Konkatedral Zaragoza

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Konkatedral Zaragoza
Katedral Basilika Bunda Pilar
Spanyol: Catedral-Basílica de Nuestra Señora del Pilar
Konkatedral Zaragoza
LokasiZaragoza
NegaraSpanyol
DenominasiGereja Katolik Roma
Arsitektur
StatusKatedral
Status fungsionalAktif
Administrasi
Keuskupan AgungKeuskupan Agung Zaragoza

Konkatedral Zaragoza yang bernama resmi Katedral-Basilika Bunda Maria dari Pillar (Spanyol: Catedral-Basílica de Nuestra Señora del Pilar) adalah sebuah gereja kon-katedral Katolik yang terletak di kota Zaragoza, Aragon, Spanyol. Basilika ini didedikasikan untuk memuliakan Perawan Maria yang Terberkati, dengan gelarnya Bunda Maria dari Pillar[1] dipuji sebagai "Bunda Bangsa Hispanik" oleh Paus Yohanes Paulus II.[2] Basilika ini dikenal sebagai gereja pertama yang didedikasikan untuk Maria dalam 2000 tahun sejarah Gereja Katolik.

Tradisi lokal membawa sejarah basilika ini ke penyebaran agama Kristen di Spanyol Romawi yang dikaitkan dengan penampakan kepada Santo Yakobus Agung, Rasul yang diyakini oleh tradisi telah membawa agama Kristen ke Spanyol.[3] Penampakan ini menjadi satu-satunya penampakan Maria yang dilaporkan terjadi sebelum Maria dipercayai diangkat ke Surga.

Banyak raja Spanyol, banyak penguasa asing dan orang suci lainnya telah memberikan pengabdian mereka di depan patung Maria ini. Santo Yohanes dari Salib, Santa Teresa dari Ávila, Santo Ignatius dari Loyola, dan Beato William Joseph Chaminade adalah di antara yang terkenal. Basilika Bunda Maria dari Pillar menjadi salah satu dari dua basilika minor di kota Zaragoza, dan merupakan konkatedral Zaragoza, di samping La Seo de Zaragoza yang terdekat. Arsitekturnya bergaya Barok, dan bangunan yang sekarang sebagian besar dibangun antara tahun 1681 dan 1872.

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Bunda dari Pilar Diarsipkan 2007-10-15 di Wayback Machine. di forum Katolik.
  2. ^ Fr. Tommy Lane Homili selama ziarah ke Zaragoza, Spanyol di situs web sumber Alkitab, Doa, Homili.
  3. ^ 20Pilar Our Lady of the Pillar di situs web The work of God tentang berbagai penampakan Maria.