Kentang tumbuk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Kentang tumbuk
MashedPotatoes.jpg
Detail
Bahan utama Kentang, mentega atau minyak sayur, susu atau krim
Variasi Kentang Duchess, aloo bharta

Kentang tumbuk adalah makanan yang dibuat dengan cara menumbuk, menggiling, atau melumat kentang yang sudah direbus. Resep kentang tumbuk muncul pertama kali pada 1747 sebagai bagian dari buku resep The Art of Cookery oleh Hannah Glasse.[1] Kentang tumbuk yang sudah dikeringkan dan dibekukan, tersedia di pasar-pasar swalayan.

Bahan[sunting | sunting sumber]

Penggunaan varietas kentang yang "bertepung" biasanya disarankan, namun kentang yang lebih "berlilin" juga mungkin digunakan untuk mendapatkan tekstur yang berbeda.[2] Mentega, minyak sayur, susu, dan/atau krim, biasanya ditambahkan untuk menambahkan citarasa dan tekstur. Kemudian kentang dibumbui dengan garam, lada hitam, dan berbagai jenis rempah lain sesuai selera. Bahan yang ditambahkan antara lain: bawang putih, keju, irisan bacon, krim asam, bawang goreng, atau daun bawang, bawang yang dikaramelisasi, moster, serta rempah-rempah, seperti pala, dan daun parsley.

Satu variasi dari Perancis menambahkan campuran kuning telur, yaitu pommes duchesse Kentang Duchess; adonan kentang tumbuk yang sudah dibumbui , dimasukkan ke dalam kantung dan pipa pastry, lalu dibuat bagai kue kering dicetak sebagai pita atau bunga bergelombang, disapukan mentega, lalu dipanggang sampai berwarna cokelat. Pomme purée (puree kentang) menggunakan lebih banyak mentega daripada kentang tumbuk normal - sampai dua bagian kentang per satu bagian mentega.[2][3] Dalam resep rendah kalori atau tanpa produk susu, susu, krim dan mentega dapat diganti kaldu. Aloo Bharta, adalah variasi India yang mengunakan bawang cincang, pasta mostar, cabai, daun ketumbar, dan bumbu lainnya.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Smith, A. (2011) Potato: A Global History. London: Reaktion Books.
  2. ^ a b Cloake, Felicity (15 March 2010). "What's the best mashed potato method?". The Guardian. London. 
  3. ^ Best mashed potato recipe in the world - Chatelaine.com

Pranala luar[sunting | sunting sumber]