Kowak-macan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kowak-macan
Tigrisoma

Bare-throated tiger heron (Tigrisoma mexicanum)
Taksonomi
KerajaanAnimalia
FilumChordata
KelasAves
OrdoPelecaniformes
FamiliArdeidae
GenusTigrisoma
Swainson, 1827

Tigrisoma adalah genus bangau dalam keluarga Ardeidae . Burung-burung ini dikenal dengan nama kowak-macan. Meskipun satu spesies kowak-macan, yaitu, kowak-macan Afrika, terdapat dalam genus Tigriornis.

Genus ini didirikan oleh naturalis Inggris William Swainson pada tahun 1827, dengan kowak-macan merah ( Tigrisoma lineatum ) sebagai spesies tipenya .[1] [2] Nama genusnya menggabungkan bahasa Yunani Kuno tigris, yang berarti "harimau" dan sôma, yang berarti "tubuh".

Jenis[sunting | sunting sumber]

Gambar Nama Nama yang umum Distribusi
</img> Tigrisoma mexicanum Kowak-macan Meksiko dari Meksiko hingga Kolombia barat laut, dengan satu penampakan tercatat dari Amerika Serikat di Hidalgo County, Texas
</img> Tigrisoma fasciatum Kowak-macan belang dari Kosta Rika melalui Argentina barat laut, Brasil tenggara, dan Guyana; telah tercatat sebagai gelandangan di Nikaragua
</img> Tigrisoma lineatum Kowak-macan merah Amerika Tengah melalui sebagian besar Amerika Selatan

Cantik saat terbang, dengan corak yang bagus di bulunya. Sarang sebagian besar menyerupai tumpukan ranting yang campur aduk dengan bukaan yang cukup besar sehingga telur dapat jatuh sesekali. Burung burung ini memiliki suara yang terdengar seperti sapi yang sakit. Kontras dalam keanggunan dan kekasaran.


Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Swainson, William John (1827). "On several groups and forms in ornithology, not hitherto defined". Zoological Journal. 3: 343–363 [362]. 
  2. ^ Mayr, Ernst; Cottrell, G. William, ed. (1979). Check-list of Birds of the World. 1 (edisi ke-2nd). Cambridge, Massachusetts: Museum of Comparative Zoology. hlm. 234.