Laluan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Laluan layanan ("mews") di Royal Borough of Kensington dan Chelsea di London . Mews biasanya ditemukan di belakang deretan townhouse tua, dengan jalan yang lebih elegan di depannya.

Laluan adalah jalan lintas umum dalam lingkup lingkungan binaan . Ini adalah sebidang tanah publik yang bersebelahan dengan bangunan dalam konteks perkotaan, dimana orang dapat dengan bebas berkumpul, berinteraksi, dan bergerak. Laluan dapat berupa jalan yang sederhana seperti sepetak tanah, namun lebih sering diaspal dengan permukaan yang keras dan tahan lama seperti aspal, beton, batu bulat atau batu bata . Bagian-bagiannya juga dapat diperhalus dengan aspal, dipasangi rel, atau disiapkan untuk mengakomodasi lalu lintas non- pejalan kaki . Dalam bahasa Indonesia, laluan umum disamakan dengan jalan

Berperan dalam lingkungan binaan[sunting | sunting sumber]

Jalan Tverskaya, jalan radial utama di Moskow

Laluan adalah hak guna yasan umum, salah satu dari sedikit fasilitas yang dimiliki oleh semua jenis orang. Sebagai komponen lingkungan binaan yang sama tuanya dengan tempat tinggal manusia, jalan menopang berbagai aktivitas penting bagi peradaban . Perannya sangat banyak dan beragam seiring dengan perubahan karakternya.

Laluan dapat dikategorikan secara longgar menjadi jalur utama dan jalur bahu . Laluan-laluan utama biasanya lebar dengan tingkat aktivitas yang relatif tinggi. Perdagangan dan interaksi publik lebih terlihat di jalan-jalan utama, dan kendaraan mungkin menggunakannya untuk perjalanan jarak jauh. Jalur bahu samping lebih sepi, sering kali digunakan dan berkarakter sebagai pemukiman, dan dapat digunakan untuk parkir kendaraan.

Referensi[sunting | sunting sumber]