Lángos

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lángos
Lángos dengan keju parut, krim asam, daging bakon, bawang dan peterseli
Nama lainLalanga
JenisRoti pipih
Tempat asalHungaria
Bahan utamaTepung, ragi, garam
Sunting kotak info
Sunting kotak info • L • B
Info templat
Bantuan penggunaan templat ini

Lángos (pengucapan bahasa Hungaria: [ˈlaːŋɡoʃ]; Turki: lalanga[1]) adalah makanan khas Hungaria yang berupa roti pipih goreng.[2][3] Makanan ini juga dibawa oleh orang-orang Hungaria ke wilayah Vojvodina di Serbia.

Adonan lángos terbuat dari air atau susu dan tepung, ragi, gula dan garam.[2][3] Krim asam, yoghurt atau kentang tumbuk dapat ditambahkan di adonan; apabila kentang tumbuk ditambahkan, makanan ini disebut lángos kentang (bahasa Hungaria: krumplis lángos).[3] Lángos dimakan selagi masih panas dan dapat ditambahkan dengan krim asam, keju parut, liptauer, ham, atau sosis, walaupun lángos juga sering dimakan tanpa bahan tambahan. Bahan yang dapat menjadi pengiring adalah jamur, keju quark, terong, kubis, gula bubuk atau selai.

Secara tradisional makanan ini dipanggang dengan menggunakan tungku. Inilah asal mula kata "lángos", karena dalam bahasa Hungaria "láng" berarti "api". Saat ini orang-orang tidak harus lagi memanggang dengan tungku tradisional, sehingga sekarang lángos selalu digoreng rendam dengan minyak.

Lángos merupakan makanan yang populer sepanjang tahun. Makanan ini juga merupakan makanan yang sederhana, sehingga sering kali dijual di sekitar terminal bus, stasiun kereta api, pekan raya atau perayaan-perayaan lain. Makanan ini tidak hanya dijual di restoran atau kios cepat saji di Hungaria, tetapi juga di Austria (terutama di kota Wina).[4] Lángos juga dapat ditemui di Republik Ceko, Slowakia dan Kroasia dengan nama langoš; di Serbia dengan nama languš; di Rumania dengan nama langoși; dan di Polandia dengan nama "langosz".

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-12-05. Diakses tanggal 2017-08-22. 
  2. ^ a b Hungarian lángos
  3. ^ a b c June Meyers Authentic Hungarian Heirloom Recipes Cookbook
  4. ^ "Resep Lángos Jerman". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-12-19. Diakses tanggal 2017-08-22.