Kuwe lilin

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Kuwe lilin
Carangoides gymnostethus

Status konservasi
Risiko rendah
IUCN20429774
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasActinopteri
OrdoPerciformes
FamiliCarangidae
GenusCarangoides
SpesiesCarangoides gymnostethus
Cuvier, 1833
Distribusi

Kuwe lilin atau Demuduk (Carangoides gymnostethus) adalah sejenis ikan laut besar yang tersebar luas dari keluarga Carangidae. Ikan ini mendiami perairan tropis dan subtropis di Indo-Pasifik barat, tersebar dari Afrika Selatan di barat hingga ke Jepang dan Kaledonia Baru di timur. Kuwe lilin adalah ikan berukuran besar, tumbuh hingga panjang maksimal tercatat 90 cm, dan bentuknya sangat mirip dengan ikan Kuwe macan (Carangoides fulvoguttatus), meski dapat dibedakan dengan tidak adanya sisik dada dan sejumlah tampilan anatomi lainnya. Ikan ini mendiami karang lepas pantai yang cukup dalam dan terumbu berbatu, di mana ia memangsa krustasea kecil dan ikan lain. Pola perkembangbiakan ikan ini kurang diketahui, namun diduga ikan ini berpindah ke perairan tropis untuk bertelur. Kuwe lilin merupakan Ikan konsumsi cukup penting untuk usaha perikanan di seluruh sebarannya, dimana ikan ini diambil dengan kail dan tali serta berbagai metode jaring. Ikan ini juga bernilai bagi para pemancing, dianggap sebagai ikan buruan yang baik, namun juga dianggap sebagai makanan yang buruk karena dagingnya yang lembut berminyak. Daging ikan ini banyak digunakan sebagai umpan oleh banyak pemancing.

Sebaran dan habitat[sunting | sunting sumber]

Kuwe lilin tersebar di seluruh daerah tropis hingga subtropis di perairan Indo-Pasifik barat,[1] mulai dari Afrika Selatan di barat, sepanjang Afrika timur dan utara hingga ke Laut Merah. Penyebarannya di Samudra Hindia meluas ke timur hingga ke India, Asia Tenggara, dan sampai ke selatan hingga Australia utara. Di Samudra Pasifik, ikan ini tersebar luas ke utara sejauh Jepang lalu ke Kaledonia Baru, Tonga dan Atol Kapingamarangi.[2]

Kuwe lilin mendiami perairan lepas pantai yang cukup dalam di dasar terumbu karang yang berbatu, dan jarang ditemukan di perairan dekat pantai.[3]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Randall, John Ernest; Roger C. Steene; Gerald R. Allen (1997). Fishes of the Great Barrier Reef and Coral Sea. University of Hawaii Press. hlm. 161. ISBN 0-8248-1895-4. 
  2. ^ Froese, Rainer and Pauly, Daniel, eds. (2006). "{{{1}}} {{{2}}}" di situs FishBase. Versi April 2006.
  3. ^ van der Elst, Rudy; Peter Borchert (1994). A Guide to the Common Sea Fishes of Southern Africa. New Holland Publishers. hlm. 142. ISBN 1-86825-394-5.