanggal 4 Juli hingga tanggal 19 September 2020.

Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Tiara, seorang putri dari kerajaan Waleland, melakukan perjalanan ke kota Mamkestell untuk belajar di sekolah bergengsi bagi mereka yang berlatih sihir seperti dirinya. Setelah lulus ujian untuk membuktikan kelayakannya, Tiara bertemu kembali dengan sahabat masa kecilnya, Rosetta, yang juga seorang siswa di sana. Ia kemudian bergabung dan bertemu dengan kelompok Rosetta: Lavie yang atletis, Ashley yang andal dan Lynette yang kutu buku. Mereka semua cepat berteman dengan Tiara.

Di sekolah ini, para siswa ditempatkan ke dalam salah satu dari tiga peringkat berdasarkan nilai ujian mereka: kelompok Noir menjadi yang tertinggi, disusul oleh kelompok Rouge dan Lapis. Grup Tiara berada di peringkat Lapis, dan jika itu tidak cukup, mereka yang gagal saat peringkat Lapis akan dikeluarkan dari sekolah. Menyadari situasi mereka yang mengerikan, Tiana mendesak semua orang untuk mulai melakukan aktivitas mereka dengan lebih serius.

Selain itu, Tiara memiliki satu tujuan lagi untuk unggul di sekolah, yaitu menjadi lebih baik seperti kakak perempuannya, Eliza, yang merupakan penyanyi yang sangat terampil. Namun, untuk mencapai tahap yang diinginkannya, ia harus mengatasi banyak tantangan bersama dengan teman-temannya saat ia melanjutkan perjalanan magisnya.

Karakter[sunting | sunting sumber]

LiGHTs[sunting | sunting sumber]

Tiara (ティアラ)
Pengisi suara: Yukari Anzai[4]
Seorang putri kerajaan yang datang ke sekolah sihir untuk belajar. Ia menyembunyikan status putri kerajaan dari teman-temannya karena ia ingin memiliki kehidupan sekolah yang normal.
Rosetta (ロゼッタ, Rozetta)
Pengisi suara: Risa Kubota[4]
Sahabat masa kecil Tiara yang juga belajar di sekolah sihir.
Lavie (ラヴィ, Ravi)
Pengisi suara: Live Mukai[4]
Ashley (アシュレイ, Ashurei)
Pengisi suara: Iori Saeki[4]
Lynette (リネット, Rinetto)
Pengisi suara: Mizuki Yamamoto[4]

IV KLORE[sunting | sunting sumber]

Emilia (エミリア, Emiria)
Pengisi suara: Hazuki Hoshino[4]
Siswa succubus.
Alpha (あるふぁ, Arufa)
Pengisi suara: Tomomi Mineuchi[4]
Boneka ajaib.
Salsa (サルサ, Sarusa)
Pengisi suara: Yū Sasahara[4]
Siswa manusia serigala.
Garnet (ガーネット, Gānetto)
Pengisi suara: Yōko Nakayama[4]
Siswa hantu.

Konohana wa Otome (この花は乙女)[sunting | sunting sumber]

Nadeshiko (ナデシコ)
Pengisi suara: Rina Honnizumi[4]
Tsubaki (ツバキ)
Pengisi suara: Arisa Suzuki[4]
Kaede (カエデ)
Pengisi suara: Yūko Ōno[4]

Sugar Pockets[sunting | sunting sumber]

Ratura (ラトゥーラ, Ratūra)
Pengisi suara: Yukimi Hayase[4]
Champe (シャンペ, Shianpe)
Pengisi suara: Seika Hirose[4]
Maryberry (メアリーベリー, Mearīberī)
Pengisi suara: Hikaru Akao[4]

Sadistic★Candy[sunting | sunting sumber]

Angelica (アンジェリカ, Anjerika)
Pengisi suara: Yuka Amemiya[4]
Anggota grup Sadistic★Candy. Ia sebenarnya adalah Angers dari grup Ray.
Lucifer (ルキフェル, Rukiferu)
Pengisi suara: Risae Matsuda[4]

supernova[sunting | sunting sumber]

Yue (ユエ)
Pengisi suara: Yū Sakuragi[4]
Millefeuille (ミルフィーユ, Mirufīyu)
Pengisi suara: Saeko Oku[4]
Fiona (フィオナ)
Pengisi suara: Haruka Itou[4]

Ray[sunting | sunting sumber]

Eliza (エリザ, Eriza)
Pengisi suara: Kana Hanazawa[4]
Ketua grup Ray dan kakak perempuan Tiara.
Chloe (クロエ, Kuroe)
Pengisi suara: Yoshino Nanjō[4]
Angers (あんじぇ, Anje)
Pengisi suara: Yuka Amemiya[4]
Anggota grup Ray. Setelah pembubaran grup Ray, ia menjadi anggota grup Sadistic★Candy dengan nama Angelica.
Camilla (カミラ, Kamira)
Pengisi suara: Sumire Uesaka[4]
Yuzuriha (ユズリハ)
Pengisi suara: Ayane Sakura[4]

Media[sunting | sunting sumber]

Manga[sunting | sunting sumber]

Manga Lapis Re:Lights, yang ditulis dan diilustrasikan oleh Hiroichi, dimuat dalam majalah Dengeki Daioh edisi Desember 2019, yang dirilis pada tanggal 26 Oktober 2019.[3][5]

No.Tanggal rilis ISBN
1 22 Juli 2020[6]ISBN 978-4-04-913285-4
2 26 Maret 2021[7]ISBN 978-4-04-913708-8

Anime[sunting | sunting sumber]

Adaptasi seri televisi anime ini disutradarai oleh Hiroyuki Hata dari Yokohama Animation Laboratory dengan Taro Ikegami sebagai kepala sutradara animasi sekaligus perancang karakter. Naskah seri ini ditulis oleh Kasumi Tsuchida dan Hajime Asano, sedangkan musiknya disusun oleh Satoshi Hōno. Seluruh pengisi suara seri ini membawakan lagu tema pembuka yang berjudul "Watashi-tachi no Startrail" (私たちのSTARTRAIL, "Our Startrail"), sedangkan seluruh pengisi suara anggota grup LiGHTs membawakan lagu tema penutup yang berjudul "Planetarium" (プラネタリウム, "Puranetarimu").[8] Seri ini ditayangkan mulai tanggal 4 Juli hingga tanggal 19 September 2020 di Tokyo MX, BS11 dan AT-X.[1][9][4] Funimation mendapatkan lisensi seri ini dan menayangkannya di situs webnya di Amerika Utara dan Kepulauan Britania Raya, sedangkan Madman Entertainment mendapatkan lisensi seri ini dan menayangkannya di AnimeLab di Australia dan Selandia Baru.[10]

No.Judul [11]Tanggal tayang asli [12]
1"Legendary academy"
4 Juli 2020 (2020-07-04)
Tiara mendaftar ke Akademi Perempuan Flora demi menjadi penyihir yang andal. Kepala Akademi Chloe menyetujuinya begitu saja tanpa syarat dan memasukkannya ke dalam kelompok Rosetta, sahabat semasa kecil Tiara. Di kelompok tersebut ada Lynette, Lavie dan Ashley. Setelah mendapat teman baru, kegiatan akademi Tiara dimulai.
2"Accord chase"
11 Juli 2020 (2020-07-11)
Jika mendapat nilai merah di semester ini, Tiara dan teman-temannya akan dikeluarkan dari akademi. Setelah mendengarkan kenyataan, Tiara dan teman-temannya berusaha mengumpulkan poin di kelas, ujian dan kegiatan ekstrakurikuler agar tidak putus sekolah. Kemudian entah kenapa Rosetta sering pergi saat sore hari. Mereka berempat penasaran sehingga mereka membuntuti Rosetta.
3"Plucky bump"
18 Juli 2020 (2020-07-18)
Akademi mengadakan sebuah turnamen bola. Tiara dan teman-temannya melawan beberapa kelompok seperti Sadistic★Candy, IV KLORE dan Sugar Pockets demi mendapatkan poin. Di waktu yang bersamaan, Lavie sedang sebal terhadap Ashley.
4"Identity"
25 Juli 2020 (2020-07-25)
Konohana wa Otome, kelompok yang terdiri dari tiga bersaudari dari Yamato sedang buntu untuk persiapan Olquestra mereka. Nadeshiko ingin memasukkan pengaruh rock ke dalam musik mereka, tetapi Kaede ragu. Agar bisa membuat mereka baikan, Tsubaki meminta Tiara untuk melihat-lihat ekstrakurikuler bersama mereka.
5"Sunny day"
1 Agustus 2020 (2020-08-01)
Kepala Akademi memberi surat perintah untuk menyelidiki fenomena gaib di beberapa wilayah hutan. Secara kebetulan, Tiara dan teman-temannya memungut surat perintah yang dibuang oleh Lucifer yang tidak berminat. Sementara itu, IV KLORE, Konohana wa Otome dan Sugar Pockets sudah berangkat untuk penyelidikan.
6"Ruin Explorers"
8 Agustus 2020 (2020-08-08)
Lavie mendapatkan peta dari ruang Kepala Akademi. Akhirnya, Tiara dan teman-temannya berangkat melakukan penyelidikan. Saat mereka tiba di hutan, Maryberry dari grup Sugar Pockets menghilang dan anggota lain sedang mencarinya. Saat sedang dalam pencarian, Emilia dan Alpha masuk ke dalam rumah misterius, disusul oleh Tiara dan Champe.
7"Luminous hope"
15 Agustus 2020 (2020-08-15)
Berkat kerja keras Tiara dan teman-temannya, mereka mendapat poin yang cukup agar tidak dikeluarkan dari akademi. Akan tetapi, poin mereka berkurang lagi karena perilaku Lavie yang mencuri peta dari ruang kepala akademi yang menyebabkan mereka di ambang putus sekolah. Setelah kesulitan mencari jalan keluar, Tiara mendapat ide setelah menonton Olquestra dengan penampilan grup Sugar Pockets.
8"Instinct orchestra"
22 Agustus 2020 (2020-08-22)
Lynette, yang awalnya ragu, akhirnya setuju untuk menggelar Olquestra. Ketika Tiara meminta izin, Kepala Akademi Chloe menceritakan masa lalunya saat ia masih berada di grup Ray. Pada akhirnya, mereka menggelar Olquestra.
9"Gradience"
29 Agustus 2020 (2020-08-29)
Untuk Olquestra pertama mereka, LiGHTs tampak sukses, tetapi karena kecerobohan sendiri yang tidak mempertimbangkan area pagelaran, pengukuran daya sihir tidak memenuhi syarat poin yang cukup. Mereka akhirnya dikeluarkan dari akademi. Tidak lama setelah penyesalan itu, Tiara dijemput oleh pengawal kerajaan untuk pulang ke Waleland. Keempat temannya kini semakin gelisah.
10"Honorable princess"
5 September 2020 (2020-09-05)
Sepulangnya Tiara ke Waleland, ia bertemu dengan kakaknya, Eliza. Eliza masih gigih untuk menyuruh Tiara menyerah dengan memberitahunya bahwa menjadi penyihir tidak cukup hanya dengan rasa kagum. Rosetta dan teman-temannya, yang jauh-jauh ke Walelanduntuk menjemput Tiara, tidak bisa menemui Tiara langsung karena harus mendapat izin dahulu, lalu mereka memutuskan untuk menyelinap ke dalam istana.
11"Top concern"
12 September 2020 (2020-09-12)
Setelah Tiara membulatkan tekad untuk menjadi penyihir dengan caranya sendiri, kelompok LiGHTs kembali menapaki jalan untuk menjadi penyihir. Ketika sedang membicarakan tentang tujuan, mereka mendapat kabar bahwa Mamcester akan diserang rombongan hewan iblis. Untuk melindungi kota dari ancaman, Kepala Akademi Chloe meminta kelima grup untuk menggelar Olquestra ketika Festival Cester.
12"Specificity ornament"
19 September 2020 (2020-09-19)
Sadistic Candy, Konohana wa Otome, Sugar Pockets, IV KLORE dan supernova menggelar Olquestra secara bersamaan di seluruh penjuru kota. Akan tetapi, daya sihir yang dikumpulkan tidak cukup untuk menghadang hewan iblis. Dalam keadaan genting tersebut, LiGHTs datang dari Waleland dan turut menggelar Olquestra kembali untuk melindungi kota.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Loo, Egan (15 Desember 2019). "KLab, Kadokawa's Magic Idol Anime Lapis Re:LiGHTs Reveals 2020 TV Premiere". Anime News Network. Diakses tanggal 15 Desember 2019. 
  2. ^ Collado, Michael (17 Juli 2020). "Lapis Re:LIGHTs' Magical Girl Idols Take Center Stage This Anime Season". CBR.com. Diakses tanggal 27 Februari 2021. 
  3. ^ a b Hodgkins, Crystalyn (26 Oktober 2019). "Lapis Re:LiGHTs Project Gets Manga". Anime News Network. Diakses tanggal 15 Desember 2019. 
  4. ^ a b c d e f g h i j k l m n o p q r s t u v w x y z Hodgkins, Crystalyn (7 Juni 2020). "Lapis Re:LiGHTs Anime's New Promo Video Reveals July 4 Premiere". Anime News Network. Diakses tanggal 7 Juni 2020. 
  5. ^ "電撃大王2019年12月号は10月26日(土)発売!! 「新米姉妹」ドラマ化&コミックス発売で大プッシュ号!!". Dengeki Daioh (dalam bahasa Jepang). 24 Oktober 2019. Diakses tanggal 31 Juli 2020. 
  6. ^ ラピスリライツ 1 (dalam bahasa Jepang). Kadokawa. Diakses tanggal 3 April 2021. 
  7. ^ ラピスリライツ 2 (dalam bahasa Jepang). Kadokawa. Diakses tanggal 3 April 2021. 
  8. ^ Hodgkins, Crystalyn (21 Maret 2020). "KLab, Kadokawa's Magic Idol Anime Lapis Re:LiGHTs Reveals Promo Video, Staff, 25 Cast Members". Anime News Network. Diakses tanggal 21 Maret 2020. 
  9. ^ Loo, Egan (11 Mei 2020). "KLab, Kadokawa's Magic Idol Anime Lapis Re:LiGHTs Unveils July Debut, Opening Song in 2nd Promo Video". Anime News Network. Diakses tanggal 11 Mei 2020. 
  10. ^ Whisennand, Haley (3 Juli 2020). "Magic School Meets Idols When Lapis Re:LiGHTs Comes to Funimation Summer 2020". Funimation. Diakses tanggal 3 Juli 2020. 
  11. ^ "ストーリー|TVアニメ「Lapis Re:LiGHTs」(ラピライ)公式サイト". lapisrelights.com (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-10-30. Diakses tanggal 9 Juli 2020. 
  12. ^ "Lapis Re:LiGHTs". Tokyo MX (dalam bahasa Jepang). Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-10-29. Diakses tanggal 29 Juli 2020. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]