Krauss-Maffei

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Krauss-Maffei Group
Anak perusahaan
Didirikan1838
PendiriJoseph Anton von Maffei
Kantor
pusat
Munich, Jerman
ProdukPermesinan dan sistem untuk memproduksi dan memproses karet dan plastik.
IndukChemChina
Situs webwww.kraussmaffeigroup.com
Gedung historis KraussMaffei

KraussMaffei Group adalah sebuah produsen mesin cetak injeksi, mesin untuk teknologi ekstrusi plastik, dan mesin proses reaksi. Perusahaan ini diakuisisi oleh ChemChina pada tahun 2016.[1][2]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Krauss-Maffei dibentuk pada tahun 1931 melalui penggabungan dua perusahaan asal Munich, yakni Maffei (didirikan pada tahun 1838) dan Krauss & Co. (didirikan pada tahun 1860). Keduanya dimiliki oleh pembuat berbagai tipe lokomotif terkemuka asal Jerman. Maffei juga membuat kendaraan uap untuk keperluan selain perkeretaapian, dan kemudian memproduksi kendaraan dengan motor bakar, termasuk lokomotif, bus listrik, dan bus hingga dekade 1950-an.

Pada dekade 1960-an, Krauss-Maffei membuat beberapa contoh lokomotif diesel-hidrolik ML 4000 C′C′ untuk dipamerkan dan diuji di Amerika Serikat. Southern Pacific Railroad dan Denver and Rio Grande Western Railroad berpartisipasi dalam pengujian ini, namun keduanya merasa bahwa lokomotif ini tidak cocok untuk dioperasikan di jalur Rocky Mountains milik mereka. Pada tahun 1963, perusahaan ini mulai memproduks tank Leopard, dan pada tahun 1973, mulai memproduksi Leopard 2. Pada dekade 1970-an, perusahaan ini terlibat dalam pengembangan kereta pengambangan magnetis Transrapid. Pada tahun 1999, perusahaan ini bergabung dengan Mannesmann DEMAG. Divisi produksi pertahanan dan lokomotif Krauss-Maffei kemudian dipisah dan digabung dengan Wegmann, sehingga terbentuklah Krauss-Maffei Wegmann (KMW).

Pada bulan November 2018, Krauss-Maffei menjadi korban serangan ransomware, yang menyebabkan gangguan parah terhadap aktivitas produksi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Company History: 1945-Today". Diakses tanggal April 13, 2017. 
  2. ^ Elzio Barreto; Denny Thomas (January 11, 2016). "ChemChina-led group buys Germany's KraussMaffei for $1 billion in record deal". Reuters. Diakses tanggal January 11, 2019. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]