Lamba Leda, Manggarai Timur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Lamba Leda
Kecamatan
Negara  Indonesia
Provinsi Nusa Tenggara Timur
Kabupaten Manggarai Timur
Luas 34,94 km²
Jumlah penduduk 34.750 Jiwa
Kepadatan - jiwa/km²

Kecamatan Lamba Leda adalah salah satu kecamatan yang ada di Kabupaten Manggarai Timur, provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

Kecamatan ini dikelilingi oleh sejumlah kecamatan dengan batas selatan Kecamatan Poco Ranaka, batas utara Laut Flores, batas timur Kecamatan Lengko Elar dan batas barat Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai.

Geografi[sunting | sunting sumber]

Dengan topografi yang bergunung-gunung maka kecamatan Lamba Leda merupakan daerah yang masih terbelakang. Dua jalan utama yang menghubungkan Lamba Leda Selatan dengan Lamba Leda utara. Kedua ruas jalan ini merupakan urat nadi arus perekonomian di kecamatan Lamba Leda.

Ekonomi[sunting | sunting sumber]

Potensi ekonomi cukup menjanjikan dengan komoditi andalan antara lain: kopi, kemiri, jambu mete, pinang, jagung, pisang, dll. Kondisi arus transportasi yang kurang mendukung membuat roda perekonomian agak tersendat, selain itu para petani sangat sulit untuk memasarkan sendiri komoditinya ke pasar. Selain itu Lamba Leda merupakan sentra pengrajin tenun ikat khas Manggarai yaitu kain songke (towe/nae songke) yang merupakan salah satu warisan budaya khas Manggarai.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Kesempatan generasi muda (anak usia sekolah ) untuk menlanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi semakin terbuka karena pemerintah telah membuka sekolah-sekolah timgkat SLTP dan SMU/SMK di Lamba Leda. Khusus jenjang SLTP sudah ada hampir disetiap desa baik berupa SMP Negeri maupun SMP satu atap. Khusus SMP satu atap terutama yang baru dibuka tahun ini lebih khusus lagi yang berada di desa Compang Necak, yang masih bermasalah berebut kepentingan antara kampung Bumbu-Golopopa dengan kampung Necak.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]