Kowak-macan belang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kowak-macan belang
Tigrisoma fasciatum
Status konservasi
Risiko rendah
IUCN22697264
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPelecaniformes
FamiliArdeidae
GenusTigrisoma
SpesiesTigrisoma fasciatum
Distribusi

Range for T. fasciatum

Kowak-macan belang ( Tigrisoma fasciatum ) adalah spesies kuntul dalam famili Ardeidae . Ia terdapat di Amerika Tengah bagian selatan dan sebagian Amerika Selatan bagian utara dan tengah, di mana habitat aslinya adalah sungai .

Pada tahun 1988, kowak-macan belang dikategorikan oleh IUCN sebagai Hampir Terancam, namun pada tahun 2004 mereka dikategorikan ulang sebagai Berisiko Rendah .

Keterangan[sunting | sunting sumber]

Memiliki panjang rata-rata 23–25 in (58–64 cm), kowak-macan belang merupakan yang terkecil dari ketiga bangau macan. Mahkota orang dewasa berwarna hitam, dan sisi wajahnya berwarna abu-abu tua. Leher dan bagian atasnya berwarna hitam, dengan garis-garis halus dan pucat dengan jarak yang lebar. Perutnya berwarna kayu manis keabu-abuan hingga coklat hangat, dan sisi tubuhnya berwarna abu-abu. Paruhnya yang lebih pendek dan kekar dibandingkan paruh kowak-macan lainnya, berwarna hitam di bagian atas dan hijau kekuningan di bagian bawah, dengan batang agak melengkung. Irisnya berwarna kuning.

Jangkauan dan habitat[sunting | sunting sumber]

Kowak-macan belang ditemukan terutama di kaki bukit, di sepanjang sungai berbatu dan berarus deras. Jangkauannya meluas dari Kosta Rika hingga Argentina barat laut, Brasil tenggara, dan Guyana; telah tercatat sebagai gelandangan di Nikaragua . [2] Meskipun terjadi dari permukaan laut hingga 2.400 ft (730 m), umumnya ditemukan di ketinggian yang lebih tinggi daripada kowak-macan merah di mana kedua spesies tersebut hidup bersamaan.

Perilaku[sunting | sunting sumber]

Kowak-macan belang biasanya menyendiri, meskipun banyak burung dapat berkumpul dengan jarak beberapa ratus yard (meter) di daerah penangkapan ikan yang disukai.

Makanan[sunting | sunting sumber]

Ia berburu di sepanjang sungai, berdiri di tepi pantai atau di bebatuan di aliran air dengan leher sebagian terentang. Mangsa utamanya adalah ikan, yang ditangkap dengan cara ditusuk menggunakan paruhnya, meskipun ia juga memakan serangga besar.

Pembiakan[sunting | sunting sumber]

Ia membangun sarang dari batang kayu dan liana.

Suara[sunting | sunting sumber]

Tidak ada yang diketahui mengenai vokalisasi spesies ini.

Status dan ancaman konservasi[sunting | sunting sumber]

Ketika Persatuan Internasional untuk Konservasi Alam merilis daftar pertama status konservasi spesies dunia pada tahun 1988, kowak-macan termasuk dalam spesies yang hampir terancam punah . Burung ini memegang peringkat tersebut hingga daftar tahun 2000, ketika statusnya diubah menjadi paling tidak memprihatinkan . Perkiraan populasinya cukup rendah: 1,000–10,000 individuals, sekitar 670–6,700 of which diperkirakan sudah dewasa. Tren populasinya tidak diketahui, sebagian disebabkan oleh buruknya kualitas data mengenai jumlah populasinya, dan sebagian lagi karena ketidakpastian dampak modifikasi habitat terhadap spesies tersebut. Namun, jangkauannya cukup luas, mencakup wilayah kaki bukit di Amerika Tengah bagian selatan dan sebagian besar Amerika Selatan bagian barat, dengan populasi dataran rendah yang terisolasi di Guyana dan Amerika Selatan bagian timur. [3]

Dalam budaya manusia[sunting | sunting sumber]

Terdapat beberapa bukti bahwa kowak-macan belang pernah menjadi makanan bagi masyarakat adat di Panama (dan mungkin di tempat lain) di masa lalu. Sisa-sisa spesies ini mungkin telah ditemukan di beberapa situs arkeologi di sekitar Teluk Parita Panama. Dalam beberapa tahun terakhir, hewan ini telah menjadi target perdagangan hewan peliharaan, baik hewan dewasa maupun remaja dikumpulkan dari alam liar.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ BirdLife International (2017). "Tigrisoma fasciatum". 2017: e.T22697264A118863107. doi:10.2305/IUCN.UK.2017-3.RLTS.T22697264A118863107.en. 
  2. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama iucn status 12 November 20212
  3. ^ Kesalahan pengutipan: Tag <ref> tidak sah; tidak ditemukan teks untuk ref bernama iucn status 12 November 20213