Kulaba, Pulau Ternate, Ternate

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search
Kulaba
Kelurahan
Negara  Indonesia
Provinsi Maluku Utara
Kota Ternate
Kecamatan Pulau Ternate
Luas ... km²
Jumlah penduduk ... jiwa
Kepadatan ... jiwa/km²

Letak geografis[sunting | sunting sumber]

Kelurahan Kulaba merupakan kelurahan yang berada pada Kecamatan Pulau Ternate Kota Ternate. Secara geografis, Kelurahan Kulaba dalam hal ini kantor kelurahan berada pada 00050’43.5”LU dan127021’45.9”BT dengan luas wilayah 205 km2. Jarak Kelurahan Kulaba dengan ibukota kecamatan 18 km.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Jumlah penduduk menurut jenis kelamin dan sex ratio berjumlah 827 Laki-Laki dan 820 Perempuan dengan Sex Ratio (Rasio Jenis Kelamin) 101. Dengan demikian total jumlah penduduk Kelurahan Kulaba sebanyak 1.647 Jiwa dengan kepadatan penduduk sebesar 8 jiwa/km2. Adapun jumlah Kepala keluarga (KK) di Kelurahan Kulaba berjumlah 329 KK dengan rata-rata anggota keluarga sebanyak 5 Jiwa.

Sarana dan prasarana[sunting | sunting sumber]

Kualitas bangunan rumah penduduk di Kelurahan Kulaba terdiri atas permanen dengan jumlah 300 dan tidak permanen sebanyak 10. Dengan demikian total keseluruhan bangunan rumah penduduk di Kelurahan Kulaba berjumlah 310. Jumlah keluarga yang menggunakan penerangan PLN merupakan yang paling banyak di Kelurahan Kulaba yaitu berjumlah 400 keluarga, sedangkan non PLN berjumlah 1 keluarga.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Di Kelurahan Kulaba, sarana pendidikan yang ada yaitu 1 TK, 1 SD Negeri, 1 SD Swasta, dan 1 SMP Swasta.

Kesehatan[sunting | sunting sumber]

Sarana kesehatan yang terdapat di Kelurahan Kulaba yaitu 2 Posyandu, 1 Polindes, dan 1 tempat praktik bidan.

Keagamaan[sunting | sunting sumber]

Sarana tempat ibadah di Kelurahan Kulaba terdapat 2 Masjid dan 2 Musholla.

Perekonomian[sunting | sunting sumber]

Sarana perekonomian terdapat 35 kios/warung. Mata pencaharian penduduk Kelurahan Kulaba adalah cenderung mengarah pada bidang pertanian, industri, perdagangan, serta transportasi dan komunikasi. Kecenderungan tersebut karena sektor pertanian, industri, perdagangan, serta transpostasi dan komunikasi merupakan sektor yang sangat besar perkembangannya dan sangat berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat.