Lamba Leda, Manggarai Timur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lamba Leda
Negara Indonesia
ProvinsiNusa Tenggara Timur
KabupatenManggarai Timur
Populasi
 • Total34,750 Jiwa jiwa
Kode Kemendagri53.19.03
Kode BPS5319060
Luas34,94 km²
Desa/kelurahan0

Kecamatan Lamba Leda adalah salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Manggarai Timur, provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Kecamatan ini beribu kota di Benteng Jawa. Benteng Jawa sendiri masuk dalam wilayah desa Tengku Leda dan desa Lamba Keli. Lamba Leda memiliki kampung utama seperti Benteng Jawa, Dampek, Waenenda, Weleng, Waetua, dan Lengko Tegol.

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

Kecamatan ini dikelilingi oleh sejumlah kecamatan dengan batas selatan Kecamatan Poco Ranaka, batas utara Laut Flores, batas timur Kecamatan [Sambi Rampas) Manggarai Timur dan batas barat Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Dengan topografi yang bergunung-gunung maka kecamatan Lamba Leda merupakan daerah yang masih terbelakang. Dua jalan utama yang menghubungkan Lamba Leda Selatan dengan Lamba Leda utara. Kedua ruas jalan ini merupakan urat nadi arus perekonomian di kecamatan Lamba Leda.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Potensi ekonomi cukup menjanjikan dengan komoditas andalan antara lain: kopi, kemiri, jambu mete, pinang, jagung, pisang, dll. Kondisi arus transportasi yang kurang mendukung membuat roda perekonomian agak tersendat, selain itu para petani sangat sulit untuk memasarkan sendiri komoditinya ke pasar. Selain itu Lamba Leda merupakan sentra pengrajin tenun ikat khas Manggarai yaitu kain songke (towe/nae songke) yang merupakan salah satu warisan budaya khas Manggarai.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Kesempatan generasi muda (anak usia sekolah ) untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi semakin terbuka karena pemerintah telah membuka sekolah-sekolah baru tingkat SMP dan SMA/SMK di Lamba Leda. Khusus jenjang SMP sudah ada hampir disetiap desa baik berupa SMP Negeri maupun SMP Negeri berstatus Satap. Di tingkat SMP sudah berdiri MTs Waso Ronting, SMP Negeri 1 Lamba Leda - SMP Negeri 11 Lamba Leda. Dan beberapa SMPN satap seperti SMPN Satap Lengko Tegol hingga SMPN Satap Golo Popa. Saat ini sudah memiliki 5 SMA Negeri dan 2 SMK Negeri.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]