Georg Krauß

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Georg Krauss)


Georg Krauß, dari Ritter von Krauß 1905 (25 Desember 1826 – 5 November 1906) dulunya adalah seorang industrialis asal Jerman serta merupakan pendiri dari Locomotivfabrik Krauß & Comp. di Munich, Jerman dan Linz, Upper Austria. Penulisan nama perusahaannya kemudian diganti dari Krauß menjadi Krauss.

Krauss No.2092 buatan tahun 1889; dipamerkan di São Lourenço, Brazil

Awal mula[sunting | sunting sumber]

Krauß lahir di Augsburg sebagai anak tertua dari empat bersaudara, dari pasangan penenun senior, Johann Georg Friedrich Krauß dan istrinya Anna Margarethe, née Stahl. Setelah lulus dari SLTP, ia bersekolah di Royal Polytechnic School, yang didirikan pada tahun 1833 (saat ini menjadi Augsburg High School). Setelah lulus, ia sempat bekerja untuk Maffei di Munich, lalu untuk Royal Bavarian State Railways (Königlich Bayerische Staatsbahn) di Hof, Jerman, Kempten, dan Lindau. Salah satu momen penting adalah ketika ia bekerja sebagai masinis senior di Northeast Railway (Nordostbahn) di Zurich, di mana ia membuat empat unit lokomotif pertamanya. Sejak saat itu, ia pun mulai menyiapkan pendirian pabrik lokomotif di Munich. Walaupun mendapat penolakan dari Joseph Anton von Maffei, ia berhasil mendapat modal yang diperlukan untuk mendirikan sebuah pabrik di Marsfeld di Munich-Neuhausen pada tanggal 17 Juli 1866, sebuah pabrik cabang di Stasiun Munich Selatan pada tahun 1872, dan pabrik baru di Linz (Austria) pada tahun 1880 untuk menghindari pajak impor yang tinggi dari Kerajaan Danube.

Kesuksesan lebih lanjut[sunting | sunting sumber]

Krauß tidak hanya sukses sebagai produsen lokomotif, namun juga mendukung pengembangan teknologi lain, seperti kulkas pertama Linde. Ia pun berpartisipasi dalam pengembangan jalur rel di Saxony, Thuringia, dan Alsace, konversi trem yang ditarik kuda menjadi trem yang ditenagai mesin uap di Munich dan Wina, pembangunan Jalur Rel Chiemsee, dan pendirian Lokalbahn AG. Selain itu, pada tahun 1876, ia merupakan pendiri dari Verein Deutscher Ingenieure (VDI) dan pada tahun 1903 mendukung pendirian Deutsches Museum dengan menyumbangkan 100.000 mark dan membeli lokomotif buatannya yang pertama, yakni "Landwührden" untuk dipamerkan di museum tersebut.

Mengurangi aktivitas[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1876, istri pertamanya, Lydia dan anak tunggalnya, Conrad meninggal dunia akibat sebuah kecelakaan pada tahun 1885. Krauß pun mengubah perusahaannya menjadi perseroan terbatas dan mengurangi aktivitasnya di perusahaan tersebut. Walaupun begitu, ia tetap menjadi chairman perusahaan hingga ia meninggal dunia.

Penghormatan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1880, ia dianugerahi Knight's Cross 1st Class dari Sachsen-Weimar-Eisenach, serta gelar Königlich bayerischer Kommerzienrat dari Ludwig II dari Bayern atas jasa-jasanya. Pada tahun 1903, ia dianugerahi Order of Merit of Holy Michael 3rd Class, dan pada tanggal 6 Maret 1905 kembali dianugerahi Knights Cross of the Royal Order of Merit of the Bavarian Crown. Technical University of Munich memberinya gelar Doctor of Engineering honoris causa dan VDI memberinya koin perayaan Grashof.

Memindah pabrik[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1905, Krauß memindahkan pabriknya dari pusat kota ke Allach, di mana penerus perusahaannya masih beroperasi hingga saat ini. Sayangnya ia tidak dapat melihat pembukaan Deutsches Museum maupun pembukaan pabrik baru di Allach, karena pada tanggal 5 November 1906, ia meninggal dunia di Munich. Teman dan salah satu rekan kerja pertamanya, Carl von Linde pun mengambil alih peran chairman. Pabriknya berhasil memproduksi 7.186 unit lokomotif sejak tahun 1866 hingga digabung dengan Maffei pada tahun 1931.

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Siegfried Baum: Die Augsburger Localbahn, EK Reihe Regionale Verkehrsgeschichte Band 30; Freiburg: Eisenbahn Kurier 2000, ISBN 3-88255-444-4
  • Dr. Ing. Georg R. v. Krauss +, in: Die Lokomotive (Wien), Jahrgang 1906, Seite 213
  • Alois Auer (Hrsg.): Krauss-Maffei. Lebenslauf einer Münchner Fabrik und ihrer Belegschaft. 3K-Verlag, Kösching 1988.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]